Rabu, 09 Oktober 2013

Ringkasan Video Joel cohen

Pengantar Ilmu Kependudukan
Demografi
Ahmad Afandi                      1111054000007
Ringkasan Video Demografi Joel Cohen
Introdection to Demografi
Pada video ini di posting mengapa kita belajar demografi? Bebarapa penduduk sekarang banyak yang menemukan masalah, dan pertumbuhan penduduk sekarang lebih padat dari pada penduduk masa lampau. Jika kita mau belajar demografi kita akan mengerti tentang masalah –masalah yang terjadi di dunia ini. Apa latar belakang semua ini?.  Kepadatan penduduk sekarang mengakibatkan berbagai masalah diantaranya:
1.      Milyaran penduduk menahan lapar
2.      Milyaran penduduk bertempat tinggal di pemukiman yang kotor
3.      Milyaran penduduk yang buta huruf
4.      Jutaan wanita tidak mempunyai akses untuk kontrasepsi dan banyak menyandang buta huruf adalah 2/5 nya adalah wanita, dimana wanita pekerja di sektor pertanian.
Bagaimana demografi berhubungan dengan bidang lain?
Melihat dari berbagai pengertian dan permasalahan dalam ilmu demografi, ini bisa berkaitan dengan ilmu ekonomi, lingkungan dan budaya:


 
 
 
 
 
 
 
 
 

Hanya selang dua abad manusia dibumi mencapai 7 milyar. Sebagaimana populasi manusia dikalikan 1000 sejak penemuan pertanian, dan apakah dampak 7 milyar manusia dibumi membahayakan kesejahteraan diri kita sendiri. Maka dari itu demografi memudahkan kita untuk membayangkan dan menggambarkan masa depan.
Pada tahun 1950 populasi manusia terjadi sangat meningkat. Tapi pada priode sekarang ini seorang ibu hanya melahirkan dua anak, tetapi kenapa masalh yang terjadi pada saat priode-priode ini? Ini semua terjadi karena perubahan dalam prilaku reproduksi dan ini terjadi karena angka kelahiran yang terlalu tinggi dan angka kematian cukup stabil. . Merebaknya populasi penduduk ketika terjadinya imigrasi. Imigrasi merupakan salah satu akses dalam menemukannya tanah baru dan tersedianya banyak makananpun mengijinkan pertumbuhan populasi. Selain faktor imigrasi, faktor industripun mengakibatkan terjadinya pertambahan penduduk (1800), dengan adanya pabrik-pabrik yang membuka lapangan baru bagi penduduk.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini