Rabu, 09 Oktober 2013

Habib Amiruddin Hazazi KPI 1B_Tugas5_Marxisme dan Teori Kritis

Marxisme danTeori Kritis

Marxisme Hegelian

·         Georg Lukacs

Perhatinparailmuan Marxian padaabad ke-20 hanyaterbataspadakarya-karyaakhirmarx. SejakawalLukacsmenjelaskanbahwaiatidaksepenuhnyamenolakkaryamarxisekonomitentangreifikasi, namunsekadarberusahamemperluasdanmenguraikanlagigagasan-gagasanmereka. Lukacsmemulaidengankonsepkomoditas Marxian, yang disebutkansebagai "masalahsentraldan structural masyarakatkapitalis".Komoditasadalahrelasiantar orang yang mulaimerekapercayaimemilikikaraktersebagaibendadanmemilikiwujudobjektif.Fetisimekomoditasadalah proses ketikakomoditasdanpasardiyakinimemilikiekstensiobjektif.

·         Antonio Gramsci

Gramsci besikapkritisterhadapmarxis yang "deterministis, fatalis, danmekanitis" sebaliknyaiamenulisesaiberjudul "The Revolution against 'Capital' "dimanaiamerayakan "kebangkitan kehendak politik melawandeterminismeekonomimereka yang mereduksimarxismedalamkaryaterkenal Marx (capital) menjadihukumsejarah".Konsepsentral Gramsci, konsep yang mencerminkanhegelianismenya, adalahhegemoni.Gramsci berpendapatbahwahegemonidapatdidefiniikansebagaikepemimpinanbudaya yang dijalkankanolehkelas yang berkuasa.

TeoriKritis

Teorikritisadalahprodukdarisekelompok neo-MarxisJerman yang tidakpuasdengankondisiteori Marxian, khususnyakecenderunganteoriinikearahdeterminismeekonomi.

KritikUtamaterhdapKehidupanSosialdanIntelektual

teorikritissebagianbesarterdiridarikritikatasberbagaiaspekkehidupansosialdanintelektual,namuntujuanutamanyaadalahmengungkapkanhakikatdansifatmasyarakatsecaralebihakurat. BerikutadalahKritikUtamaterhdapKehidupanSosialdanIntelektual :

1.      Kritikatasteori Marxian

2.      Kritikpositivme

3.      Kritikterhadapsosiologi

4.      Kritikterhadapmasyarakat modern

5.      Kritikterhadapkebudayaan

 

KritikterhadapTeoriKritis

Pertamateorikritisdituduhterlaluahistoris ,menelaahberbagaiperistiwatanpabanyakmemerhatikankontekshistorisdankomparatifnya. Keduamazhabkritis, sepertitelahkitaketahui, secaraumummengabaikanekonomi.Akhirnya, danterkaitdenganitu, teoritisikritiscenderungberargumenbahwakelaspekerjatidaklagimenjaikekuatanrevolusioner, pendapatyangbertolakbelakangdengananalisis Marxian tradisional.

TeoriKritisSaatIni

Kallnermengemukakandibutuhkannyateorikritisbagi "masyarakatinformatisi".Teorikritisnyaadalahteknokapitalisme yang didasarkanataspremisbahwakitabelumbergeserkezaman postmodern, ataupostindustri, akantetapikapitalismemasihterusmenjadirezimtertinggi, sebagaimanateorikritissedangnaikdaun.Kellnertidakberusahamengembangkanteorikapitalismesecaramenyelluruh.Poinutamanyaadalahbahwameskipunmengalamiperubahan-perubahan dramatis, kapitalismetetapdominandiduniakontemporer.Jadialat yang disediakanolehmazhabkritis, teori Marxian padaumumnya, masihrelevanbagiduniamasakini.Kita menutupbagianinidenganpaparankellnertentang "tekno-kultur", karenamasalahkebudayaanmenempatiposisipentingdalamgagasanteorikritis.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini