Rabu, 09 Oktober 2013

Robiyatul Adawiyah_KPI 1 b_Tugas 5_Karl Marx

Karl Marx

Teori Kritis

Teori kritis adalah produk dari sekelompok neo-Maexis jerman yang tidak puas  dengan teori Marxian, khususnya kecenderungan teori ini kea rah determinisme ekonomi.  Teori kritis sebagian besar terdiri dari kritik atas berbagai aspek kehidupan sosial dan intelektual, namun tujuan utamanya adalah mengungkap hakikat dan syifat masyarakat secara lebih akurat.

v  Kritik atas Teori Marxian

Teori kritis menjadikan teori teori Marxian sebagai pijakan awal kritiknya. Para teoritisi kritis begitu terusik oleh para determinis ekonomi-para Marxis mekanistis, atau mekanis mengkritik determinisme yang tersirat dalam sebagian karya asli Marx, namun sebagian besar memusatkan perhatiannya pada kritik neo-Marxis, terutama karena mereka menafsirkan karya Marx secara amat mekanistis.

v  Kritik Positivisme

Teoriti kritis juga memusatkan parhatian pada dukungan filosofis terhadap penelitian ilmiah, khususnya yang beraliran positivism . Kritik atas positivisme, paling tidak sebagian, terkait dengan kritik atas determinisme ekonomi, karena beberapa orang yang menganut paham determinis menerima sebagian atau keseluruhan teri pengetahuan positivistic.

 

Marxisme

Buku Karl Marx yang berjudul  "Das Kapital" adalah bentuk protes Marx terhadap paham kapitalisme. Ia menganggap bahwa kaum kapital mengumpulkan uang dengan mengorbankan kaum proletar. Di kemudian hari teori Marx ini diadopsi oleh Lenin dengan mendirikan partai komunis. Salah satu mengapa alas an mengapa Marxisme dianggap pemikiran yang amat kaya, adalah bahwa Marxisme mamadukan tiga tradisi intelektual yang masing masing telah berkembang pada saat itu yaitu: filsafat jerman, teori politik prancis dan sistem ekonomi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini