Rabu, 09 Oktober 2013

Egha Fridha Agatha_ KPI 1C_ Tugas 5

Marxisme dan Teori Kritis

A. Marxisme
Teori Marxian didominasi oleh orang - orang yang melihat adanya determinasi ekonomi dan ilmiah didalam teorinya. Pemikiran Marxian awal, berupaya mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai cara berperannya hukum ekonomi.

B. Teori Kritis
Teori kritis adalah suatu produk yang lahir dari suatu kelompok yang merasa tidak puas dengan keadaan teori Marxian., terutama terhadap kecenderungannya menuju determinisme ekonomi.
- Kritik terhadap teori Marxian
Teori ini mengambil kritik terhadap teori Marxian. Teoritisi kritisi ini merasa sangat terganggu oleh pemikir Marxis penganut determinisme ekonomi yang mekanitis.

- KritikTerhadap Positivisme
Teoritisi kritis juga memusatkan perhatian terhadapa filsafat yang mendukung penelitian ilmiah terutama positivisme.

-Kritik Terhadap Sosiologi
Aliran kritis berpendapat bahwa sosiologi tak serius mengkritik masyarakat,tak berupaya merombak struktur sosial masa kini. Menurut aliran kritis,sosiologi telah melepaskan kewajibannya untuk membantu rakyat yang ditindas oleh masyrakat masa kini.
- Kritik Terhadap Masyarakat Modern
Aliran kritis memperhatikan masalah dominasi meski masyrakat modern mungkin lebih didominasi oleh elemen kultur ketimbang elemen ekonomi. Karena itulah aliran kritis mencoba memusatkan perhatian pada penindasan kultural atsa individu dalam masyarakat.

- Kritik Terhadap Kultur
Teoritisi kritis melontarkan kritik pedas terhadap apa yang mereka sebut "industrikultur",yakni struktur yang dirasionalkan dan dibirokrasikan yang mengendalikan kultur modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini