Senin, 17 Maret 2014

Budhi Baihakki PMI 6 Tugas 2 Fisika Baru


Fisika Baru
Pada permulaan fisika baru tercapailah prestasi intelektual seorang diri yang luar biasa albert einstein. Einstein memulai dua kecenderungan revolusioner dalam pemikiran ilmiah. Yang pertama adalah teori relativitas khusus dan yang kedua adalah suatu cara pandang baru tentang radiasi elektromagnetik yang menjadi ciri teori quantum, teori fenomena atom.
Perkembangan penting lainnya dalam fisika abad ke dua puluh adalah suatu konsekuensi penelitian eksperimental tentang atom. Pada awal abad ke duapuluh para fisikawan menemukan beberapa fenomena yang berkaitan dengan struktur atom, semacam sinar X radio aktif, yang tidak dapat diurai dalam penelitian fisika klasik.

Revolusi-revolusi semacam yang dilakukan oleh Copernicus dan Darwin telah memperkenalkan perubahan-perubahan yang luar biasa dalam konsepsi umum tentang alam semesta, perubahan-perubahan yang mengejutkan banyak orang, tetapi konsep-konsep baru itu sendiri tidak sulit untuk dipahami.
Dari perubahan-perubahan revolusioner dalam konsep realitas yang dihasilkan oleh fisika modern itu, kini muncullah suatu pandangan dunia yang konsisten. Pandangan dunia ini tidak dimiliki bersama oleh seluruh masyarakat fisika, tetapi sedang dibicarakan dan dikembangkan oleh tokoh-tokoh fisika terkenal yang minatnya dalam ilmu melebihi aspek-aspek tekhnis penelitian mereka. Para ilmuan ini sangat tertarik pada implikasi filosofis fisika modern dan mencoba dengan pikiran yang terbuka mengembangkan pemahaman mereka tentang hakikat realitas.
Fisika modern menggambarkan materi sama sekali bukan sebagai sesuatu yang pasif dan lamban melainkan berada pada gerakan yang bergetar dan menari-nari tanpa henti yang pola-pola iramanya ditentukan oleh konfigurasi molekul, atom, dan nuklir. Teori relativitas Einstein telah menghasilkan suatu perubahan yang drastis dalam konsep ruang dan waktu kita. Teori itu telah memaksa kita meninggalkan konsep-konsep klasik tentang ruang absolut sebagai tahapan fenomena fisik dan waktu absolut sebagai suatu dimensi yang terpisah dari dimensi ruang. Penelitian dalam fisika dewasa ini bertujuan mempersatukan mekanika quantum dan teori relativitas dalam suatu teori partikel subatom yang lengkap.
Pandangan dunia fisika modern merupakan suatu pandangan sistem dan konsisten dengan pendekatan-pendekatan sistem yang kini juga sedang bermunculan di bidang-bidang lain, meskipun fenomena yang diteliti oleh disiplin-disiplin ini biasanya berbeda dan memerlukan konsep-konsep yang berbeda pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini