Senin, 17 Maret 2014

irsadi parhan

Nama:irsyadi farhan

Kelas/semester:PMI 2

Mata kuliah:sosiologi perdesaan

 

PENINGKATAN KUALITAS MANUSIA

BEDASARKAN IPM

Hardiansyah

 

Pendahuluan

Kualitas dapat dimaknai sebagai kumpulan ciri yang menunjukan keunggulan.suatu yang berkualitas berarti memiliki nilai yang unggul atau lebih dari yang lain.kualitas juga bisa diartikan kondisi pemenuhan ciri-ciri yang diharapkan.

Kualitas manusia berarti sekumpulan ciri yang menunjukan keunggulan manusia,yang dapat dicermati sebagai individu,dan pada sekelompok manusia atau masyarakat disuatu wilayah.

Meskipun manusia amat komleks,namun secara sederhana seringkali ditinjau dari segi kualitas jasmani dan rohani.kualitas raga dicerminkan oleh kesehatan dan ketahanan fisik.kualitas jiwa dicerminkan oleh akal,kalbu dan nafsu.semua kemampuan ini membangkitkan semangat manusia sebagai makhluk sosial yang mempunyai kepekaan,kesetiakawanan dan tanggung jawab sosial.

Sosok Kualitas Manusia Masa Datang

Sosok abstrak kualitas manusia indonesia telah dituangkan dalam lagu indonesia raya oleh WR supratman sekitar 80 tahun yang lalu atau belasan tahun sebelum indonesia merdeka.sejak saat itu bangsa indonesia sesungguhnya sudah mempunyai tekad untuk menetapkan tujuan utama pembangunan manusia dan bangsa indonesia,yaitu “bangunlah jiwanya bangunlah badannya”.

Lebih lanjut,tujuan pembangunan jiwa dan membangun badan manusia indonesia,telah dirumuskan dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 yaitu untuk “mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Selama 60 tahun terakhir tampak pasang surut perhatian pemerintah terhadap pembangunan manusia dalam berbagai kebijakan pembangunan.

Bedasarkan UU nomor 17/2007 sosok manusia indonesia yang akan dicapai pada tahun 2025 adalah manusia indonesia yang cerdas,tangguh,kompetitif,berakhlak mulia dan bermoral berdasarkan falsafah pancasila.

Kriteria pertama dari sosok manusia indonesia 2025 adalah cerdas.alfred binet,psikolog prancis,merupakan orang pertama yang mengembangkan ukuran kecerdasan anak sekolah yang disebut intelligence quotient (IQ).

Diharapkan sosok manusia indonesia 2025 bukan hanya sekedar khayalan,tetapi sebuah komitmen bersama yang harus diwujudkan dalam kenyataan secara bertahap sampai tahun 2025.

Indeks Pembangunan Manusia Sebagai Proksi Kualitas Manusia

 

 IPM merupakan ukuran komposit dari tiga dimensi pembangunan manusia,yaitu manusia yang:1)hidup sehat berumur panjang 2)berpengetahuan dan pendidikan 3)penghasilan yang layak.IPM menunjukan nilai tiga dimensi dasar pembangunan manusia tersebut,yang kemudian diranking antara negara yang dianalisis (177 negara)

Semakin tinggi nilai IPM menunjukan pembangunan manusia (dari segi kesehatan,pendidikan dan ekonomi) yang semakin baik dan sebaliknya semakin rendah nilai IPM menunjukan pembangunan manusia yang belum baik atau merata di suatu wilayah atau negara.

IPM bukan dimaksudkan untuk mengukur kualitas manusia secara individu atau orang perorang.IPM merupakan ukuran keberhasilan atau kegagalan pembangunan suatu bangsa atau masyarakat yang ditinjau dari segi sosial (kesehatan,pendidikan) dan ekonomi secara makro.

Posisi Indonesia Berdasarkan IPM

Bagaimana posisi IPM Indonesia diantara berbagai negara di dunia? Dalam laporan UNDP (2006) posisi IPM bangsa indonesia berada pada ranking 108 dari 177 negara.

Perbedaan nilai ranking GDP dengan ranking IPM (ranking GDP ranking IPM) menunjukan secara sederhana adanya ketimpangan antara ketiga dimensi pembangunan manusia (kesehatan,sosial pendidikan,dan ekonomi)

Indonesia dalam laporan UNDP pernah berada pada peringkat 112 dari 175 negara pada tahun 2003.yang membuat kita kurang gembira adalah mengapa mutu manusia (IPM) indonesia lebih rendah yang pada tahun tersebut lebih buruk dari pada vietnam (109),filipina (85) thailand (74) malaysia (58).

Kesenjangan Kualitas Manusia Antar Wilayah

Sejak tahun 2002,BPS Indonesia bekerjasama dengan bappenas dan UNDP menganalisis dan menerbitkan laporan indeks pembangunan manusia.

Dengan pertimbangan pola umum data statistik sosial ekonomi di indonesia bahwa angka harapan hidup dan tingkat pendidikan lebih rendah di daerah perdesaan dibanding di perkotaan,maka dapat disimpulkan bahwa nilai IPM di perdesaan lebih rendah dibanding di perkotaan.

Upaya mempercepat mengatasi masalah ini sebaiknya berfokus pada upaya peningkatan layanan gizi dan kesehatan (terutama ibu dan anak)pengendalian penyakit dan kesehatan lingkungan,peningkatan dan pemerataan kesempatan pendidikan sekolah dasar sampai SLTA,percepatan peningkatan pendapatan,peluang kerja dan usaha,yang disertai dengan penguatan SDM,kelembagaan,regulasi,teknologi dan infrastuktur.

Peningkatan IPM Peluang Tantangan

Mendiskusikan tentang IPM dalam rangka pembangunan desa 2030,mengajak kita untuk memikirkan desa seperti apa yang diharapkan terwujud pada tahun 2030.

Berdasarkan pemikiran bahwa jumlah penduduk tetap meningkat yang juga menuntut perluasan areal pemukiman,kegiatan ekonomi dan industri serta ruang untuk aktifitas lainnya,maka mau tidak mau desa yang sekarang sebagian akan mengalami transformasi menjadi kota,baik dalam arti sosial maupun fisik dan kehidupan lainnya.

Masalah peningkatan kualitas manusia,termasuk di perdesaan akan semakin pelik bila perdesaan yang semakin menyempit mengalami berbagai krisis ekologi,seperti deforestasi,marginalisasi,biodlversiti,pemanasan global,ancaman biosafety,dan pencemaran lingkungan hidup.

 Inovasi dan investasi pada dimensi kesehatan,pendidikan dan kesejahteraan sosial serta ekonomi perlu dirancang dalam suatu strategi besar pembangunan manusia beserta pembangunan wilayah desa dan kota dengan pendekatan ekologi manusia.

Bila indonesia ingin memiliki IPM yang lebih baik seperti malaysia sekarang tentu banyak hal yang harus diperhatikan dan banyak faktor yang harus dimasukan dalam model simulasi.

Secara sederhana,dengan menganalisis laju pertumbuhan IPM tahunan indonesia selama kurun waktu 1995 sampai 2004

Peluang ada,tpi juga ada masalah dan tantangan peningkatan IPM indonesia menjadi IPM dengan kategori IPM tinggi.hal ini berkaitan dengan ketenagaan,manajemen,penegak hukum penguatan dan pengembangan modal sosial,termasuk kearifan lokal,dan pemberdayaan keluarga dan masyarakat.

Malaysia dulu banyak belajar ke indonesia,kini saatnya kita belajar dengan tetangga.malaysia semenjak pertengahan tahun 90an sudah membuat visi yang dikenal dengan malaysia 2020.pada pertengahan tahun 90an pemerintah malaysia sudah memilki gambaran masyarakat malaysia seperempat abad ke depan sehingga program-program pembangunan di negara tetangga itu difokuskan pada pencapaian visi.dalam hal disiplin sewajarnya kita belajar dari singapura negara yang mungil ini bisa menjadi maju karena kedisiplinan di berbagai bidang dijunjung tinggi.

Singapura,taiwan,hongkong dan israel merupakan contoh negara dengan sumberdaya alam yang minimal tapi bisa maju dengan fokus pada pembangunan sumberdaya manusia dan ICT.india dan cina merupakan dua negara dengan penduduk tinggi di asia,yang kaya sumberdaya alam,juga mengembangkan ICT lebih baik dibanding indonesia.

Salah satu kunci dalam pembangunan manusia adalah pembangunan dan pemanfaatan potensi information and communication technologi ICT.kita sadari ketergantungan masyarakat semakin hari semakin meningkat pada ICT.

Pembangunan ICT secara terencana dan mudah diakses masyarakat untuk berbagai kepentingan terutama bagi pendidikan,kesehatan dan ekonomi akan mempercepat peningkatan kualitas manusia indonesia baik secara sosial maupun ekonomi.secara ekonomi juga diarahkan agar bangsa indonesia mampu memproduksi berbagai komponen dan produk ICT sebagai substitusi impor bahkan mengekspor.indonesia akan ,menjadi pasar ICT yang besar dimasa datang.       

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini