Selasa, 22 September 2015

AWALUDDINJAMIL_11150510000078_KPI1B_TUGAS3

KONFLIK SOSIAL DAN PEREBUTAN SUMBER DAYA

 

Definisi Konflik Sosial

 

            Konflik merupakan  proses sosial dimana masing – masing pihak yang berinteraksi berusaha untuk saling menghancurkan, menyingkirkan, mengalahkan karena berbagai alasan seperti rasa benci atau rasa permusuhan. Sebab musabab terjadinya konflik di antaranya: Pertama, perbedaan antar – perorangan atau antar – kelompok, yang menimbulkan benturan – benturan antar individu maupun kelompok. Kedua, perbedaan kebudayaan yang berpengaruh pada perbedaan kepribadian seseorang atau kelompok sebab karakter kebudayaan akan berpengaruh dalam membentuk karakter kepribadian manusia dalam kehidupan sosial. Ketiga, bentrokan antar – kepentingan, bentrokan ini dipicu oleh suatu keinginan agar orang lain atau kelompok lain berperilaku sesuai dengan seleranya. Keempat, perubahan – perubahan sosial yang meliputi nilai – nilai dan norma – norma sosial.

            Konflik dianggap sebagai sesuatu yang bersifat negatif maupun positif tergantung bagaimana masyarakat konflik tersebut. Ada yang memandang konflik sebagai sesuatu  yang tidak baik karena konflik merupakan biang dari segala bentuk perpecahan di dalam masyarakat yang mengakibatkan disintegrasi sosial, ada pula yang memandang konflik sebagai sesuatu yang positif karena konflik berakibat pada terpicunya motivasi anggota – anggota masyarakat untuk berprestasi.

 

      Sumberdaya Dalam Perspektif Sosiologi

            Sumberdaya adalah suatu nilai potensi yang dimilki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumberdaya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible). Sumberdaya mengandung mengandung bias ekonomi. Manusia di anggap semata – mata sebagai faktor produksi bukan sebagai makhluk kultural. Karena manusia dilihat sebagai faktor produksi. Kualitas seseorang manusia sebagai faktor produksi dianggap ditentukan oleh kondisi fisiknya, tingkat pendidikannya, dan keterampilan yang dimilikinya. Manusia yang berkualitas tinggi adalah manusia yang sehat badanya dan memperoleh cukup pendidikan dan pelatihan.

 

 

Contoh Dalam Kehidupan Sehari - hari

a)      Konflik Gender

b)     Konflik Rasial dan Antarsuku

c)      Konflik Antar – Umat Agama

d)     Konflik Antargolongan

e)      Konflik Kepentingan

f)       Konflik Antarpribadi

g)      Konflik Antarkelas Sosial

h)     Konflik Antarnegara/Bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini