Selasa, 22 September 2015

Rizki Aminah.KPI IA.Konflik Sosial dan Perebutan Sumberdaya.tugas3

Nama   : Rizki Aminah

NIM    :11150510000004

Kelas   :KPI IA

KONFLIK SOSIAL DAN PEREBUTAN SUMBERDAYA

1.Defenisi Konflik Sosial dalam Perspektif Sosiologi

            Istilah "konflik" secara etimologis berasal dari bahasa Latin "con" yang berarti bersama dan "fligere" yang berarti benturan atau tabrakan. Dengan demikian, "konflik" dalam kehidupan sosial berarti benturan kepentingan, keinginan, pendapat, dan lain-lain yang paling tidak melibatkan dua pihak atau lebih.

            Menurut John Lewis Gillin dan John Philip Gillin melihat konflik sebagai bagian dari proses interaksi sosial manusia yang saling berlawanan (oppositional process). Artinya, konflik adalah bagian dari sebuah proses interaksi sosial yang terjadi karena adanya perbedaan-perbedaan fisik, emosi, kebudayaan, dan perilaku.

            Secara sederhana konflik dapat diartikan sebagai perselisihan atau persengketaan antara dua atau lebih kekuatan baik secara individu atau kelompok yang kedua belah pihak memiliki keinginan untuk saling menjatuhkan atau menyingkirkan atau mengalahkan atau menyisihkan.

            Konflik social ini terjadi karena ada akar penyebabnya.Akar penyebab terjadinya konflik social diantaranya,

            a.Stereotip

            Stereotip merupakan konsep mengenai sifat-sifat suatu golongan berdasarkan prasangka yang subjektif dan tidak tepat.Kelompok hispanik Amerika memaparkan bahwa film-film produksi Hollywood sering memposisikan mereka sebagai penjahat yang kejam,petani pemalas dan penyuka humor.Padahal,jelas sekali bahwa sifat-sifat ini tidak dapat digeneralisir dan berdampak buruk bagi kelompok-kelompok hispanik tersebut.stereotip inilah yang terjadi pada kelompok Hispanik Amerika.

            b.Prasangka

            Prasangka adalah sifat yang tidak menguntungkan individu,golongan,atau kelompok lain berdasarkan pandangan yang belum terbukti kebenarannya,dan sering terjadi bahkan diterapkan pada kelompok suku bangsa.Hal ini amatlah berbahaya karena dapat menimbulkan kebencian tanpa alas an yang jelas mirip dengan "pribahasa tak kenal maka tak sayang".

            c.Diskriminasi

            Diskriminasi merupakan pembedaan tingkah laku terhadap manusia lain berdasarkan ciri-ciri tertentu (ras,etnis,jenis kelamin,dan sebagainya).Pembedaan tingkah laku ini bisa sangat jelas terlihat atau terselubung.Kasus diskriminasi ada dimanapun dari belahan bumi ini.Di negara berkembang hingga negara maju,ironisnya mereka adalah kompiun-kompiun demokrasi dan punggawa dari penegak Hak Azasi Manusia (HAM).Diskriminasi juga dilakukan oleh negara-negara yang notabene adalah negara maju.

2.Defenisi Sumberdaya dalam Perspektif Sosiologi

            Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible). Semua sumber baik manusia, materi, maupun energi yang secara nyata dan potensial dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan disebut sumberdaya. Sumberdaya ternasuk dalam kajian sosiologi lingkungan. Beragam perilaku sosial seperti konflik dan integrasi yang berkaitan dengan perubahan kondisi lingkungan, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap sumberdaya baik sumberdaya fisik maupun sumberdaya non fisik.

3.Contoh Konflik Sosial dalam Kehidupan sehari-hari

§  Pembantaian Yahudi oleh Nazi Jerman (1939-1945)

§  Pembantaian suku bangsa Hutu terhadap suku bangsa Tutsi di Rwanda yang diperkirakan melibatkan Prancis

§  Australia menggusur warga aborigin sejak kedatangan kulit putih di benua itu

§  Pada tahun 2010,Prancis mengusir penduduk GIPSY dari wilayahnya

§  Swiss menentang pembuatan masjid bagi muslim yang kebanyakan dari wilayah Afrika.

§  Perebutan kekuasaan yang tak kunjung usai antara Israel dengan Palestina.

4.Contoh Perebutan Sumberdaya dalam Kehidupan sehari-hari

§  Perebutan Kepulauan Senkaku antara Cina dan Jepang karena kepulauan itu melimpahnya sumber daya minyak dan gas alam.

§  Perebutan wilayah Negara Irak oleh Amerika karena memiliki sumber daya minyak yang banyak

 

Sumber :

Setiadi, Elly M. dan Usman Kolip. 2011. PENGANTAR SOSIOLOGI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

 

Meinarno,Eko A,Bambang Widianto.dan Rizka Halida.2011.MANUSIA DALAM KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT.Jakarta:Salemba Humanika

 

           

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini