Selasa, 22 September 2015

Rhomadhino YR_Jurnalistik I/B_Konflik Sosial dan Perebutan Sumber Daya_Tugas 2

Nama : Rhomadhino YR
Kelas : Jurnalistik I/B
NIM : 11150510000193
Tugas : Pengantar Sosiologi
Konflik Sosial dan Perebutan Sumberdaya
1) Definisi Konflik Sosial Dalam Perspektif Sosiologi
Konflik merupakan gejala sosial yang serba hadir dalam kehidupan sosial, sehingga konflik bersifat inheren, artinya koflik akan senantiasa ada dalam setiap ruang dan waktu, dimana saja dan kapan saja. Konflik dan integrasi sosial merupakan gejala yang selalu mengisi setiap kehidupan sosial. Hal – hal yang mendorong timbulnya konflik dan integrasi adalah adanya persamaan dan perbedaan kepentingan sosial.
Istilah "konflik" secara etimologis berasal dari bahasa Latin "con" yang berarti bersama dan "fligere" yang berarti benturan atau tabrakan. "konflik" dalam kehidupan sosial berarti benturan kepentingan, keinginan, pendapat, dan lain – lain yang tidak melibatkan dua pihak atau lebih.
2) Sumberdaya Dalam Perspektif Sosiologi
Sumberdaya adalah suatu nilai potensi yang dimilki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumberdaya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible).
Sumber – sumber daya yang dikuasai oleh setiap orang mungkin berfungsi untuk merealisasikan tujuan individual maupun kolektif. Modal sosial ini memungkinkan dihasilakannya kemakmuran (kekayaan) individual. Modal ini juga memungkinkan orang untuk menghasilakan kekayaan kolektif yang memberi keuntungan kepada sebuah kelompok yang memiliki kepentingan bersama
Contoh sumber daya alam:
1) Minyak Bumi
2) Gas alam
3) Batu bara
4) Bauksit
5) Timah
Contoh sumber daya manusia:
1) Pelajar lulusan SMK yang siap bekerja dan ditempatkan diberbagai pabrik.
2) Mahasiswa yang setelah di wisuda dan siap untuk melamar pekerjaan.
Contoh sumber daya yang bisa diperbarui:
1) Tumbuhan
2) Hewan
3) Air
4) Tanah
Contoh sumber daya yang tidak bisa diperbarui:
1) Emas
2) Alumunium
3) Tembaga
4) Belerang

3. Contoh Konflik dan Perebutan Sumber Daya Dalam Kegiatan Sehari- hari
 Konflik
• Konflik Rasial, ras sering dikaitkan dengan warna kulit seseorang. Diantara warna kulit, yang paling signifikan adanya diskriminasi adalah kuit putih dan kulit hitam. Dahulu, orang berkulit putih melakukan berbagai bentuk eksploitasi terhadap kulit hitam. Saat ini kulit hitam sudah tidak dipandang sebelah lagi. Meski demikian, masih banyak kita temui di lingkungan sekolah, rumah dan lainnya, perbedaan kulit dijadikan bahan ejekan.
• Konflik Gender Istilah gender bukan merujuk pada aspek perbedaan jenis kelamin di mana laki – laki di tunjukkan dengan identitas diri dan di mana laki – laki memilki alat kelamin yang berbeda dengan perempuan, akan tetapi gender lebih berorientasi pada aspek sosiokultural.
• Konflik Antar Umat Beragama, anggapan bahwa agama yang ia yakini adalah yang paling benar serta agama lain adalah sesat adalah sumber awal mulanya konflik antar umat beragama. Contoh konflik umat Kristen dan Islam di Poso.
• Konflik Pribadi, konflik ini sering terjadi dalam kehidupan sehari- hari. Mendahulukan atau mementingkan kepentingan pribadi serta adanya perbedaan pendapat adalah salah satu pemicu timbulnya konflik. Misal, perbedaan pendapat dalam forum diskusi.

 Perebutan Sumber Daya
Contoh perebutan sumber daya:
1) Perebutan wilayah Negara Irak oleh Amerika karena memiliki sumber daya minyak yang banyak.
2) Perebutan Kepulauan Senkaku antara Cina dan Jepang karena kepulauan itu melimpahnya sumber daya minyak dan gas alam.

Sumber: Elly M. Setiadi dan Usman Kolip. Pengantar Sosiologi.
J. Dwi Narwoko dan Bagong Suryanto. Sosiologi Teks Pengantar Terapanq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini