Selasa, 22 September 2015

Ryan Andrian - Konflik Sosial dan Perebutan Sumber Daya - Tugas 3

 

Nama              : Ryan Andrian (11150510000032)

Kelas               : KPI 1 A

 

 

Definisi Konflik Sosial Dalam Perspektif Sosiologi

Perspektif konflik, perspektif ini, sosiologi memandang pertentangan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat sebagai akibat dari produk interaksi itu sendiri. Dalam pandangan sosiologi, masyarakat selain merupakan arena kehidupan yang memiliki hubungan saling kehidupan yang memiliki hubungan saling ketergantungan, juga merupakan arena konflik, artinya dalam setiap kehidupan sosial akan terdapat perselisihan dan pertikaian yang disebabkan oleh banyaknya keanekaragaman sosial. Namun dipihak lain terdapat kerja sama atau integrasi yang tidak kalah pentingnya di dalam setiap mengisi setiap gerak-geriknya kehidupan sosial itu sendiri. Dengan demikian, konflik dan integrasi merupakan gejala yang selalu hadir dalam kehidupan sosial. Penganut pandangan ini diantaranya adalah Karl Marx, Frederic Engle, Ralf Dahrendorft, dan lain-lainya.

 

Konflik

Istilah "konflik" secara etimologis berasal dari bahasa latin "con" yang berarti bersama dan "fliegre" yang berarti benturan atau tabrakan.

 

Akar Penyebab Konflik

Para sosiolog berpendapat bahwa akar dari timbulnya konflik yaitu adanya hubungan sosial, ekonomi, politik yang akarnya adalah perebutan atas sumber-sumber kepemilikan, status sosial, dan kekuasaan yang jumlah ketersediannya sangat terbatas dengan pembagian yang tidak merata di masyarakat

 

 Sumberdaya Dalam Perspektif Sosiologi

Sumber daya atau modal tercakup dalam suatu jaringan hubungan maka dikualifikasikan sebagai berasal dari sosial. Sumber-sumber daya yang dikuasai setiap orang mungkin berfungsi untuk merealisasikan tujuan individual maupun kolektif. Modal sosial ini memungkinkan dihasilkannya kemakmuran individual, seperti ketika seseorang membantu salah seorang temannya dalam mendapatkan pekerjaan.

 

Contoh Dalam Kehidupan Sehari-hari

A.    Konflik Kepentingan

Di dalam dunia politik: "tiada lawan yang abadi dan tiada pula kawan abadi, kecuali kepentingan abadi." Dengan demikian konflik kepentingan identik dengan konflik politik.


      Konflik Antar Pribadi

Konflik antar individu adalah konflik sosial yang melibatkan individu di dalam konflik tersebut. Konflik ini terjadi karena adanya perbedaan atau pertentangan atau juga tidak cocok antara individu satu dan individu lain.

 

C.    Konflik Antar Umat Agama

Agama tidak cukup dipahami sebagai metode hubungan penyembahan manusia kepada tuhan serta seperangkat tata aturan kemanusiaan atas dasar tuntunan kitab suci.

         

            Daftar Pustaka

      Setiadi, Elly M & Kolip, Usman. 2011. Pengantar Sosiologi, Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

      Giddens, Antony. Bell, Daniel & Forse, Michael. 2008. Sosiologi Sejarah dan Bebagai Pemikirannya. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini