Selasa, 22 September 2015

Rizky Kusumawati - Definisi Konflik Sosial dan Perebutan Sumberdaya - Tugas 3

Nama : Rizky Kusumawati

NIM    : 11150510000111

Prodi   : Jurnalistik (1A)

Mata Kuliah : Pengantar Sosiologi

 

                                                KONFLIK SOSIAL DAN PEREBUTAN SUMBER DAYA

·         Konflik Sosial adalah proses sosial dimana individu atau kelompok memiliki tujuan masing-masing, sehingga terdapat perbedaan kepentingan, diikuti dengan gejala untuk menyingkirkan pihak lain dengan ancaman atau kekerasan. Konflik juga dapat dipengaruhi oleh kebudayaan dan sosial. Max Weber menempatkan konflik dalam posisi sentral dalam menganalisis tentang masyarakat. Baginya, konflik merupakan unsure dasar kehidupan manusia. Weber menyatakan "Pertentangan tidak dapat dilenyapkan dalam dari kehidupan budaya manusia. Orang memang dapat mengubah sarananya, objeknya, arah dasar ataupun pendukungnya, akan tetapi orang tidak dapat membuang konflik itu sendiri" (Sutaryo, 1992:36).

Soerjono Soekanto membagi konflik menjadi 5 bagian:

1.       Konflik Pribadi, adalah konflik yang terjadi antara orang perorangan karna masalah pribadi atau perbedaan pendapat.

2.       Konflik Politik, adalah konflik yang terjadi akibat kepentingan/tujuan politis yang beda antara seorang/kelompok.

3.       Konflik Rasial, adalah konflik yang terjadi antara kelompok ras yang berbeda karena adanya kepentingan/kebudayaan saling bertabrakan.

4.       Konflik Antarkelas Sosial, adalah konflik yang muncul karena adanya perbedaan kepentingan antar kelas-kelas di masyarakat.

5.       Konflik bersifat Internsional, adalah konflik yang melibatkan beberapa kelompok Negara (blok) karena perbedaan kepentingan masing-masing.

 

Contoh konflik sosial yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari:

a)      Konflik antar suku bangsa, dipicu karena adanya perbedaan bahasa, budaya dan adat istiadat dari masing-masing suku. Contohnya ialah konflik antara suku Dayak dan Madura yang terjadi di Sampit.

b)      Konflik antar umat beragama, terjadi karena pemahaman/penghayatan yang kurang atau bahkan terlalu fanatic terhadap ajaran agamanya sehingga menimbulkan skap revolusioner yang sangat potensial menimbulkan konflik masyarakat. Contohnya ialah konflik Poso yang terjadi pada tahun 1998-2001.

 

 

·         Sumberdaya adalah suatu potensi yang  dimiliki oleh suatu Negara, baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Sumber daya alam ialah, segala kekayaan alam yang tersedia yang dapat dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan sesuatu, guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan sumber daya manusia ialah manusia sebagai penduduk suatu Negara dalam batasan wilayah tertentu yang sudah memasuki usia angjatan kerja, baik yang sudah mendapatkan pekerjaan maupun yang belum. Sumber daya berdasarkan pembentukannya dibagi menjadi 2, yakni sumber daya yang bisa diperbarui (renewable resources) dan sumber daya yang tidak bisa diperbarui (unrenewable resources).

Contoh sumber daya alam:

1)      Minyak Bumi

2)      Gas alam

3)      Batu bara

4)      Bauksit

5)      Timah

Contoh sumber daya manusia:

1)      Pelajar lulusan SMK yang siap bekerja dan ditempatkan diberbagai pabrik.

2)      Mahasiswa yang setelah di wisuda dan siap untuk melamar pekerjaan.

Contoh sumber daya yang bisa diperbarui:

1)      Tumbuhan

2)      Hewan

3)      Air

4)      Tanah

Contoh sumber daya yang tidak bisa diperbarui:

1)      Emas

2)      Alumunium

3)      Tembaga

4)      Belerang

 

Contoh perebutan sumber daya:

1)      Perebutan wilayah Negara Irak oleh Amerika karena memiliki sumber daya minyak yang banyak.

2)      Perebutan Kepulauan Senkaku antara Cina dan Jepang karena kepulauan itu melimpahnya sumber daya minyak dan gas alam.

Referensi : Buku siap tempur UN & SNMPTN IPS

                    Teori-teori sosial dalam tiga paradigma

                     Pengantar sosiologi dan Perubahan sosial

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini