Selasa, 22 September 2015

MAULANA ABDUL ZHAKI KPI 1B - KONFLIK SOSIAL DAN PEREBUTAN SUMBERDAYA - TUGAS 3

NAMA                        : MAULANA ABDUL ZHAKI

NIM                            : 11150510000082

KELAS                       : KPI 1B

MATA KULIAH       : PENGANTAR SOSIOLOGI TUGAS 3

 

 

KONFLIK SOSIAL DAN PEREBUTAN SUMBER DAYA

Konflik Sosial

Dalam pandangan sosiologi, masyarakat selain merupakan arena kehidupan yang memiliki hubungan saling ketergantungan, juga merupakan arena konflik, artinya dalam setiap kehidupan sosial akan terdapat perselisihan dan pertikaian yang disebabkan oleh banyaknya keanekaragaman sosial. Namun di pihak lain terdapat kerja sama atau integrasi yang tidak kalah pentingnya di dalam mengisi setiap gerak kehidupan sosial itu sendiri. Dengan demikian, konflik dan integrasi merupakan gejala yang selalu hadir dalam setiap kehidupan sosial. Penganut pandangan ini di antaranya adalah Karl Marx, Frederic Engle, Ralf Dahrendorft, dan lain-lainnya.

Perebutan Sumber Daya

Sumber-sumber daya yang dikuasai oleh setiap orang mungkin berfungsi untuk merealisasikan tujuan individual maupun kolektif. Modal sosial ini memungkinkan dihasilkannya kemakmuran (kekayaan) individual, seperti ketika seseorang membantu salah seorang temannya dalam mendapatkan pekerjaan. Modal ini juga memungkinkan orang untuk menghasilkan kekayaan kolektif yang memberi keuntungan kepada sebuah kelompok yang memiliki kepentingan bersama, apakah mereka itu turut berpartisipasi dalam menghasilkan kekayaan tersebut secara personal atau tidak.

 

Contoh konflik dalam kehidupan sehari-hari

Konflik Gender

Konflik gender bukan merujuk pada aspek perbedaan jenis kelamin di mana laki-laki ditunjukkan dengan identitas diri dan di mana laki-laki memiliki alat kelamin yang berbeda dengan perempuan, akan tetapi gender lebih berorientasi pada aspek sosiokultural. Gender lebih memperhatikan pada aspek status dan peranan manusia dilihat dari jenis kelamin.

Konflik Kepentingan

Di dalam dunia politik "tiada lawan abadi dan tiada kawan abadi, kecuali kepentingan abadi." Dengan demikian konflik kepentingan identik dengan konflik politik.

Konflik Antar – Umat Agama

Agama tidak cukup dipahami sebagai metode hubungan antara manusia kepada Tuhan serta seperangkat tata aturan atas dasar tuntunan kitab suci. Secara sosiologis, agama dapat dijadikan sebagai alat perekat solidaritas sosial.

Konflik Antarpribadi

Konflik antar-individu adalah konflik sosial yang melibatkan individu di dalam konflik tersebut. Konflik ini terjadi karena adanya perbedaan atau pertentangan atau juga ketidakcocokan antara individu satu dan individu lain. Masing-masing individu bersikukuh mempertahankan tujuannya atau kepentingannya masing-masing.

 

 

 

Sumber : PENGANTAR SOSIOLOGI
ELLY M. SETIADI, USMAN KOLIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini