Selasa, 06 Oktober 2015

Eka nurbaeti Ardila_Jurnalistik 1/b_Imajinasi Kenyamanan_Tugas 3

SOSIOLOGI – Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sosial.

1.       Gambaran Wisata ''OBYEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS GUCI INDAH Tegal,Jawa Tengah''.

 Wisata Guci Indah Tegal,adalah tempat wisata pemandian air panas yang berada di lereng gunung selamet,tepat di Desa Guci kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal,Jawa Tengah.Memiliki luas 210 Ha,terletak dikaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian kurang lebih 1.500 meter.Berjarak dari kota Slawi sekitar 30 km,sedangkan dari kota Tegal sekitar 40 km ke arah selatan.

Air panas yang mengalir dari air terjun berasal dari asli mata air gunung slamet yang mengalir secara alami,obyek wisata pemandian air panas Guci Indah sendiri terdapat sekitar 10 air terjun,tetapi yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan ada di bagian atas  tepat di pemandian umum pancuran 13,yang dinama kan air terjun jedor.Air yang mengalir dari pancuran-pancuran di obyek wisata ini dipercaya bisa menyembuhkan  penyakit kulit serta reumatik,khususnya dipancoran 13 yang memiliki 13 buah pancuran,dan yang unik nya setiap kolam nya memiliki kedalaman yang berbeda.Karena pemandian umum jadi banyak sekali yang mandi dipancuran 13, sampai terkadang berdesak-desakan jika berkunjung dihari libur.

Tetapi jika tidak ingin berdesak-desakan,obyek wisata Guci Indah menyediakan fasilitas kolam renang air panas (Duta wisata,Barokah,Mega Indah) hanya saja jika ingin berenang dikolam renang air panas ada tarif masuk tersendiri berbeda dengan pemandian umum pancuran 13 yang gratis tanpa ada tarif untuk berenang.

Ada fasilitas lain nya seperti;

-          Penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap,menikmati pemandangan wisata guci lebih lama tersedia vila,hotel,yang bertarif mulai dari kelas melati hihgga berbintang.

-          Wisata Hutan(wana wisata) bagi wisatawan yang ingin menjelajah hutan atau berkemah dihutan.

-          Kolam renang air panas,lapangan tenis,lapangan sepak bola.

Untuk berkeliling disekitar obyek wisata dapat dilakukan dengan menyewa kuda dengan   tarif relatif murah.

Harga Tiket Masuk Untuk Hari Biasa:

-          Dewasa      : Rp.5000,- Ansuransi Raharja

-          Anak-anak : Rp.4.500,- Ansuransi Raharja

Harga Tiket Masuk Untuk Hari Libur / Tanggal Merah:

-          Dewasa        : Rp.7000,- Asuransi Raharja

-          Anak-anak : Rp.6.500,- Asuransi Raharja

 

2.       Analisis pengaruh tempat wisata bagi masyrakat sekitar.

Setiap kegiatan pembangunan lingkungan pasti mempunyai dampak atau pengaruh pada lingkungan sekitar,baik lingkungan alam atau lingkungan sosial.

Seperti hadir nya tempat wisata,dalam pembangunan pariwisata yang perkembangan nya berdampak pada masyarakat atau pun individu,meliputi kegiatan ekonomi,

Kehidupan,sosial budaya,identitas serta alam tempat tinggal mereka sendiri.

Pengaruh pariwisata bagi lingkungan sendiri bisa bersifat negatif dan juga positif  jenis perubahan dan interaksinya.

Seperti pengaruh Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci Indah Tegal,Jawa Tengah.

Kehadiran wisata diDesa Guci,kecamatan Bumijawa ini berdampak pada masyarakat sekitar pada aspek sosial budaya antara lain interaksi dengan satu sama lain,bekerja,

tata cara mereka hidup,dan lain sebagainya.

Adanya wisata Guci ini memberikan kesempatan berusaha dan lapangan kerja baru, namun juga berpengaruh pada perpindahan lapangan kerja dari petani ke nonpetani.

Contohnya :menjadi pedagang ditempat wisata, menjadi jasa penyewa kuda.

 

Pengaruh pada budaya,termasuk pada norma,nilai dan kepercayaan.pariwisata dapat melestarikan kebudayaan tradisional dan peninggalan sejarah,akan tetapi dapat juga menyebabkan pergeseran nilai-nilai yang diterapkan masyarakat setempat seperti adanya teknologi informasi dan telekomunikasi pada tempat wisata yang pada dasarnya didaerah pedesaan,hal ini berpengaruh berpengaruh pada peralihan pola perilaku dan norma-norma agama.Hal ini terjadi karena masuknya budaya asing luar yang dibawa oleh wisatawan yang membuat masyrakat sekitar wisata meniru budaya mereka,mulai dari cara berpakaian,interaksi dan perilaku.

 

Pengaruh pada masyarakat,termasuk pada struktur-

penduduk,stabilitas masyarakat,sarana dan prasarana yang diakui secara umum.

Pengaruh pariwisata juga berpengaruh menyebabkan tingkat pendidikan meningkat,

Keamanan dan kenyamanan wisata,pelestarian keindahan alam sekitar  serta meningkat nya harga jual pangan yang berada ditempat wisata yang menyebabkan meningkatnya perekonomian masyarakat.

 

Pengaruh pada alam, terjaganya kelestarian alam,termasuk hutan sungai dan  ekosistem alam lain nya.akan tetapi pariwisata juga menyebabkan kerusakan lingkungan.

Contohnya : sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab menyebabkan kerusakan kelestarian alam yang telah dijaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini