Selasa, 06 Oktober 2015

maulidya muslimah_jurnalistik1A_tugas3

Nama: Maulidya Muslimah

NIM: 11150510000052

Kelas: Jurnalistik I/A

Tugas 3

 

A.    Taman Margasatwa Ragunan

 

        Taman Margasatwa Ragunan berdiri pada tahun 1864, saat itu bernama "Plante En Dierentun" yang berarti taman dan kebun binatang. Ini adalah kebun binatang pertama di Indonesia, namun pada tahun 1949 nama Planten En Dierentuin diganti menjadi Kebun Binatang Cikini, karna saat itu berada di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Pada tahun 1964 pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektar untuk menjadi rumah bagi kebun bintang di kawasan Ragunan, Pasar minggu, Jakarta Selatan. Pada tahun 1964 kebun binatang Cikini di pihak ke kawasan Ragunan dan berubah nama menjadi taman Margasatwa Ragunan , yang di resmikan pada 22 juni 1966 oleh gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, seiring banyaknya penduduk yang beramai-ramai menghabiskanwaktu liburan di taman Margasatwa Ragunan, sehingga sekarang luas Taman Margasatwa Ragunan adalah 140 hektar dan menjadi kebun binatang terbesar di Indonesia.

 

        Rancangan konsep Taman Margasatwa Ragunan atau biasa kita kenal kebun binatang ragunan ialah terbuka, lingkungan di dominasikan pohon yang rimbun, suasana jalan-jalanya seperti hutan meskipun cuaca panas di kebun binatang ragunan ini tetap serasa sejuk. Taman Margasatwa Ragunan ini memiliki koleksi satwa lebih dari 4000 ekor, terdiri dari 295 jenis dan 90% di antaranya satwa asli Indonesia, kebun binatang ini juga memiliki banyak binatang langka. Taman wisata ini juga berfungsi sebagai konservasi bagi berbagai satwa yang hamper punah hewan-hewan yang telah di biakkan antara lain: harimau Sumatra, harimau putih, orang utan, komodo, ular phyton, dan berbagai macam burung seperti kaka tua, kasuari, dan betet.

 

        Kebun binatang ragunan selalu di penuhi oleh warga Jakarta dan sekitarnya. Tempat wisata ini selalu kedatangan ratusan bahkan ribuan orang di saat liburan sabtu dan minggu, atau liburan lainnya, meskipun terlihat ramai namun keindahan dan kesejukan masih terjaga walau masih ada diantara kita yang masih membuang sampah sembarangan saat di tempat wisata. Wisata ini sangat diminati bagi sebagian keluarga karna harga yang cukup ekonomis dan bisa di jadikan sarana belajar bagi anak-anak.

 

Fasilitas dan sarana yang tersedia:

·         Taman bermain anak

·         Pusat informasi

·         Taman perahu

·         Pusat primate schmutier

·         Rakit wisata

 

 

B.     Pengaruh Taman Margasatwa Ragunan bagi masyarakat sekitar.

 

        Kehadiran Taman Margasatwa Ragunan sangat membahagiakan bagi masyarakat sekitar. Karna masyarakat sekitar bisa membuka atau berkeliling berjualan makanan atau hasil kerajinan untuk masyarakat lain, tempat ini bisa dijadikan tempat refreshing setelah lelah akan aktifitas padatnya. Bagi anak-anak bisa untuk menambah pengetahuan tentang binatang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini