Selasa, 06 Oktober 2015

Aldieny Nurunnisa-KPI 1B- Tugas 4 Imajinasi Kenyamanan

IMAJINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL


 

 

·         Gambaran Raja Ampat
            Wisata Raja Ampat adalah tempat wisata di Papua yang telah mendunia. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu destinasi perjalanan paling menarik telah didokumentasikan dalam film dokumenter yang berjudul "Edis Paradise 3″ dengan pemutaran perdananya di Swiss. Film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere ini mengangkat keindahan alam bawah laut Raja Ampat di Papuayang disebut sebagai Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia. Raja Ampat yang termasuk dalam teritorial Papua Barat ini adalah gugusan pulau dengan 610 pulau yang tersebar, tetapi baru hanya 35 pulau yang ditempati oleh penduduk.
            Perlu diketahui bahwa 75% spesies ikan di dunia ini berada di perairan Raja Ampat. Lautan di Raja Ampat adalah ekosistem alam yang masih terjaga kelesetariannya hingga kini. Tingginya nilai strategis alam laut di Papua tersebut menyebabkan wisata Raja Ampat di Papua dilindungi dengan undang-undang RI.
           

 

 

Wisata Raja Ampat di Papua menawarkan sejumlah objek wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan mancanegara pada khususnya, yakni diving. Kegiatan diving (penyelaman bawah laut) dan snorkeling di Raja Ampat akan menunjukkan keindahan alam bawah laut Raja Ampat di Papua yang begitu mempesona, dengan berbagai jenis spesies ikan serta terumbu-terumbu karang yang hidup natural. Diving di Raja Ampat akan menunjukkan kepada Anda berbagai aneka spesies ikan yang bahkan belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Ingat, 75% spesies ikan dunia berada di Raja Ampat.

 

·         Pengaruh Raja Ampat bagi Kehidupan Sosial
            Pengaruh raja ampat bagi kehidupan sosial adalah lebih memperkenalkan raja ampat ke seluruh dunia selain itu di raja ampat dapat mengembangkan ekosistem flora dan fauna yang hampir punah. Indonesia akan lebih dikenal oleh banyak Negara dengan kekayaan alam yang dimilikinya dengan lebih mengeksplore Raja Ampat ke berbagai Megara.

            Perkembangan objek wisata di suatu daerah sedikit banyaknya pasti akan membawa dampak terhadap masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Bagi masyarakat pesisir, lautan adalah teman hidupnya karena itu sudah menjadi mata pencaharian mereka.  Dan
wadah bagi kelangsungan ekosistem pesisir, wadah mengekspresikan budaya lokal nenek moyang setempat, maupun wadah bagi olah raga air manusia modern saat ini. Keindahan alam kars beserta fungsinya terhadap alam perlu dijaga dan dilindungi keberadaannya serta dipertahankan kealamiahannya terhadap berbagai ancaman kerusakan lingkungan akibat kegiatan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini