Selasa, 06 Oktober 2015

Mutia Drajat_KPI 1B_Imajinasi Kenyamanan

Imajinasi, Kenyamanan dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sosial

 

1.      Taman Kota 1 BSD, Tangerang



Taman Kota 1 berlokasi di depan sekolah Al- azhar, Giri Loka 3, BSD. Dibuat pada tahun 2004, dengan luas 2,5 hektar terdapat 60 jenis tanaman dan 2000 pohon, sehingga membuat taman ini sangat rindangdan teduh. Fasilitas yang terdapat dalam taman ini adalah panggung, jembatan gantung, jogging track, fitness ground, acupunture walk, tempat bermainanak, papan pendidikanl ingkungan dan kios jajanan.

Pohon- pohon dan rumput berjajar rapi, serta tempat sampah yang terdapat di sepanjang kawasan taman,membuat taman ini tertata rapih dan bersih. Selain bersih, taman ini jugamenjadi sarana penambah ilmu pengetahuan, yakni dengan adanya papan- papan informasi mengenai jenis daun dan jenis kayu. Kursi taman unik berbentuk menyerupai batang pohon besar, berjajar di sisi jalantaman memperindah kawasan taman serta dapat menjadi tempat bersantai untuk melepas lelah, menikmati cemilan atau bercengkrama. Karena kebersihan dan keteduhannya, taman ini juga sering dijadikan tempat jogging, terutama diakhir pecan bagi orang- orang yang berkutat denganp ekerjaannya selama satu pekan.

Selain untuk jogging, terdapat fasilitas refleksi gratis, yakniacupunture walk. Untuk melancarkan peredaran darah, cukup dengan hanya melepaskan sepatu dan berjalan sepanjang jalur refleksi. Terdapat pula jembatan gantung yang menghubungi taman kota dengan sekolah Al- azhar yang dibawah nya mengalir sungai yang bersih dari sampah. Pengunjung dapat bersantai di sekitar inggiran sungai hanya dengan turun lebih rendah sedikit dari wilayah taman.

Area tengah taman, terdapat anggung yang cukup besar yang sering dijadikan tempat berlangsungnya berbagai acara. Tidak jauh dari panggung terdapat kios ajanan. Di dalam taman ini, tidak akan ditemukan pedagang asongan yang sering kali mengganggu pengunjung, pedagang Taman Kota 1 tertata dalam kios jajanan. Ada sekitar 3- 4 kios jajanan yang menjual minuman- minuman dingin atau panas, makanan bakso, mie dan sebagainya.

Jika beberapa taman sangat sulit ditemukan kamar mandi, namun di Taman Kota 1 jika ingin buang air, tidak perlu khawatir karena terdapat kamar mandi untuk laki- laki dan perempuan secara terpisah.

Untuk bersantai ataupun berolah raga di Taman Kota 1, tidak akan dikenai biaya apapun, alias gratis. Taman ini dapat dinikmati mulai dari jam 5.30 WIB hingga18.30 WIB.

 

2.      Pengaruh Taman Kota 1 Bagi Masyarakat Sekitar

 

Letak Taman Kota 1 yang berada di wilayah perumahan warga Giri Loka 3 dan sekolah Al- azhar, kehadirannya memiliki pengaruh bagi masyarakat sekitar. Masyarakat sering memanfaatkan taman ini sebagai sarana olahraga, bersantai, mengajak anaknya bermain bersama anak- anak pengujung lain dansebagainya. Walaupundaerah BSD cenderung banyak berdiri mall- mall besar, tidak sedikit dari mereka yang memilih bermain atau kumpul bersama teman- teman di Taman, ketimbang shopping atau hangout di mall.

Beradadi depansekolah Al- azhar, taman ini sering menjadi tempat diadakannya berbagai event yang diselenggarakan sekolahtersebut. Salah satu event besar yang pernah diselenggarakan yaitu lombakaryatulis, story telling, musikalisasipuisi dan sebagainya dalam rangka perayaan sumpah pemuda yang memanfaatkan wilayah taman. Misal panggung yang digunakan untuk penampilan beberapa lombadan band musik.

Selain dijadikan tempat berolahraga atau pun event, Taman Kota 1 pula dijadikan setting untuk murid- murid mengisi profil di buku tahunan sekolah atau remaja- remaja yang ingin hunting bersama teman- temannya.

Tidak hanya dampak rekreasi yang didapat, dengan adanya Taman Kota 1 juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Misal dibutuhkannya tenaga security, penjual kios jajanan dan petugas kebersihan taman yang pekerjanya merupakan warga sekitar.  

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini