Selasa, 06 Oktober 2015

adithya lesmana_jurnalistik1A_tugas3

Nama: Adithya Lesmana
NIM: 11150510000127
Kelas: Jurnalistik I/A
Tugas 3
 
A.    Pulau Lombok
 
        Pulau Lombok sebuah pulau di Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh selat Lombok dari pulau Bali di sebelah barat, dan di sebelah selatan selat alas yang memisahkan dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih seperti bulat dengan semacam ekor di sisi barat daya yang panjangnya 70km. Pulau Lombok terkenal akan keindahan alam yang eksotik dan mempesona. Pulau Lombok termasuk salah satu icon wisata Indonesia, kota utama di pulau Lombok ialah Mataram.
 
        Pulau Lombok memiliki pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti pulau gili air, gili meno, gili nanggu, pantai senggigi, di Lombok ini pantai paling terkenal dan terdapat di sebelah barat pulau Lombok. Di pantai ini wisatawan bisa merasakan nuansa pantai kuta Bali. Pantai ini juga tentunya memiliki pemandangan bawah laut yang indah, wisatawan bisa melihat dengan cara snorkling, ombak di pantai senggigi ini tidak terlalu besar , karena terumbu karang menjulang ketengah sehingga ombak besar akan pecah di tengah. Tidak jauh dari pantai senggigi ini juga terdapat batu bolong. Batu bolong adalah pura yang di bangun di atas karang dan terletak di tepi pantai. Ada pun wisata religi yang disebut makam batu layar, terdapat makam seorang tokoh atau ulama yang bernama Syahid Duhri Al hadad Al Hadrami.
 
        Pulau yang ada di sekitar pulau Lombok, Gili Nanggu ialah pulau kecil yang berterumbu karang dangkal. Ada pula Gili Air, pulau paling dekat dengan Lombok, fasilitas yang di sediakan di pulau ini sudah lengkap, seperti penginapan, cafe, restoran dan lainnya. Pada pagi dan sore hari kita bisa berjalan menikmati keindahan pasir yang putih dan birunya laut di bawah pohon bakau. Gili Meno, pulau terkecil, sunyi dan masih asri. Hamper seluruh bagian pulau air lautnya indah dan masih jernih, karena kesunyiannya, tempat ini cocok untuk dijadikan wisata untuk menenangkan diri dari hirupikuk perkotaan. Gili Trawangan, pulau terbesar di antara pulau gili tempat ini ialah tempat favorit bagi para wisatawan, di sepanjang pantai kita bisa melihat hamparan pasir yang putih dan bersih, air laut yang biru, udara yang segar, dan lukisan gunung agung di Bali.
 
 
B.     Pengaruh tempat wisata di sekitar Lombok bagi masyarakat sekitar.
 
        Masyarakat sekitar bisa membuka berbagai usaha seperti toko oleh-oleh, toko baju atau toko untuk peralatan renang atau warung-warung kecil. Masyarakat juga bisa menyediakan rumah atau membuka penginapan, selain itu juga masyarakat bisa menjadi seorang guide toure untuk para wisatawan dan juga bisa membuka tempat penyewaan sepedah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini