Selasa, 06 Oktober 2015

Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sosial_Tugas 4

Nama            : Adita Roro lastamimi
NIM               : 11150510000096
Jurusan        : Jurnalistik 1A
Mata Kuliah : Pengantar Sosiologi

"Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sosial"

  1. Taman Wisata Godong Ijo

Wisata edukasi Godong Ijo bisa dijadikan alternatif bagi masyarakat Jakarta yang sulit menemukan wisata alam di Jakarta. Di Godong Ijo, kita dapat menikmati pesona alam yang menyegarkan pikiran, program pendidikan dalam wisata yang memberikan pendidikan edukasi yang membangun, mendidik dan menyenangkan untuk para pengunjung. Wisata edukasi Godong Ijo ini terletak di Jalan Raya Cinangka No. 60 Km.10, Desa Serua, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Tempat ini menawarkan keseruan untuk anak- anak dan keluarga. Kita akan dimanjakan dengan berbagai macam kegiatan yang langsung berinteraksi dengan alam. Pastinya kegiatan yang mendidik ini sangat baik bagi anakanak. Memasuki kawasan Godong Ijo akan serasa memasuki hutan kecil di tengah kota. Disini banyak pohon tua langka yang rimbun serta masih banyak hewan-hewan alami seperti tupai, kadal, kodok yang terlihat melompat di antara pepohonan. Di Godong Ijo, kita dapat mengunjungi "Kebun Pendidikan (Education Farm), dimana tanaman dikelompokkan berdasarkan manfaatanya bagi kehidupan. Kelompok ini terbagi atas Zona Tanaman Pangan (Food Plants), Zona Tanaman Obat (Medicinal Plants), Zona tanaman rempah / bumbu (Herb Plants), Zona Tanaman Industri, Zona Tanaman Buah dan Zona Tanaman Unik dan Langka.

Meskipun hanya memiliki luas sekitar 3 hektar, tetapi kawasan ini sarat dengan keunikan flora dan fauna. Ada Ular Raksasa dengan panjang 8 meter lebih. Ada Ikan Raksasa Arapaima Gigas (Carniforus Fish) yang merupakan ikan purba dengan ukuran besar. Hati-hati ketika berada dekat dengan ikan ini karena ikan ini sangat menyukai daging dan bisa menerkam jika terlalu dekat ketika memberi makan. Ada Iguana besar dengan panjang sekitar 1,8 meter. Satwa yang paling unik dan menarik adalah Maskot Godong Ijo si Bagong, Kura-kura Raksasa terbesar kedua didunia, dengan panjang karapasnya mencapai 2 m dan bobotnya seberat 350 kilogram, usianya kini baru 21 tahun dan bisa mencapai 350 tahun.

Godong Ijo menyediakan berbagai macam kegiatan yang berhubungan langsung dengan alam. Yang pertama kita bisa merasakan suasana seru dengan menangkap belut bersama anak-anak. Tersedia kolam yang cukup luas yang berisi belut untuk ditangkap. Kegiatan ini sangat menyenangkan yang pastinya gelak tawa akan tercipta bersama anak- anak. Selain berbagai macam kegiatan mengenal alam lewat kegiatan Flora dan Fauna, orang tua bersama-sama anak dapat mencoba kegiatan Mencangkok Tanaman tanpa Tanah, Mengawinsilangkan Tanaman, Membuat dan Mewarnai Keramik, Membatik, Belajar Memasak, Menangkap Ikan, Memberi Makan dan Memandikan Kura-Kura Raksasa, Berinteraksi dengan berbagai jenis Reptil dan Mamalia. Begitulah fasilitas yang diberikan Taman Wisata Godong Ijo untuk wisatawan asing maupun lokal.

2. Pengaruh Dalam Kehidupan Sosial

Godong Ijo menyediakan 'family games' dimana kegiatan ini sangat mendidik dan berpengaruh pada wisatawan yang datang ya itu dapat  memberikan pendidikan edukasi yang sangat bagus untuk perkembangan anak. Membantu membentuk karakter anak saat mengikuti kegiatan di dalam Godong Ijo. Memberikan tempat rekreasi untuk keluarga yang sangat menyenangkan dan mendidik sehingga bisa Membantu membangun keharmonisan keluarga. Memberikan pengetahuan pada anak dan pengunjung tentang flora dan fauna di Indonesia sekaligus menjadi hiburan yang pas saat libur telah tiba. Banyak permainan yang bertujuan agar anak dan orangtua bisa bekerjasama dalam berkompetisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini