Selasa, 06 Oktober 2015

Ineike P_Jurnalistik 1A_Imajinasi Kenyamanan_Tugas 4

Ineike Pramestiya

11150510000117

Jurnalistik 1A

Imajinasi Kenyamanan Dan Pengaruh Dalam Kehidupan

 

A.    Gambaran Pantai Terbaya

Pantai Terbaya, pantai dengan ciri pasirnya berwarna hitam dan agak berbatu ini terletak di Desa Terbaya, Kecamatan Kotaagung timur, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Setiap pengunjung wajib membayar tiket masuk, bagi pengguna sepeda motor dan mobil dikenakan biaya sekitar Rp 15.000,- sampai dengan Rp. 25.000,-. Ada beberapa belokan-belokan tajam yang akan mengantar anda sampai ke tempat ini, juga pemandangan laut yang mengintip diantara perbukitan yang bisa anda nikmati saat memasuki wilayah Kotaagung yang memang letaknya di bawah kaki gunung Tanggamus. Di sekitar jalan juga di penuhi hutan dan perkebunan rakyat.

Pantai ini memang sedikit berbeda dari pantai pada umumnya yang memiliki pasir berwarna putih. Namun di pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam dan banyak bebatuan yang tersebar di sepanjang pantai ini. Walaupun demikian, kita masih bisa dengan nyaman menyusuri pantai, bermain pasir, mencari batu-batu unik dan berenang di tepi pantai. Namun hanya beberapa bagian pantai yang bisa digunakan untuk berenang dikarenakan ketinggian ombak yang bisa mencapai 1-2,5 meter dan pada saat tertentu bisa mencapai 7 meter.

Pantai Terbaya masih tergolong alami karena masih sangat minim fasilitas. Seperti untuk membilas tubuh saat selesai berenang hanya ada bilik-bilik kecil dengan pancuran air tawar. Juga kadang terlihat sampah berserakan karena pengunjung yang kurang memperhatikan kebersihan pantai maupun sampah laut yang terbawa oleh air laut menuju pantai. Pengunjung biasanya memadati pantai ini pada hari libur dan pada hari biasa akan terlihat sangat sepi meskipun kadang ada pengunjung yang mampir disela-sela perjalanannya menuju Lampung.

 

 

B.     Pengaruh Pantai Terbaya bagi Masyarakat

Warga sekitar memanfaatkan pantai ini untuk mencukupi kebutuhan ekonomi mereka dengan mencari cumbi sejenis kerang laut yang beberapa daerah menyebutnya dengan tutut dan menjualnya sebagai kudapan lezat di restoran-restoran disekitar pantai Terbaya ini selain mengkonsumsinya sendiri. Selain restoran, warga pun membuka warung-warung kecil. Warga juga memanfaatkan untuk sarana rekreasi di kala liburan tiba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini