Selasa, 06 Oktober 2015

MUHAMMAD BADRUZZAMAN - KPI 1A - IMAJINASI KENYAMANAN - TUGAS 4

Nama                                   : Muhammad Badruzzaman

Fakultas                               : Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Program Studi                       : Komunikasi Penyiaran Islam

Nim                                              : 11150510000041



DANAU SITU GINTUNG


 

 

            Salah satu wisata alam yang terdapat di daerah Tangerang Selatan ialah tempat wisata Situ Gintung. Sebenarnya, Situ Gintung bukanlah tempat rekreasi alam yang terbuat secara alami. Tetapi, sebuah danau kecil yang sengaja dibangun untuk menampung air hujan. Danau ini difungsikan sebagai sebuah bendungan untuk pengairan sawah dan ladang petani di sekitarnya. Situ Gintung berada di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten dengan luas sekitar 21.4 hektar.

            Pada hari Jum'at tanggal 27 bulan Maret 2009, terjadi tragedi jebolnya tanggul situ gintung atau danau gintung, tercatat lebih dari 40 orang meninggal dunia. Jebolnya tanggul situ gintung dikarenakan tanggul tersebut sudah tidak kuat lagi menahan volume air yang terus bertambah. Mulai sejak itu wisata alam Situ Gintung mendadak terkenal.

            Pemerintah setempat langsung melalukan perbaikan sekaligus renovasi terhadap danau situ gintung. Danau tersebut direnovasi sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat rekreasi gratis di daerah Tangerang Selatan.

            Sekarang ini danau Situ Gintung sudah dapat digunakan oleh masyarakat untuk berolahraga seperti joging, senam, bersepeda dan lain-lain. Pemandangan di sekitar danau Situ Gintung yang cukup indah membuat banyak orang yang tertarik untuk berjalan-jalan dan duduk-duduk disekitar danau. Bahkan ada beberapa orang yang melakukan kegiatan memancing di tepi danau Situ Gintung. Semua kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat ini tidak dipungut biaya sepeser pun.

            Banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarkat sekitar danau Situ Gintung setelah danau in direnovasi sebagai tempat rekreasi gratis. Seperti, khususnya pada hari Sabtu dan Minggu masyrakat sekitar dapat berjualan makanan atau minuman untuk para pengunjung disekitar danau Situ Gintung tanpa harus merusak lingkungan danau. Masyarakat juga dapat bertenak ikan di danau Situ Gintung yang lahannya sudah disediakan di sudut-sudut danau agar tidak menggangung pemandangan.

            Selain dampak positif ternyata ada juga dampak negatif yang timbul ketika danau Situ Gintung dijadikan tepat rekreasi gratis. Seperti, banyak remaja muda mudi yang berpacaran disekitar danau, banyak masyarakat yang tidak memperhatikan kebersihan dengan membuang sampah sembarang di sekitar danau bahkan membuang sampah kedalam danau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini