Selasa, 06 Oktober 2015

Ahmad Rizal_Profil Sosiolog, Teori, dan Pengaruhnya Ernest W Burgess_Tugas 4 Soskot

NAMA           : AHMAD RIZAL

NIM                : 11140540000012

PRODI           : PMI 3

 

1.      Kelahiran, Lingkungan tempat tinggal Ernest W. Burgess?

2.      Pendidikan dan Kehidupan Ernest W. Burgess?

3.      Karya Intelektual dan Penghargaan Ernest W. Burgess?

 

              

 
               Ernest Burgess Watson lahir pada 16 Mei 1886 di Tilbury, Ontario, Kanada ke Edmund J. Burgess dan Mary Ann Jane Wilson Burgess. Ayahnya adalah seorang pendeta di Gereja Congregational. Burgess menghadiri Kingfisher Tinggi di Oklahoma dan menerima gelar BA pada tahun 1908. Tahun berikutnya Burgess masuk ke Universitas Chicago sebagai mahasiswa pascasarjana di Departemen Sosiologi. Dia menerima gelar Ph.D. pada tahun 1913. Setelah beberapa tahun mengajar di beberapa sekolah Midwestern dan berkolaborasi dalam beberapa survei sosial, Burgess kembali ke Chicago dengan janji sebagai Asisten Profesor Sosiologi pada tahun 1916. Dia telah disebut pertama "sosiolog muda," karena semua profesor lain telah memasuki lapangan dari daerah profesional lainnya. Karirnya membentang lima dekade dari 1916-1957, ketika janji emeritus nya berakhir. Burgess tetap aktif beberapa tahun di luar pensiun ini, co-authoring teks pada Sosiologi Perkotaan dengan Donald Bogue hingga akhir 1963.
 
               Pada tahun 1927 ia mencapai status profesor penuh, dan pada tahun 1946 ia menjadi ketua departemen. Meskipun ia pensiun sebagai guru pada tahun 1951 pada usia pensiun wajib, ia tetap aktif dan digaji sebagai Ketua sampai 1952. Ia selama periode yang sama bahwa ia mendirikan Pusat Studi Keluarga, yang kemudian menjadi Keluarga dan Pusat Studi Masyarakat. Burgess aktif dalam berbagai organisasi profesional. Organisasi sosiologis yang mengarah ke mana ia terpilih sebagai Presiden termasuk American Sociological Society (1934), Asosiasi Riset Sosiologi (1942), dan Sosial Science Research Council (1945-1946). Ia mengambil alih jabatan direktur dari Perilaku Research Fund di Chicago dari Herman Adler, dari tahun 1931 sampai 1934. Pada tahun 1942 ia menjadi Presiden Konferensi Hubungan Keluarga Nasional pada, sebuah organisasi yang telah membantu mendirikan pada tahun 1938 setelah keterlibatannya dengan Gedung Putih Konferensi Kesehatan dan Perlindungan Anak.
 
               Peran editing Nya yang luas. Ia managing editor dari American Sociological Masyarakat dari 1921-1930, dan editor American Journal of Sociology 1936-1940. Sebagai Direktur Perilaku Research Fund, ia memiliki kesempatan untuk mengedit sejumlah monograf dari berbagai bidang ilmu-ilmu sosial, banyak yang diwakili merintis usaha di bidang masing-masing. Keterlibatannya dalam sejumlah organisasi khas lainnya berkisar dari sponsor untuk kepemimpinan. Di antaranya adalah Amerika Law Institute, Vincent Astor Foundation, Chicago Sensus Komite Penasehat, Chicago Urban League, Project di Area Chicago, Chicago Komisi Kejahatan, Komite Lima belas, Douglas Smith Dana, Illinois Komite Warga di Parole, Illinois Academy of Kriminologi, National Rekreasi Komisi, Kongres Internasional Kriminologi, dan The City Club.
 
               Leonard Cottrell menulis bahwa "Profesor Burgess bukan teoretisi sistematis tapi par excellence eklektik." Meskipun benar-benar "eklektik" pendekatan ke kamp teoritis dan metodologis, Burgess diterapkan semua perspektif yang berbeda untuk set yang sama kepentingan penelitian selama hampir lima dekade. Hal ini dapat dikatakan bahwa fitur yang benar-benar sistematis penelitiannya, yang dibedakan dari struktur teoritis yang lebih komprehensif didirikan oleh para pendiri awal sosiologi, adalah upaya untuk mengembangkan alat yang handal untuk prediksi fenomena sosial, misalnya, pelanggaran kenakalan, pembebasan bersyarat, perceraian, pertumbuhan kota, dan penyesuaian di usia tua.
 
               Penelitian empiris dikejar untuk tujuan prediksi terletak di dasar masing-masing Burgess 'proyek-proyek penelitian besar. Seperti Burgess menulis pada tahun 1929: "Prediksi adalah tujuan dari ilmu-ilmu sosial seperti ilmu-ilmu fisik." Cottrell menulis bahwa "penekanan, oleh karena itu, tidak pada pengujian hipotesis teoritis berasal begitu banyak seperti pada identifikasi prediktor efisien." Demi meningkatkan prediksi, selain statistik dan "analisis faktor," Burgess terus didukung lebih "subjektif" metode studi kasus dan penggunaan dokumen pribadi. Burgess membela studi kasus yang sebenarnya sendiri secara rinci, tidak hanya dari statistik, tapi sama dari "teori" yang berusaha untuk melambangkan dan mengklasifikasikan orang. Seperti Burgess menulis dalam "The Family dan Person" (1928), mengakui semua ini dan kritik lainnya yang mungkin timbul, ada jenis tertentu dari pengetahuan atau pemahaman yang berasal dari pemeriksaan dokumen pribadi yang satu tidak mendapatkan di disertasi tentang asal-usul dan sifat kepribadian, maupun dari psikologis, psikiatri, atau klasifikasi psikoanalitik tipe kepribadian.
Sepanjang karirnya Burgess berpartisipasi dalam upaya untuk mempromosikan kolaborasi spesialis dari semua bidang ilmu sosial yang berbeda untuk bekerja sama dalam proyek penelitian bersama. Tugas akhir untuk belajar usia tua ditandai ini dengan menggabungkan upaya medis dokter, psikiater, psikolog, antropolog, sosiolog dan dalam upaya all-inclusive tunggal.
 
               Karir Ernest Burgess 'membentang semua tahap pengembangan sosiologi di Chicago. Dimulai dengan tahun-tahun awal di mana sosiologi dan antropologi yang menikahi di departemen yang sama, untuk pengembangan pusat penelitian khusus untuk fenomena sosial kontemporer, misalnya, Keluarga dan Masyarakat Pusat Penelitian dan Inventarisasi Chicago Komunitas, pengaruh Burgess 'membantu untuk mempertahankan seri berorientasi empiris yang kuat dari proyek penelitian dan disertasi. Ernest Burgess Watson meninggal pada 27 Desember 1966. Dia berumur 80 tahun.
 
Burgess, Ernest Watsons. Makalah, Koleksi Khusus Pusat Penelitian, Universitas Chicago Perpustakaan, 1100 East 57th Street, Chicago, IL 60637.
 
Dalam bukunya tahun 1951, Amerika Sosiologi: The Story of Sosiologi di Amerika Serikat melalui 1950, Howard W. Odum disediakan berikut sketsa biografi Ernest Watson Burgess (halaman 168-171):
 
               Dari sosiolog senior yang Amerika yang lahir di luar perbatasan Amerika Serikat, empat menjadi presiden dari American Sociological Society. Ini semua kepala atau ketua departemen di universitas-universitas Amerika: James T. Dealey di Brown, EW Burgess di Chicago, RM Maclver di Columbia, dan Louis Wirth di Chicago. Pimpinan departemen di lembaga terbesar di Amerika yang tidak asli termasuk Pitirim Sorokin, ketua di Harvard, Maurice Davie dari Yale, dan Paul Lazarsfeld dari Columbia.
 
               Ernest W. Burgess, presiden dua puluh empat dari Masyarakat, lanjut University of Chicago suksesi, setelah menerima gelar Ph.D. gelar di tahun 1913, dua puluh tujuh tahun setelah kelahirannya di Ontario, Kanada, pada tahun 1886. Dia datang ke Universitas Chicago dengan cara Oklahoma, lulus pada tahun 1908 dari Kingfisher College, dan dari Ohio di mana dia adalah instruktur di Toledo Universitas pada tahun 1912 -13. Sebelum kembali ke Universitas Chicago di mana "Park dan Burgess" menjadi pasangan paling terkenal dari sosiolog Amerika di dunia buku, ia menjadi asisten profesor sosiologi di Kansas 1913-1915, dan di Ohio State di 1915-1916. Dia kemudian asisten profesor di Chicago 1916-1921, profesor 1921-1927 dan profesor sejak tahun 1927.
               Seperti rekan-rekannya di Chicago dan di universitas perkotaan lainnya ia dipanggil untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di bidang terkait erat usaha. Dia bertindak direktur dan direktur Perilaku Research Fund of Chicago dari tahun 1930 sampai 1939. Dia adalah sekretaris Chicago Area Project, 1934-1943; Sekretaris Konferensi Hubungan Keluarga Nasional pada, 1938-1941; Presiden pada tahun 1942. Dia adalah anggota dari Chicago Rekreasi Komisi, Komisi Kejahatan Chicago, dan Asosiasi Warga Chicago. Sebelum terpilih sebagai presiden dari American Sociological Society, dia sekretaris-bendahara 1921-1930, dan ia adalah editor dari Jurnal Amerika Sosiologi dari 1936 ke 1940. Dia adalah anggota dari Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan, Amerika statistik Association, Sosiologi Re-search Association (presiden, 1942), Ilmu Sosial Research Council (ketua, 1945-1946), Amerika Asosiasi Pekerja Sosial, Asosiasi Hygiene Mental.
 
               Kembali sekarang untuk pernyataan sebelumnya di mana Taman dan Burgess yang ditampilkan, nampaknya Pengantar teks mereka untuk Ilmu Sosiologi, yang diterbitkan pada tahun 1921, adalah teks sosiologi yang paling berpengaruh dari setiap yang telah ditulis dan mungkin dari setiap yang belum telah diterbitkan. Ini benar dalam beberapa cara. Di tempat pertama, buku segera merebut kembali tradisi Chicago untuk tubuh yang besar lulusan sosiologi dan menjadi "Alkitab Sosiologi" untuk mereka semua. Artinya, buku Taman dan Burgess adalah kontribusi besar dari lokakarya dari sosiolog Chicago layak Kecil dan Vincent dan Thomas dan membawa ilmu sosiologi jauh melampaui tahap lanjutan mereka. Buku itu terorganisasi dengan baik dan matang dan komprehensif yang, meskipun itu dimaksudkan sebagai teks pengantar, itu biasanya diperlukan dari semua mahasiswa pascasarjana di kelas diajarkan oleh Chicago alumni. Ini menempatkan bersama-sama konsep proses sosial, mengandalkan pekerjaan, tidak hanya dari awal Kecil, tapi dari Cooley dan Ross. Hanya Ross telah mendekati kelengkapan perlakuan terhadap interaksi sosial dan proses sosial. Bertahun-tahun kemudian, dan terus menerus, teks-teks seperti Kimball Young terus mengembangkan dan beradaptasi elemen dalam teks ini, dan banyak siswa dari kelompok ras dan minoritas menarik pada konsep-konsep konflik, akomodasi, asimilasi, akulturasi, penggabungan, bahkan sebagai Taman sendiri , seorang mahasiswa dari hubungan ras, berusaha untuk memanfaatkan konsep mereka.
               Burgess juga bekerja sama dengan Taman Kota pada tahun 1925. Buku ini, sementara sebagian besar rekaman hasil studi saat ini, juga pelopor dalam bidang baru ekologi manusia sedang dikembangkan di University of Chicago. Ini, sekali lagi, mengatur kelompok Chicago dalam rentang baru kepemimpinan, yang dilanjutkan selama bertahun-tahun dalam studi perkotaan. McKenzie di Michigan, Wirth di Chicago, Hollingshead di Indiana dan Yale melanjutkan suksesi langsung, sementara puluhan sosiolog muda membuat "studi ekologi" yang, meskipun sering sedikit lebih dari studi tentang distribusi spasial dari fenomena di kota, namun dibangun prestise dan mengikuti kelompok Chicago sedemikian rupa bahwa Bernard kemudian adalah untuk memimpin sebuah revolusi melawan pengaruh kuat. Dalam banyak hal dapat dikatakan bahwa titik-titik kuat dari Burgess yang dapat ditemukan dalam pekerjaannya sebagai kolaborator, dalam kapasitas hampir tak terbatas dan akan bekerja sama dan dalam upaya tak kenal lelah ke arah mahasiswa, dalam pertemuan dengan komite dan kelompok aksi , dalam kapasitasnya sebagai editor, dan dalam memproyeksikan studi dan program kerja. Hampir kurang definitif, dalam hal ini segera peringkat Burgess di atas sosiolog memanfaatkan cara tujuan baru pengukuran, adalah Sukses nya Memprediksi atau Kegagalan di Pernikahan, bekerjasama dengan Leonard Cottrell dari Cornell yang menjadi presiden dari American Sociological Masyarakat pada tahun 1950. kolaborasi lainnya termasuk Kepribadian dan Kelompok Sosial dengan Herbert Blumer; The Belleville Survey dengan J. J. Sippy; Lawrence Survey dengan F. W. Blackmar.
 
               Sebagai produk dari pertemuan 1934 dari American Sociological Masyarakat yang dia adalah presiden tahun itu, Burgess diedit dan dipublikasikan Proceedings pada tahun 1935 dengan judul, "The Human Side Perencanaan." Dalam buku ini muncul alamat presiden yang berjudul "Perencanaan Sosial dan Mores," di mana ia menyimpulkan bahwa adat istiadat dan latar belakang dari Amerika itu sedemikian rupa sehingga perencanaan demokratis dapat dicapai dan bahwa Amerika Serikat mungkin sehingga memimpin dunia bangsa-bangsa. Pidato ini ditujukan kepada era New Deal dan karena itu agak kenabian dari kebutuhan untuk perencanaan dalam rangka "satu dunia" yang berkembang setelah Perang Dunia II
Dengan cara ex-officio Burgess telah mempertahankan tempatnya di pengaruh pada sosiologi Amerika dalam beberapa cara. Dia adalah co-penulis yang paling berpengaruh dari semua buku pelajaran umum, dia editor jurnal Amerika Sosiologi, berikut Kecil dan Faris; dia ketua departemen paling produktif Amerika sosiologi, bersama dengan Faris dan Ogburn; dan dia murah hati dalam jasanya pada komite dan komisi dan memiliki kemauan baik dari rakyat profesional di berbagai bidang. Jasa sukarela sebagai sekretaris dari American Sociological Masyarakat selama bertahun-tahun belum menyamai.
 
               Kontribusi Burgess 'mungkin dikatakan tentang merata di setengah lusin daerah. Pertama, teori dan konsep sosiologinya dapat diringkas hanya dalam pernyataannya bahwa "dari filsafat sosiologi masyarakat yang muncul dalam ilmu masyarakat." Burgess umumnya dikreditkan dengan sebagian besar pekerjaan menyelesaikan Taman dan Burgess magnum opus, sementara Park seharusnya telah menyiapkan kerangka utama referensi dan garis. Di daerah kedua, yaitu dalam studi perkawinan dan keluarga dan di partisipasinya dalam upaya organisasi keluarga lokal dan nasional, pekerjaan Burgess 'kemudian dikenal sebagai salah satu sumber khusus di bidang ini. Sekitar seperempat dari artikel yang diterbitkan berada di bidang ini. Area khusus ketiga adalah di bidang kenakalan di mana sekitar seperlima dari artikel nya diterbitkan, dan di mana ia melakukan pelayanan yeoman di komite, konferensi, dan organisasi. Bidang keempat adalah studi kepribadian dalam kaitannya dengan penyesuaian sosial, bidang di mana, lagi, sekitar seperlima dari artikel nya diterbitkan.
 
               Burgess kontribusi sekitar sepuluh artikel penelitian dan metodologi, selain beberapa orang lain yang berkaitan dengan metode dalam pekerjaan sosial, kriminologi, dan studi masyarakat, selain bab tentang "Penelitian Sosial" di Twentieth Century Sosiologi, diringkas dalam Bab 15 buku ini. Dia menulis tidak kurang dari enam artikel yang berhubungan dengan keterkaitan pekerjaan sosial dengan sosiologi dan menyumbang sejumlah sketsa biografi, termasuk satu di Frank W. Blackmar.
 

4.      Pengaruh Teori Sosiologi?

5.      Contoh jika teori digunakan untuk menganalisis kota?

Teori konsentrik yang diciptakan oleh E.W. Burgess ini didasarkan pada pengamatanya di Chicago pada tahun 1925, E.W. Burgess menyatakan bahwa perkembangan suatu kota akan mengikuti pola lingkaran konsentrik, dimana suatu kota akan terdiri dari zona-zona yang konsentris dan masing-masing zona ini sekaligus mencerminkan tipe penggunaan lahan yang berbeda. (Sabari Yunus, 2000)

 

Keterangan :

1)      Daerah pusat bisnis atau The Central Bussiness District (CBD)

2)      Daerah Transisi atau The Zone of Transition

3)      Daerah pemukiman para pekerja atau The Zone of Workkingmen's homes

4)     Daerah tempat tinggal golongan kelas menengah atau The Zone of Middle Class Develiers

5)      Daerah para penglaju atau The Commuters Zone

Menurut E.W. Burgess dalam Johara T. Jayadinata (1999;130) karakteristik masing - masing zona dapat diuraikan sebagai berikut:

Zona 1: Daerah Pusat Bisnis

Zona ini terdiri dari 2 bagian, yaitu: (1) Bagian paling inti disebut RBD (Retail Business District). Merupakan daerah paling dekat dengan pusat kota. Di daerah ini terdapat toko, hotel, restoran, gedung, bioskop dan sebagainya. Bagian di luarnya disebut sebagai WBD (Wholesale Business District) yang ditempati oleh bangunan yang diperuntukkan kegiatan ekonomi dalam jumlah yang lebih besar antara lain seperti pasar, pergudangan dan gedung penyimpan barang supaya tahan lebih lama.

Zona 2 : Daerah Transisi

Adalah daerah yang mengitari pusat bisnis dan merupakan daerah yang mengalami penurunan kualitas lingkungan pemukiman yang terus menerus. Daerah ini banyak dihuni oleh lapisan bawah atau mereka yang berpenghasilan rendah.

Zona 3 : Daerah pemukiman para pekerja

Zona ini banyak ditempati oleh perumahan pekerja-pekerja pabrik, industri. Kondisi pemukimanya sedikit lebih baik dibandingkan dengan daerah transisi. Para pekerja di sini berpenghasilan lumayan saja sehingga memungkinkan untuk hidup sedikit lebih baik.

Zona 4 : Daerah pemukiman yang lebih baik

Daerah ini dihuni oleh kelas menengah yang terdiri dari orang-orang yang profesional, pemilik usaha/bisnis kecil-kecilan, manajer, para pegawai dan lain sebagainya. Fasilitas pemukiman terencana dengan baik sehingga kenyamanan tempat tinggal dapat dirasakan pada zona ini.

Zona 5 : Daerah para penglaju

Merupakan daerah terluar dari suatu kota, di daerah ini bermunculan perkembangan permukiman baru yang berkualitas tinggi. Daerah ini pada siang hari boleh dikatakan kosong, karena orang-orangnya kebanyakan bekerja.

Ciri khas utama teori ini adalah adanya kecenderungan, dalam perkembangan tiap daerah dalam memperluas dan masuk daerah berikutnya (sebelah luarnya). Prosesnya mengikuti sebuah urutan - urutan yang dikenal sebagai rangkaian invasi (invasion succesion). Cepatnya proses ini tergantung pada laju pertumbuhan ekonomi kota dan perkembangan penduduk. Sedangkan di pihak lain, jika jumlah penduduk sebuah kota besar cenderung menurun, maka daerah disebelah luar cenderung tetap sama sedangkan daerah transisi menyusut kedalam daerah pusat bisnis. Penyusutan daerah pusat bisnis ini akan menciptakan daerah kumuh komersial dan perkampungan. Sedangkan interprestasi ekonomi dari teori konsentrik menekankan bahwa semakin dekat dengan pusat kota semakin mahal harga tanah.

 

Contoh Penerapan Teori Konsentrik Di Indonesia

Pertumbuhan dan pertambahan jumah kota di Indonesia menjalani sejarah yang cukup panjang. Jumlah kota terus bertambah. Jumlah penduduk kota, terutama di beberapa kota besar tertentu berkembang sangat cepat, baik karena pertambahan alamiah, tetapi terutama sebagai akibat urbanisasi. Beberapa kota tertentu juga mengalami pertumbuhan dan pemekaran yang cukup cepat.

Pembenahan kota di Indonesia yang kurang memadai atau agak dilalaikan selama ini , menimbulkan gejolak sosial khusus. Kota tiba – tiba seolah kebingungan menghadapi berbagai tekanan dan tantangan baru. Pembangunan yang hanya bersifat komersil menjadi salah satu dilema pembangunan di Indonesia saat ini, gambaran akan pentingnya pembangunan kota yang sesuai dengan peruntukan wilayahnya sering kali melenceng, pembangunan menjadi timpang tindih karena bangkitan arus transportasi akibat dari tata guna lahan yang tidak sesuai bisa saja terjadi jika pembangunan bangunan komersil tersebut tidak di barengi dengan pembangunan moda sarana transportasi yang memadai.

Perkembangan kota hendaknya mengikuti wilayah peruntukannya, agar peruntukannya tepat guna, hal ini di landasi oleh teori konsentrik yang diciptakan oleh E.W. Burgess yang didasarkan pada pengamatanya di Chicago pada tahun 1925, E.W. Burgess menyatakan bahwa perkembangan suatu kota akan mengikuti pola lingkaran konsentrik, dimana suatu kota akan terdiri dari zona-zona yang konsentris dan masing-masing zona ini sekaligus mencerminkan tipe penggunaan lahan yang berbeda.

Jika dikaitkan antara teori konsentrik beserta zona-zona, dapat diambil salah daerah yaitu Jakarta yang memiliki kesamaan dengan teori. Konsentrik berdasarkan zona-zonanya yang ada. Berdasarkan dapat diuraikan sebagai berikut:

a)      Zona 1: Daerah Pusat Bisnis

Jika dikaitkan dengan zona 1 sebagai daerah pusat bisnis, seperti daerah Jakarta yang memiliki salah satu daerah pusat bisnis yang terkenal yaitu Mangga 2 Town Square. Dimana aktivitas ekonomi berlangsung setiap hari mulai dari pedagang kaki lima yang berjualan setiap hari di pinggir jalan daerah Mangga 2 Town Square, ada juga kios-kios dan hotel-hotel yang menyediakan jasa penginapan bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

b)      Zona 2 : Daerah Transisi

Daerah transisi yang dimaksudkan adalah daerah tempat orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal. Misalnya saja para pengemis yang tinggal dibawah kolong jembatan sungai Ciliwung, mereka yang tinggal disana karena tidak memiliki harta benda, dan hidup mereka sangat memprihatinkan karena dilingkungan daerah sungai Ciliwung tersebut daerahnya sudah mengalami penurunan kwalitas lingkungan seperti sungainya yang dulu airnya bersih dan ikan yang ada disana masih bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi oleh para pengemis dan belum terkontaminasi dengan logam berat. Tetapi sekarang pada kenyataannya sungai tersebut sudah tercemar berat baik dari sampah anorganik maupun organik dan ada yang mengendap mengeluarkan bau tak sedap, serta warna airnya keruh dan ikannya sudah terkontaminasi dengan logam berat.

c)      Zona 3 : Daerah permukiman para pekerja

Misalnya para buruh atau tenaga kerja yang bekerja di daerah Menteng Jakarta Pusat, dengan hasil upah yang diterima selama bekerja para buruh tersebut mampu menyewa tempat tinggal atau perumahan yang sederhana yang tidak begitu jauh dari lokasi tempat bekerja.

d)     Zona 4 : Daerah pemukiman yang lebih baik

Daerah permukiman yang lebih baik misalnya daerah kompleks perumahan kelapa gading dimana daerah ini hanya ditempati oleh orang-orang yang berpenghasilan menengah keatas seperti para pengusaha yang memiliki beberapa saham di perusahaan yang ada di Jakarta, manajer, dan pegawai.

e). Zona 5 : Daerah para penglaju

Depok merupakan salah satu daerah penglaju di Jakarta, dimana daerah ini memiliki jumlah penduduk yang padat dan memiliki beragam jenis pekerjaan dan kwalitas tempat tinggal yang berbeda tergantung hasil pendapatan dari jenis pekerjaan yang dimiliki. Selain itu arus lalulintas juga padat sehingga sering terjadi kemacatan di jalan daerah Depok. Dengan jumlah penduduk yang padat kebanyakan masyarakat depok masuk kebagian pusat kota Jakarta untuk mengadu nasib mencari pekerjaan untuk menunjang perekomomian masyarakat Depok.

DAFTAR PUSTAKA :

George Ritzer & Douglas J. Goodman. 2007. TEORI SOSIOLOGI MODERN. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Raho, Bernard SVD. 2007. Teori Sosiologi Modern. Jakarta : Prestasi Pustakaraya

http://www.asanet.org/about/presidents/Ernest_Burgess.cfm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini