Selasa, 06 Oktober 2015

Tugas 4

Nama  : Ifna Maulida

Nim     : 11150510000144

Jurnalistik 1A

Pengantar Sosiologi

 

"Imajinasi kenyamanan dan pengaruhnya dalam kehidupan sosial"

 

A.    TEMPAT WISATA KOTA INDRAMAYU

Kabupaten Indramayu atau yang sering disebut Kota Mangga adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Indramayu. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang, serta Kabupaten Subang di barat. Kabupaten Indramayu terdiri atas 31 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Indramayu, yang berada di pesisir Laut Jawa.

Kabupaten  Indramayu tidak boleh dipandang sebelah mata dalam hal pariwisata. Indramayu mempunyai obyek wisata menarik tetapi biasanya hanya terkenal saat lebaran saja, karena banyak televisi dan media online yang menginformasikan kepadatan lalu lintas di jalur pantura (Pantai Utara) Indramayu. Kabupaten Indramayu merupakan daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup potensial karena kekayaan alam, tradisi, seni dan budaya serta sejarah.

Letak Indramayu yang berada di pesisir pantai memiliki daya tarik tersendiri sebagai daerah wisata. Beberapa potensi pariwisata telah dikembangkan namun masih banyak yang belum tergarap secara maksimal padahal potensi-potensi tersebut merupakan asset daerah sebagai daya tarik investasi di bidang pariwisata. Indramayu sebenarnya memiliki potensi obyek wisata yang menarik dari pemandangan alam seperti pantai, situ dan pulau, hingga wisata buatan seperti kolam renang atau sarana hiburan serta wisata sejarah. Informasi ini mungkin sangat bermanfaat saat mengisi liburan di Indramayu.

Selain wisata alamnya yang begitu indah dan mempesona yang membuat orang terbelalak bila melihatnya, di indramayu juga  ada tempat - tempat menarik yang tidak kalah dari wisata lainya yaitu wisata kota indramayu.
Wisata kota indramayu ini merupakan tempat - tempat yang paling di rekomendasikan sekali apabila berkunjung ke kota indramayu. Tempat tempat wisata kota indramayu itu adalah :

a)    Alun-alun 
Merupakan Pusat Kota atau biasa disebut Alun-alun Indramayu, sekaligus sebagai pusat penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan biasanya alun – alun semakin ramai kalau musimnya liburan panjang atau menjelang sore hari kawasan ini menjadi ramai terutama malam minggu kawasan ini menjadi ramai dikunjungi terutama oleh kawula muda, biasanya alun – alun kalau sudah menjelang malam sering ada mobil – mobil karnaval yang dihiasi dengan lampu warna – warni atau dibentuk sekreatif pemiliknya. Dan tentu saja banyak penjual – penjual makanan yang bisa dijadika wisata kuliner juga di alun – alun Indramayu ini. Pusat kota Indramayu yang dulunya dilintasi oleh sungai Cimanuk yang kini telah berubah menjadi taman kota. Bekas sungai Cimanuk ini merupakan salah satu bukti sejarah pada awal masa pembangunan pedukuhan dimuara sungai Cimanuk oleh Raden Aria Wiralodra yang kini bernama Indramayu.

 

b)    TuguMangga
Tugu Mangga ini berbentuk dua manga yang sangat besar yang terletak dipersimpangan lima jalan masuk kota Indramayu dari arah Jakarta. Tugu ini menggambarkan bahwa Kota Indramayu sebagai penghasil mangga yang menjadi trade mark Kabupaten Indramayu.

 

c)    Masjid Agung

Merupakan karya arsitek beretnis China dimana Masjid Agung ini terletak di pusat Kota berdampingan dengan Pusat Pemerintahan/ Pendopo Indramayu. Yang juga tidak jauh dari tempat wisata alun – alun indramayu, Masjid Agung dan Pendopo Pemkab telah ada semenjak tahun 1820. Khusus untuk pendopo, pada masa itu berfungsi sebagai kantor kademangan. Pendopo menjadi pusat pemerintahan fase kedua dalam sejarah Indramayu. Masjid Agung Indramayu menjadi pusat ibadah kaum muslimin dan muslimat Indramayu dalam menjalankan ibadah. Bahkan, setiap tahunnya, Masjid Agung menjadi tempat salat ied bagi sebagian masyarakat Indramayu dan para pedagang pendatang kala itu.

 

B.    PENGARUH TEMPAT WISATA KOTA INDRAMAYU BAGI MASYARAKAT SEKITAR

Pengaruh dari tempat wisata kota Indramayu bagi masyarakat sekitar, pasti ada dampak yang terjadi bagi masyarakat sekitar. Entah dari ekonomi yang terjadi, karena pasti masyarakat sekitar bisa dibilang dapat memperoleh keuntungan di tempat wisata. Karena banyaknya peluang bisnis yang dapat diperoleh didalam tempat wisata ini dan pasti kebanyakan yang menjual dagangan disana penduduk atau masyarakat asli Indramayu, sudah pasti itu menjadi keuntungan. Pengaruh sosial dan budayanya bisa saja dengan bertemunya atau membaurnya orang – orang penduduk asli dengan wisatawan yang berkunjung kesana dan kita sebagai wisatawan jadi tahu sejarah atau budaya apa saja yang pernah terjadi ditempat wisata tersebut yang diberitahu oleh penduduk aslinya.

Pengaruh lainnya mungkin kota Indramayu bisa semakin banyak dikenal dengan wisatanya yang banyak dan indah – indah juga, dan semakin banyak orang – orang yang ingin berkunjung ke kota mangga tersebut. Karena selama ini Indramayu hanya dikenal sebagai penghasil mangga yang banyak, tapi sebenarnya dibalik penghasilan mangga yang melimpah ini indramayu juga mempunyai tempat wisata yang tidak kalah kerennya dari kota – kota lainnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini