Selasa, 06 Oktober 2015

Salsabila A/Jurnalistik 1A/Kenyamanan dan Pengaruh


Salsabila Azhar

11150510000042

Jurnalistik 1A


Jalan Braga Bandung





Siapa yang tak kenal dengan Jl. Braga di Bandung ? Jalan sepanjang kurang lebih 700 Meter yang masih mempertahankan nuansa jaman belanda dulu, yang menjadi salah satu maskot kota Bandung. Sebuah jalan kecil dengan pemukiman yang sunyi yang dahulu dinamakan 'Jalan Culik' pada tahun 90-an, namun seiring bertambahnya tahun Jl. Braga mulai didatangi usahawan-usahawan yang awalnya berasal dari Belanda, mulai dari toko-toko, Bar, toko onderling, sampai butik-butik dari Paris.

Tempat Wisata Jalan Braga Bandung berkonsep One Stop Holiday di pusat Kota Bandung ini merupakan pusat keramaian dan bisnis utama di kota Bandung.sejak zaman pendudukan Belanda di indonesia atau pada ,zaman kolonials,Jalan Braga Bandung sudah dijadikan sebagai jalanan protokoler di kota Bandung,sebagai terusan jalan utama dari arah Gedung Konferensi Asia Afrika.

Jalan Braga Bandung sekarang dengan dahulu jelas berbeda tapi tetap sama.Berbedanya adalah infrastruktur bangunan serta kehidupan masyarakatnya sekarang berada di zaman modern,dan sama nya adalah suasana tempat dan sejarah yang selalu melekat dengan tempat ini,sebagai pusat mode dan tempat ekslusif bagi tempat wisata di kota Bandung.

Adalah Braga City Walk,sebuah kawasan terpadu atau biasa dengan sebutan istilah One Stop Holiday merupakan citra dari Jalan Braga Bandung sekarang.Braga City Walk sebuah kawasan yang berkonsep gabungan dari beberapa pusat keramaian seperti Shopping Mall Bandung, Kondominium, maupun Bandung Hotel. Di sekitar Braga City Walk sendiri banyak terdapat bangunan kuno yang kerap dijadikan sebagai backgorund berfoto-foto, terutama bagi mereka yang datang ke Bandung dan ingin mengabadikan momen-momen penting.

Di Sekitar Jalan Jalan Braga Bandung ini pula, anda bisa mengunjungi lokasi wisata yang tak kalah menariknya karena dengan berjalan kaki pun anda bisa menjangkaunya sambil menikmati kota bandung.Di sekitar kawasan Jalan Braga terdapat pula tempat-tempat menarik lainnya untuk di kunjungi seperti Gedung Merdeka Bandung, Alun-alun Bandung, Mesjid Agung Bandung, dan tempat-tempat asik lainnya.



Analisis Pengaruh Jalan Braga Terhadap Kehidupan Sosial


Menurut saya, Jl. Braga adalah salah satu pendongkrak ekonomi masyarakat Bandung. Selain terciptanya lapangan kerja, dengan adanya Jl. Braga masih banyak masyarakat yang bisa berdagang dan masih mempunyai lahan usaha. Selain itu juga, Jl. Braga masih melestarikan peninggalan-peninggalan jaman Belanda dulu yang dapat menjaga sejarah dan juga hal ini menjadi daya tarik turis lokal ataupun mancanegara dan menjadikan nilai jual sendiri untuk Indonesia khususnya Bandung.

Tapi diluar itu semua, Jalan Braga juga dipenuhi kehidupan malam yang membuat masyarakat risih dan juga muncul konflik kecil. Dari Jl. Braga pula muncul sebutan Kota Bandung adalah sebagai Kota Kembang karna kehidupan malamnya yang kurang sehat dan menyampingkan norma-norma sosial. Selain tumbuhnya ekonomi dengan munculnya berbagai usaha tapi banyak juga klub-klub malam yang bermunculan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini