Selasa, 06 Oktober 2015

TiyniWahazalBaladilAmiyni_ImajinasiKenyamananDanPengaruhnyaDalamKehidupanSosial_KPI1B_TUGASKE4

Tiyni Wahazal Baladil Amiyni
(11150510000087)
KPI 1B
Imajinasi  kenyamanan dan pengaruhnya dalam kehidupan  sosial
Gambarkan Tempat wisata-wisata di Indonesia ........
1.     Jembatan sungai kahayan di Palangkaraya,Indonesia
Inline image

                
Jembatan Kahayan merupakan landmark (icon) Kota Palangkaraya, Propinsi Kalimantan Tengah Jembatan Kahayan membelah Sungai Kahayan dan menghubungkan Kota Palangkaraya dengan 4 kabupaten : Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Jaya.
Manfaat  jembatan kahayan itu sendiri bagi masyarakat setempat tentunya dapat dijadikan tempat rekreasi para pengunjung dapat menikmati keindahan alam kota Palangkaraya ,pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya samasekali karena gratis.Melihat banyak nya pengunjung yang berkunjung ketempat ini banyak warga yang memanfaatkan tempat tersebut untuk membuka rumah makan tentunya hal tersebut berdampak positif bagi masyarakat yang dapat melihat peluang usaha tersebut seperti berjualan makanan .
Selain berpengaruh dalam hal ekonomi tempat tersebut juga berguna sebagai alat transportasi karena jembatan kahayan itu sendiri yang dapat menghubungkan kota Palangkaraya dengan 4 kabupaten , hal itu tentu memudahkan warga setempat untuk berpergian . sungai kahayan tersebut dimanfaatkan sebagian orang untuk mencari ikan dan dapat dijual kembali karena lingkungan sungai tersebut sangat terawat dan bersih yang memungkinkan ikan dapat hidup diperairan tersebut.
Menurut saya tempat ini sangat layak dijadikan tempat rekreasi karena tempat tersebut sangat indah dan juga bebas dari sampah. Jembatan kahayan merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Indonesia yang sangat indah namun tempat tersebut belum banyak dilirik oleh turis asing karena mungkin pemerintah kota Palangkaraya kurang mempromosikan tempat tersebut padahal seperti yang saya lihat tempat tersebut tidak kalah indah dengan pantai kuta bali yang lebih banyak dilirik para turis asing .
 
 
2.      Objek wisata janjang seribu Sulit air, Solok
 Inline image
 
Janjang seribu adalah seribu tangga yang dibuat untuk mencapai puncak gunung merah putih dan sangat cocok dijadikan tempat wisata di Sumatera Barat tepatnya di daerah Sulit Air.
 
Janjang seribu adalah sebutan untuk seribu tangga yang dibuat khusus untuk mencapai gunung merah putih.  Tempat tersebut cocok dijadikan tempat wisata bagi keluarga ataupun kerabat namun untuk mencapai puncak gunung kita harus menempuh janjang seribu yang cukup menyita waktu akan tetapi kita dapat memanfaatkan moment tersebut sambil melihat lihat keindahan gunung merahputih warga setempat juga sering berkunjung ke tempat ini sambil menikmati keindahan gunung merahputih kita bisa berolahraga karena berjalan jauh untuk sampai kepuncak gunung. Tempat wisata ini tentu sangat berpengaruh bagi warga setempat untuk di berekreasi dan berolahraga bukan hanya itu saja Jika Janjang Seribu lebih dikembangkan lagi, maka bisa menjadi sarana penggerak perekonomian masyarakat setempat. Hasil-hasil pertanian tentunya akan mudah dipasarkan. Selain ini penghasilan masyarakat setempat melalui seni kerajinan juga akan meningkat jika diimbangi dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini.
 
Janjang Seribu bisa menjadi primadona unggulan di Sumatera Barat. Berbeda halnya dengan realita saat ini dimana untuk menuju daerah sulit air pun tidak terlalu mudah dan belum ada penginapannya yang berada di daerah ini. paling pengunjung hanya bisa menginap di Solok dan mempunyai kendaraan sendiri untuk menuju Sulit Air.Potensi wisata di daerah Sulit Air memang bisa lebih dikembangkan lagi. Selain menggerakkan perekonomian penduduk setempat, hal ini juga bisa menjadi variasi dan alternatif tempat wisata bagi orang-orang yang ingin berlibur ke tempat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini