Selasa, 06 Oktober 2015

Ayu Kurniasih_Imajinasi kenyamanan

Nama               : Ayu Kurniasih

NIM                : 11150510000005

Jurusan            : Jurnalistik I/A

Tugas 3

 

Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah salah satu tempat wisata berbayar di Bandung, tepatnya di Ciwidey yang berada di ketinggian 1600 mdpl. Nama situ patenggang sendiri berasal dari bahasa sunda, yakni situ yang berarti danau dan patenggang/patengan yang memiliki arti saling mencari. Penamaan objek wisata tersebut didasari dari sebuah sejarah/cerita munculnya situ patenggang.

            Awal cerita terbentuknya tempat tersebut yakni tentang adanya satu pasangan, Dewi Rengganis dan Ki Santang yang saling mencintai satu sama lain namun harus terpisah untuk beberapa waktu. Keduanya kemudian bertemu kembali di sebuah tempat yang sekarang ini dikenal sebagai batu cinta (berada di tepi danau). Setelah keduanya bertemu, dewi Rengganis pun meminta kekasihnya untuk membuatkan sebuah perahu yang kemudian perahu tersebut digunakan oleh mereka untuk mengelilingi danau.

            Cerita tersebut akhirnya dipercayai oleh orang-orang sekitar dari generasi ke generasi, dibuktikan dengan pemberian nama tempat. Bukan hanya nama, pulau yang letaknya berada di tengah pulau pun dipercaya sebagai bekas perahu yang digunakan Dewi Rengganis dan Ki Santang untuk berlayar mengelilingi danau, juga batu yang disebut dengan Batu Cinta yang berada di tepi danau dekat pulau (kebun teh).

            Untuk masuk ke objek wisata tersebut, kita dikenai biaya masuk sebesar Rp.15.000 untuk tiap satu orang, biaya tersebut adalah biaya di luar biaya untuk parkir kendaraan. Setiap kendaran memiliki tarif yang berbeda-beda. Untuk biaya parkir sepeda motor, pengendara akan dikenai Rp.3000, Rp.11.000 untuk mobil dan Rp.22.000 untuk Bus.

Pengaruh Adanya Objek Wisata Situ Patenggang bagi Masyarakat

·         Pengaruh Ekonomi

Perekonomian masyarakat sekitar objek wisata Situ Patenggang terbantu dengan adanya objek wisata tersebut, hal ini dikarenakan banyaknya peluang bisnis yang dapat dibuka di dalam objek wisata tersebut. Diantara banyaknya bisnis yang dapat dikembangkan,adalah bisnis kebun stroberi, kerajinan tangan khas Bandung, Baju, aksesoris, makanan khas Bandung. Selain membuka usaha untuk berjualan, warga sekitar juga bisa memanfaatkan Situ Patenggang untuk menjajakan jasa. Salah satu contohnya adalah jasa perahu atau tikar untuk sekedar berpiknik di pinggiran danau.

·         Pengaruh Sosial

Pengaruh sosial yang muncul yakni adanya suatu interaksi sosial antar warga sekitar wilayah tersebut yang disebabkan oleh adanya kesamaan tujuan (berbisnis).

·         Pengaruh Budaya

Kebudayaan warga sekitar Situ patenggang akan dipengaruhi oleh adanya cerita sejarah terciptanya Situ Patenggang. Selain oleh terpengaruhnya masyarakat oleh sejarah tempat terseut, tidak menutup kemungkinan akan adanya pembauran antar budaya masyarakat setmpat dengan budaya pengunjung, terlebih jika banyak turis luar negeri yang berkunjung ke tempat tersebut dan membawa budaya yang dapat mempengaruhi warga setempat.

         

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini