Selasa, 29 Maret 2016

Faiz dan Taqi_Social Maping TPQ Assyifa_MD A Tugas 4

Nama               :           Muhamad Faiz Al Maki          (11140530000020)

                             Taqiullah                                 (11140530000025)

Jurusan            :           Manajemen Dakwah 4A

 

Sebelum kami (Faiz dan Taqi) melakukan sebuah penelitian, kami melakukan diskusi kecil untuk mengangkat isu apa yang akan kita bahas. Setelah diputuskan kita mengangkat sebuah isu tentang sebuah TPQ dengan isu "Menurunnya Murid TPQ", kebetulan TPQ yang akan kita bahas bernama TPQ Assyifa yang bertempat di kecamatan Legok, yang kebetulan TPQ tersebut berdekatan dengan rumah Faiz.

Setelah kita melakukan wawancara dengan empat Narasumber, ternyata TPQ Assyifa terletak di Kp Cakung Desa Babat RT 05/04 Kec. Legok Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, yang ternyata TPQ Assyifa ini di bawah naungan Pondok Pesantren Salafi Al Barkah yang di dirikan oleh Alm K. H Ues Al Qurni pada tahun 1992, beliau seorang ulama yang berasal dari Malingping Banten dan menikah dengan Ustadjah Hj Nur dan memulai dakwahnya di daerah desa Babat yang bermula dengan mendirikan pondok pesantren Salafi yang bernama Al Barkah. Bermula pada awal pembangunan pondok pesantren yang berlatar belakang salafi ini hanya memiliki fasilitas dua lokal kamar/kobong dan satu majlis untuk sholat jama'ah dan kegiatan belajar mengajar.

Dengan kegigihan K. H Ues Al Qurni dalam berdakwah dan mensyiarkan agama Allah SWT. Lambat laun Pondok Pesantren Al Barkah ini berkembang sedikit demi sedikit dengan bertambahnya santri dan santriwati dari berbagai daerah, seperti di Parung Panjang, Cisoka, bahkan dari luar kota seperti Pandeglang dan Bogor. Dan pada tahun 2000 permintaan masyarakat kepada keluarga besar dari K. H Ues Al Qurni untuk mendirikan TPQ agar mereka bisa menitipkan para anak-anak mereka di TPQ tersebut, pada tahun tersebut di bangunlah TPQ yang di namakan TPQ Assyifa yang letak bangunannya berada di komplek Pondok Pesantren Salafi Al Barkah yang di ketuai oleh adik dari istri K. H Al Qurni yaitu Ustadzah Hj Fadilah.

Awalnya TPQ tersebut memiliki banyak murid, baik laki-laki maupun perempuan yang di dominasi oleh anak-anak dari warga daerah sekitar kampung Cakung. Namun seiring berjalannya waktu ternyata TPQ tersebut mengalami penurunan kuantitas murid. Entah mengapa apa yang menyebabkan hal itu terjadi ? setelah kita melakukan sebuah wawancara dan penelitian kepada empat Narasaumber ternyata ada 3 penyebab yang menyebabkan menurunnya murid TPQ Assyifa, yaitu :

1.      Adanya TPQ lain di dekat TPQ Assyifa.

Ternyata di Kampung Cakung tersebut ada 3 TPQ yaitu, TPQ Al Mansyuriah, TPQ Al Alifiyah, dan TPQ Assyifa, yang mana dalam penataan manajemen nya lebih bagus ke dua TPQ tersebut dibandingkan dengan penataan manajemen TPQ Assyifa.

2.      Tidak adanya fasilitas permainan.

Seperti yang kita ketahui, yang namanya anak-anak itu identik dengan yang namanya permainan, di mana pada masa anak-anak itu lagi masanya aktif dan ingin mencari sesuatu hal yang baru. Tetapi di TPQ lain terdapat sebuah fasilitas permainan, sehingga murid tersebut lebih memilih TPQ lain yang ada fasilitas permainannya.

3.      Terbatas nya dewan guru serta waktu yang di luangkan untuk berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.

Kurangnya tenaga pengajar yang ada di TPQ Assyifa ini membuat ketidak efisienan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga murid-murid di TPQ Assyifa ini kurang perhatian dari pihak dewan guru. Dan tenaga pengajar yang adapun memiliki kesibukan yang lebih membutuhkan waktu yang banyak dari pada melakukan kegiatan mengajar di TPQ Assyifa.

Kegiatan yang dimiliki oleh guru TPQ tersebut yaitu menjadi salah satu anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang ada di Desa Babat, dan mempunyai Toko butik baju muslimah.

            Ke 3 penyebab itulah yang menyebabkan menurunnya jumlah murid TPQ Assyifa. Yang mana sampai sekarang kurang lebih hanya memiliki 9 murid saja.

            Itulah hasil wawancara dan penelitian kami (Faiz dan Taqi) di sebuah TPQ Assyifa dengan isu "Menurunnya Murid TPQ Assyifa"

 

Narasumber :

1.      Ustadzah Hj. Fadilah  (Pimpinan TPQ Assyifa)

2.      Ustadzah Hj. Nur        (Wakil Ketua Pimpinan PP. Al Barkah)

3.      Hj. Ratna Komalasari  (Wali Murid TPQ Assyifa)

4.      Azharul Hikam            (Murid TPQ Assyifa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini