Rabu, 18 September 2013

Nur HalimahPMI5_Tugas1_Ringkasan Video Joel Cohen


Ada beberapa masalam dalam  populasi manusia, diantaranya:
1.          Kelaparan
2.        Tidak mendapatkan tempat yang layak huni, sehingga tempat-tempat kumuh menjadi harapan terakhir untuk hidup
3.         Hampir 1 Miliar orang yang buta huruf, dan sebagian besar dialami oleh kaum perempuan
4.        Kaum perempuan tidak mendapatkan akses kesehatan terutama untuk alat kontrasepsi, sehingga para wanita tidak bisa mengontrol kehamilannya dan menyebabkan semakin banyaknya orang hamil yang akibatnya akan menambah jumlah manusia di dunia.

Jumlah orang hamil tiap tahunnya meningkat, sedangkan jumlah orang meninggal tidak seimbang dengan jumlah kelahiran, sehingga pertambahan penduduk semakin meningkat tiap tahunnya, dari data statistik menyebutkan pada tahun 1800 jumlah manusia hanya 1 Miliar di dunia, namun pada tahun 2000 sudah mencapai 7 Miliar, hanya dalam jangka dua abad jumlah manusia meningkat sebanyak 6 Miliar. Padahal ketika angka kelahiran meningkat , tidak hanya menambah jumlah banyaknya bayi yang dilahirkan, tetapi bertambah juga kebutuhan serta perlengkapan yang harus dipenuhi. Tidak hanya itu potensi yang sangat berimbas pada kesehatan adalah jumlah sampah bertambah. Sehingga semakin banyak orang terjangkit penyakit.
Beberapa hal yang menyebabkan cepatnya pertambahan jumlah manusia, diantaranya:
·           Migrasi, banyaknya orang yang berpindah tempat dan menetap, dikarnakan di tanah yang baru mereka mendapatkan makanan yang melimpah karena tanahnya yang subur.
·           Revolusi penduduk, banyaknya kesempatan orang utuk bekerja yang menurut mereka menjanjikan.
Gambaran populasi manusia terbagi dalam 3 bagian, yaitu:
1.          Populasi manusia di masa  lampau
Pertumbuhan populasi manusia pada masa itu lebih lambat. Rata-rata umur manusia pada zaman dulu lebih pendek, dikarnakan tingkat kecemasan terhadap harapan hidupnya tinggi. 
2.        Populasi manusia sekarang
Pertumbuhan penduduk dimasa sekarang lebih dominan dari nilai ekonomi, rata-rata pendapatan pada negara-negara maju(kaya) mencapai $ 32.000/thn, berbanding sangat jauh dengan negara-negara miskin yang pendapatannya hanya $ 5.ooo/thn.  Sehingga negara-negara maju (kaya) mendapatkan keuntungan dari perkembangan negara-negara miskin dari segi petumbuhan ekonomi dan kesehatan lingkungan.
3.         Populasi manusia di masa yang akan datang
Populasi di dunia tahun 2012-2050 diprediksi akan banyak orang yang  bermigrasi, sehingga kemungkinan yang ada akan semakain membesarnya populasi manusia, juga akan tumbuh lebih lambat, dan kebanyak orang tinggal di perkotaan. Saat itu pula dunia akan mengalami banyak problem, mulai dari kelaparan, terjangkit penyakit, kekurangan air, polusi udara dan perubahan iklim. Pertumbuhan populasi  ini dapat diminimalisir dengan adanya adanya:
·                Memberikan pendidikan kepada Perempuan
·                Menyediakan akses kesehatan perawat reproduksi
·                Kenaikan umur perawinan
Pada tahun 2012-2050 dunia akan mengalami pertumbuhan hingga 31 Miliar orang per tahunnya.  Penduduk desa dan kota pada tahun 2000 jumlahnya sama, diperkirakan pada tahun 2050 penduduk kota akan meningkat 2 kali lipat lebih banyak dari penduduk desa. Dari 1 Miliar di Perkotaan orang akan membangun setiap hari dari mulai sekarang sampai tahun 2050. Disamping itu banyak dapak positif dari urbanisasi, diantaranya:
·           Menurunkan tingkat kesuburan, urbanisasi membuat orang berkeinginan untuk mempunyai sedikit anak.
·           Tingginya penggunaan dari kontrasepsi modern
·           Menurunkan ukuran yang dibutuhkan untuk kontrasepsi
·           Memusatkan produktifitas ekonomi
·           Aset kebudayaan
·           Efisiensi energi
Tidak hanya dapak positif, tetapi juga mempunyai resiko, terutama terancam banyk bencana alam, banyak penyakit, penyediaan air terbatas, juga terorisme. Tidak hanya itu urbanisasi juga dapat mempengaruhi penyediaan makanan.
Dari paparan di atas tentang bagai populasi manusia pada masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang, untuk itu demografi dapat memberikan:
·           Alat dan perspektif analisis untuk memahami dunia
·           Memberikan perlengkapan untuk memecahkan masalah
·           Sarana untuk memberikan kebijaksanaan secara efektif pada dunia nyata serta memperbaikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini