Rabu, 18 September 2013

Ahmad_Lutfi_Andalusi_Tugas-2_Biografi_Emile_Durkheim


Emile Durkheim
Biografi
            Emile Durkheim (lahir 15 April 1858 – meninggal 15 November 1917 pada umur 59 tahun) dikenal sebagai salah satu pencetus sosiologi modern. Ia mendirikan fakultas sosiologi pertama di sebuah universitas Eropa pada 1895, dan menerbitkan salah satu jurnal pertama yang diabdikan kepadailmu sosial, L'Annee Sociologique pada 1896. Ia keturunan pendeta Yahudi dan dari kecil ia juga ingin menjadi seorang pendeta, tetapi ketika berumur 10 tahun ia menolak untuk menjadi pendeta. Sejak saat itu pula perhatiannya terhadap agama lebih bersifat akademis dari pada teologis. Dalam perjalanan studinya ia juga mendalami metodologi ilmiah dan prinsip moral yang diperlukan untuk kebutuhan sosial.
           
Keinginan dia dalam mempelajari ilmu pun semakin besar ketika perjalanannya ke Jerman ia bertemu dengan perintis psikologi ilmiah yaitu Wilhemt Wundt. Dalam hidupnya juga Durkheim telah menuai banyak karya yang sekarang berpengaruh di bidang sosiologi. Buku yang diterbitakannya juga ada yang membantunya mendapatkan jabatan di jurusan Filsafat Universitas Bordeaux pada tahun 1887. Disinilah Durkheim pertama kali memberikan kuliah ilmu sosial di Universitas Prancis. Ini merupakan prestasi istimewa karena hanya berjarak satu dekade sebelumnya kehebohan meledak di Universitas Prancis karena Auguste Comte muncul dalam disertasi seorang mahasiswa.
            Tahun-tahun berikutnya Durkheim pun menciptakan banyak prestasi-prestasi kesuksesan yang bersifat pribadi. Pada tahun 1893 ia menerbitkan tesis doktornya, The Devision of Labor in Society dalam bahasa Prancis dan tesisnya tentang Mostesquieu dalam bahasa latin (W. Miller, 1993). Buku metodologi utamanya yaitu, The Rules of Sociological Method, terbit tahun 1895 diikuti (tahun 1897) oleh hasil penelitian empiris bukunya itu dalam studi tentang bunuh diri. Ia menjadi profesor di Universitas Bordeaux sekitar tahun 1896. Mendapatkan kehormatan mengajar di Universitas di Prancis pada tahun 1902. Dia juga menjadik profesor ilmu pendidikan di tahun 1906 kemudian title ini di rubah menjadi ilmu pendidikan dan sosiologi pada tahun 1913. Karyanya yang sangat terkenal lainnya yaitu, The Elementary Forms of Religious Life yag diterbitkan tahun 1912.
            Banyak pengaruh-pengaruh yang dihasilkan dari Durkheim, tidak hanya dibidang sosiologi saja. Sebagian besar pengaruhnya terhadap bidang lain tersalurkan lewat jurnal L'annee Sociologique yang didirikan pada tahun 1898.dari jurnal tersebut munculah intelektual-intelektual yang mana Durkheim itu sebagai pusat ditengah-tengahnya. Durkheim dan gagasan-gagasannya mempengaruhi berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti antropologi sejarah, bahasa dan psikologi.
            Ia meninggal pada 5 November 1917 sebagai seorang tokoh intelektual Prancis yang tersohor. Tetapi karya Durkheim ini mulai mempengaruhi sosiologi Amerika dua puluh tahun setelah kematiannya yakni setelah terbitnya The Structure of Social Action (1937) karya Talcott Parsons.
Fakta Sosial Sosioogi Emile Durkheim
            Durkheim mengembangkan konsep masalah pokok sosiologi penting dan kemudian diujinya melalui studi empiris. Dalam The Rules of Sociological Method ia menekankan bahwa tugas sosiologi adalah mempelajari apa yang ia sebut sebagai fakta-fakta sosial. Ia membayangkan fakta sosial sebagai kekuatan (forces) dan struktur yang bersifat eksternal dan memaksa individu. Studi tentang kekuatan dan struktur yang berskala luas ini – misalnya hukum yang melembaga dan keyakinan moral bersama – dan pengaruhnya terhadap individu menjadi sasaran studi banyak teoritisi sosiologi dikemudian hari (misal Parson). Durkheim mengembangkan sosiologinya sendiri dan mencoba untuk menunjukan kegunaannya dalam studi ilmiah.
            Dalam The Rules of Sociological Method ia membedakan antara dua tipe fakta sosial, yaitu:
  • Fakta sosial non-material yaitu apa yang bisa masyarakat capai tanpa adanya sesuatu yaitu dengan keyakinan dan kesadaran pribadi sendiri. Ini seperti hubungan sehari-hari yang secara berkelompok atau masalah ikatan moral masyarakat itu sendiri.
  • Fakta sosial material yaitu adanya hubungan ketergantungan hidup sosialisasi dengan sesuatu yang bisa menghubungkan hubungan dengan orang lain atau masyarakat lain. Ini bisa dihubungkan seperti ke pekerjaan atau sesuatu yang bisa untuk berhubungan sosial.
Contoh Fakta sosial Emile Durkheim
Contoh dari fakta sosial Durkheim bisa di ambil dari kasus bunuh diri yang terjadi karena sosial yang kurang. Sedangkan yang dalam bentuk material bisa d ambil dari gedung atau tempat perkumpulan, bisa dari suatu kerja kelompok atau yang lainnya.
Karya-karya Emile Durkheim
            Karya yang talah di terbitkan Durkheim ada banyak, diantaranya yaitu:
  • The Rules of Sociological Method
  • The Elementary Forms of Religious Life
  • L'Annee Sociologique
  • The Devision of Labor in Society
  • Dan masih banyak lagi.
Referensi:
Ritzer, George & Douglas J. Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Preanada Media Group
Soekanto, Soerjono. 2011. Mengenal Tujuh Tokoh Sosiologi. Jakarta: Rajawali Pers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini