Rabu, 18 September 2013

Antik Bintari KPI1A tugas sosiologi Emile Durkheim

EMILE  DURKHEIM

BIOGRAFI
       David  Emile Durkehim  lahir di Epinal, Prancis, 15 April 1858. Dikenal sebagai salah satu pencetus sosiologi modern. Durkheim anak dari keturunan pendeta Yahudi, dan saat masih kecil, ia ingin  menjadi seorang pendeta dan ia pun belajar menjadi seorang pendeta. Namun ketika beranjak umurnya yang ke-sepuluh ia berubah fikiran dan menolak menjadi pendeta. Dalam prinsipnya, Durkheim lebih menekankan akademik dalam memandang aspek agama. Ini disebabkan kekecewaannya terhadap pendidikan agama dan pendidikan umum lainnya. Ia juga belajar tentang metodologi ilmiah  Ia berusaha mendapatkan ilmu atau pendidikan secara ilmiah untuk disalurkan kepada berbagai khayalak masyarakat sebagai pedoman bagi mereka. Ia sangat menyukai sosiologi ilmiah, tetapi pada waktu itu bidang pembelajaran sosiologi ilmiah belum muncul, maka diantara tahun 182 sampai dengan 1887 ia mengajar bidang studi filsafat di sejumlah sekolah di Paris
    
Pada tahun 1887-1993 Durkheim melakukan perjalanannya ke Jerman. Di negara tersebut ia bertemu dan berkenalan dengan seorang psikologi ilmiah yang dirintis oleh Wilhelm Wundt. Perjalanannya di Jerman sangat mengantusiaskan semangatnya sehingga cita-citanya terhadap ilmu semakin besar. Dan sebab itulah ia mulai menerbitkan karya-karyanya dalam beberapa buku yang menceritakan tentang  perjalanan dan pengalamannya selama di Jerman. Maka dari itu penerbitan buku tentang pengalamnnya di Jerman membuat Emile Durkheim mendapatkan jabatan di Jurusan Filsafat Universitas Bordeaux tahun 1887. Dan di Universitas inilah Durkheim diberi kepercayaan untuk memberikan kuliah tentang ilmu sosial di Universitas Perancis dan ini adalah sebuah prestasi istimewa baginya.
     Di masa-masa pengajaran Durkheim bertanggungjawab dalam memberikan ajaran pedagogik kepada para pengajar di sekolah mereka. Dalam prinsipnya, Durkheim menekankan kepentingan moral kepada seluruh kehidupan sosial dalam masyarakat sehingga dasar dan mata kuliahnya yang terpenting adalah pembahasan tentang moral dan bagaimana moral dapat berkembang pesat didalam kehidupan masyarakat, serta menjadi alat untuk manusia mengendalikan hawa nafsu dan menyusun norma-norma yang telah berlaku atau belum, dan juga tujuan dari mata kuliahnya ini adalah mengkomunikasikan sistem moral kepada para pengajar yang ia harapkan lalu diteruskan pada generasi muda selanjutnya dalam rangka membantu memahami, menanggulangi, serta menyelesaikan masalah yang berkaitan tentang kemerosotan moral yang telah diperhatikannya terjadi ditengah-tengah masyarakat Perancis.
      Dalam kehidupannya, Durkheim mengembangkan basis akademi yang kokoh untuk kemajuan karirnya. Karya-karyanya banyak yang terinspirasi dari masalah-masalah dan kekacauan yang ditimbulkan oleh perubahan sosial. Dan sebagian besar dari karya-karyanya terfokus pada studi tentang tertib sosial di kehidupan masyaraka. Berikut ini adalah serentetan kesuksesan pribadi yang diraih Emile Durkheim:
·         1893, Ia menerbitkan tesis doktornya, The Devision Of Labor In Society 
·         1893, Ia meluncurkan tesisnya tentang Montesquieu dalam bahasa Latin
·         1895, buku metodologi utamanya yaitu The Rules Of Sociological Method
·         1896, Ia menjadi profesor penuh di Universitas Bordeaux
·         1897, hasil penelitian empiris bukunya The Rules Of Sociological method dalam studi tentang bunuh diri
·         1902, Ia mendapat kepercayaan mengajar di Universitas Sorbonne,Perancis
·         1906, Ia menjadi profesor ilmu pendidikan
·         1912, Karyanya yang sangat terkenal lainnya yaitu The Elementary Forms Of Religious Life
·         1913, Titel sebagai profesor pendidikan diubah menjadi profesor pendidikan dan sosiologi
Durkheim adalah sosok yang mempunyai pengaruh besar dalam pembangunan dan pengembangan sosiologi. Baginya, Sosialisme adalah sesuatu yang mencerminkan sebuah sistem dimana didalam sosialisme tersebut kita menemukan prinsip moral yang didapat melalui studi sosiologi secara ilmiah. Durkheim wafat pada 15 November 1917 sebagai seorang tokoh intelektual Perancis terkemuka.

Bibliography

ritzer, g. (1995). teori sosiologi modern.







  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini