Senin, 24 September 2012

Karl Marx; Reza Armanda Jurnalistik 1A

MARX DAN SOSIOLOGI


Hasil karya Karl Marx menjadi bagian dari fundamen pemikiran sosiologi. Jejaknya terpatri menjadi 4 tema utama yaitu: konsepsi masyarakat beserta dinamikanya, teori tentang kelas-kelas sosial, teori tentang ideology dan teori tentang pemerintahan.

1. Sebuah konsepsi tentang masyarakat

Pada tahun 1859 dalam tulisannya Avant-propos de la Critique de l'economie politique (pengantar kritik ekonomi politik) Marx membuat ikhtisar dalam satu kutipannya yang terkenal tentang 'rute perjalanan' intelektual yang menyebabkan ia meninggalkan studi filsafat dan mencurahkan diri pada studi ekonomi politik. "untuk menghilangkan keraguan yang begitu mengungkung, tulisnya, saya lalu berusaha menulis karya pertama yaitu sebuah revisi kritis terhadap filsafat hokum hegel.

Marx kemudian menceritakan bagaimana ia dibimbing untuk meninggalkan ideologi hegel dan mengadopsi sebuah konsep materialisme sejarah. Dasar atau fundamen masyarakat terletak dalam kehidupan materiilnya. Dengan bekerja manusia menghasilkan (berproduksi) untuk dirinya sendiri dan untuk masyarakat. Jadi "dalam ekonomi politik kita bisa menemukan anatomi masyarakat sipil". Struktur ekonomi masyarakat merupakan "fondasi riil yang menjadi dasar pendirian bangunan yuridis dan politik, serta menjadi jawaban atas bentuk-bentuk kesadaran social yang telah ditentukan." Bukan kesadaran manusia yang menentukan eksistensinya, malahan "sebaiknya eksistensi sosiallah yang menentukan kesadaran mereka".

Cara produksi  dari sebuah masyarakat berupa "tenaga kerja produksi" (manusia, mesin dan teknik) dan "hubungan produksi" (perbudakan, system bagi hasil, sistem kerajinan tangan, bekerja upahan). Cara produksi ini membentuk 'kaki penopang' yang menyangga superstruktur politik, yuridis dan ideologis masyarakat. Selama kurun waktu berlangsungnya sejarah terjadi pergantian cara berproduksi: dari yang model kuno, model Asia, feodalistis dan borjuis. Ketika sampai pada tingkat perkembangan tertentu, tenaga produksi mulai terlibat konflik dengan hubungan produksi. Itu sebabnya maka," dimulailah era revolusi social."

Perubahan landasan ekonomi disertai dengan semacam kekacauan secara cepat atau lambat pada bangunan  "bentuk yuridis, politik, religius, artistik dan filosofis. Pendeknya bangunan ini adalah bentuk-bentuk ideology yang didalamnya manusia memperoleh kesadaran akan konflik tersebut dan akan menekannya sampai ke ujung batas".

Banyak penafsiran dalam memperdebatkan tentang apa yang seharusnya dipahami dari "dasar material  masyarakat", tentang cara-cara yang dijelaskan lewat "tenaga produksi" dan "hubungan produksi". Pada titik ini naskah Marx sering kali tidak tepat dalam menjelaskan, bersifat ambigu dan memiliki begitu banyak variasi. Kadang-kadang ia mengakui adanya determinisme ringkas dan suatu mekanika hukum sejarah yang 'tidak kenal ampun'. Kadang kala ia juga mengajukan visi yang lebih terbuka dan kompleks menyangkut organisasi sosial.

Sebenarnya kita harus mengetahui bahwa tesis fundamental Marx dinyatakan dua kali. Pada awalnya ia hendak beroposisi terhadap pandangan sejarah idealis, terutama yang berasal dari "pemuda penganut aliran Hegel" yang dikritiknya secara tajam dalam L'Ideologie allemande (1845). Kaum idealis ini mengungkap bahwa pemikiran mengatur dunia, oleh karena itu perlu diterapkan pemikiran-pemikiran yang baru pula. Menghadapi aliran "ideolog" ini Marx mempertahankan pendapatnya tentang materialisme dalam hal prinsip rumusan yang begitu meyakinkan. Kritiknya terhadap Hegelianisme 'menjatuhkan' posisi aliran idealis dan menegaskan adanya konsep materialis dimana masyarakat dianggap semacam piramida. Bagian terbawah terdiri atas dasar material, ekonomi dan diatasnya politik, hukum dan kemudian pemikiran.

Ketika ia menulis tentang transisi dari kapitalisme menuju sosialisme Marx lalu mengembangkansebuah konsep "dialektika" transformasi sosial. Kapitalisme biasanya tunduk pada kontradiksi-kontradiksi ekonomi yang akhirnya menimbulkan krisis-krisis periodik. Dan krisis ini tidak secara mendadak menjadi "hukum" yang kukuh. Krisis ini tidak cukup untuk menghancurkan sistem ekonomi. Untuk itu kaum proletar harus mengorganisasikan diri dan 'menyerang' sistem ini. Marx tidak puas menghabiskan hidupnya dibelakang meja atau belajar. Secara aktif ia berpartisipasi dalam pembentukan La Premiere Internationale des travailleurs yang berdiri pada tahun 1864 dan menyokongnya secara intensif dengan mempropagandakan tindakan revolusioner gerakan buruh yang baru lahir tersebut. "pemikiran akan berubah menjadi kekuatan material jika pemikiran itu 'direbut' oleh massa" demikian tulisnya dalam Manifeste du parti communiste.

2. Teori tentang Kelas-Kelas Sosial

"bukan mahasiswa jurusan sosiologi yang khawatir dengan nasib masyarakat modern saja yang tergoda untuk melakukan dialog dengan Marx hingga akhirnya akan menyerah dalam diskusi tentang teori kelas-kelas (sosial)nya." Analisis tentang masyarakat dalam masalah kelas sosial sebenarnya tidak ditemukan oleh Marx. Bahkan penulis dari kalangan "borjuis" seperti Adam Smith atau Alexis de Tocqueville juga mengakui sebelumnya bahwa masyarakat memang terbagi atas kelas-kelas yang ditentukan oleh posisi ekonomi, status, penghasilan, posisi kekuasaan yang berbeda. Setelah Marx-pun sosiolog-sosiolog lain dari Max Weber hingga Vilfredo Pareto, dari Joseph Schumpeter hingga Raymond Aron belakangan mempergunakan analisis masyarakat dengan istilah kelas-kelas sosial. Untuk memahami teori Marxis dan kemudian mendiskusikan relevansi teori ini maka kita perlu memahami spesifikasinya.

Perlu diingat lagi dalam masyarakat seperti apakah Marx pernah hidup. Perkembangan kapitalisme pernah mengacau-balaukan masyarakat feodal yang terstruktur pada tiga aturan besar yaitu: kaum petani, kaum aristokrat atau bangsawan dan pendeta. Dalam perkembangan perdagangan, industri dan pusat-pusat urban muncullah dua kelas baru: pertama kelas borjuis yang telah mendestabilisasikan rezim (tatanan) lama dan memegang tempat yang dominan, dan kemudian kalangan proletar atau rakyat jelata yang miskin dan terdiri dari sekumpulan tukang di pabrik-pabrik dan para petani yang terusir dari tanahnya dan kemudian menjadi tenaga kerja utama di bengkel kerja dan firma-firma industri besar. Beberapa peneliti membuat laporan tentang keadaan buruh eropa yang mendeskripsikan hal yang sama: yaitu irama kerja buruh yang tidak masuk akal, jadwal yang tidak manusiawi (12 hingga 16 jam perhari) eksploitasi anak-anak, kemelaratan, kecanduan alkohol dan degradasi moral yang menimpa kelas buruh. Proyek yang dilakukan Marx kurang mengungkapkan eksistensi kelas-kelas sosial atau mendeskripsikan situasinya dibanding memahami dinamika pergulatan kelas. Pertama ia mendefinisikan kelas-kelas tersebut lewat situasi yang dikaitkan dengan hubungan produksi. Kaum borjuis menjadi  pemilik modal. Para "borjuis kecil" terdiri dari para tukang atau pengrajin, pedagang, notaris, pengacara dan seluruh "birokrat". Sedangkan kaum proletar adalah mereka yang "menjual tenga dalam bekerja". Ketika Marx masih hidup, orang bisa membandingkan istilah proletar dengan para buruh: jadi 90% dari jumlah pekerja adalah buruh. Namun yang terpenting menurut Marx bukanlah membuat deskripsi tentang stratifikasi sosial. Ia ingin mendeskripsikan dinamika sebuah masyarakat yang menurut pendapatnyabergerak dalam satu konflik sentral yaitu: perjuangan kelas, yaitu antara kelas borjuis dengan kelas proletar.  Kaum borjuis yang didorong persaingan dan haus akan keuntungan tergerak untuk semakin lama semakin mengeksploitasi kaum proletar. Karena terperangkap dalam kemelaratan dan pengangguran maka kelas proletar hanya memiliki satu-satunya jalan keluar yaitu pemberontakan sporadis atau revolusi. Marx membedakan "kelas sebagaimana kondisi dirinya sendiri" dari "kelas bagi dirinya sendiri".

3. Teori Ideologi

Marx tidak memiliki teori yang sistematik tentang ideologi. Sebaliknya, yang ada hanya analisis-analisis parsial dan belum rampung namun seringkali berbobot dan tajam. 

Marx menempatkan ideologi sebagai keseluruhan ide yang dominan dan diusung oleh sebuah masyarakat sebagai kelompok sosial dalam bingkai superstruktur masyarakat. Ideologi ini dikondisikan oleh bingkai atau batas ekonomi dan menjadi semacam refleksi atas bingkai itu. dengan demikian, kaum borjuis yang semakin mananjak telah menentukan pemikiran-pemikiran tentang kebebasan, HAM, kesetaraan di hadapan hukum (hak). 

Marx juga memiliki sebuah teori tentang ideologi sebagai semacam alienasi. Bagi Feuerbach agama itu merupakan proyeksi dalam bentuk "surga bagi pemikiran", harapan dan keyakinan manusia. Orang bisa mempercayai eksistensi tuhan secara riil seperti yang ditemukannya. Marx mengambil kembali pemikiran ini (bahwa agama adalah "candu bagi masyarakat").

Elemen-elemn analisis ini diambil kembali dan dikembangkan oleh sejumlah penulis Marxis (Antonio Gramsci, Gyorgy Lukacs, Karl Mannheim dan Louis Althusser). 

4. Ambiguitas peran negara

Dalam beberapa naskah karya Marx, pemerintah (Negara) ternyata terbatas pada satu peran saja yang sifatnya langsung dan brutal: bahwa negara adalah instrumen atau alat di tangan kelas yang dominan, dan ditujukan untuk mendominasi kelas proletar. Negara mengerahkan polisi dan tentara untuk 'menjinakkan' pemberontakan rakyatnya; keadilan dan hukum hanya melayani kekuasaan dan kepemilikan pribadi. Analisis Marx memang tanpa nuansa. Namun harus diingat bahwa ia menulisnya pada tahun 1848 ketika negara saat itu melakukan tindakan represif yang keras dalam menghadapi rakyatnya yang memberontak. Dalam naskahnya yang lain Marx memberi nuansa pada analisisnya. Untuk mempertegas dominasinya, kaum borjuis mempercayakan pengaturan kepentingan umum kepada negara, tetapi mereka mendapatkan sejumlah keuntungan darinya. 

Tesis-tesis yang cukup berbeda dan kadang-kadang kontradiksi dengan sifat dasar negara yang tekadang dijadikan instrumen dan terkadang otonom ini menyulitkan penafsiran atas Marxisme. Misalnya bagaimana memahami kedudukan Negara sebagai pemerintahan Tuhan di negara-negara barat? Para penulis Marxis semakin lama semakin mengkritik pandangan bahwa negara adalah alat (instrumen) agar setuju dengan "otonomi relatif" yang dimiliknya. Dengan menjadikan negara sebagai mesin dominasi, yaitu sebuah superstruktur yang berfungsi sebagai  tatanan ekonomi, Karl Marx (menurut Claude Lefort) menahan diri untuk memikirkan otonomi  politik, terutama sifat dasar rezim yang demokratis ata totaliter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini