Kamis, 06 Desember 2012

Institusibisnis_Dewi Mufarrikhah_KPI 1 D_2012

SOLUSI WISATA KULINER WARTEG BERNUANSA RESTAURAN
 
Dewi Mufarrikhah
KPI  1  D
1112051000101
 
1.    LATAR BELAKANG
Warteg adalah kepanjangan dari warung tegal. Warung Tegal adalah salah satu jenis usaha gastronomi yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.
Restoran adalah suatu tempat yang identik dengan jajaran meja-meja yang tersusun rapi dengan kehadiran orang banyak dan dapat menimbulkan aroma yang sedap dari dapur yang dapat menarik perhatian orang-orang, dan juga pelayanan para pramusaji yang sopan dan ramah.
 
2.    PERTANYAAN POKOK
Kenapa bapak membuat warteg bernuansa seperti restaurant dari segi makanan maupun konsep ruangan?
 
Banyak masyarakat yang menganggap bahwa makanan warteg itu dianggap rendah dan murahan, lalu komunitas saya yang diberi nama "ayo mandiri" berniat membangun sebuah tempat makan yang pas dikantong mahasiswa apalagi kebetulan restdoor ini berdiri disebelah UIN dengan menu warteg dan menu restaurant dengan harga yang terjangkau. Kalau konsep ruangan dipilih seperti restaurant agar para pengunjung dapat bersantai dan nyaman ketika makan di dalam restdoor ini.
 
3.    METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang saya gunakan adalah dengan cara kualitatif, yaitu dengan mewawancarai pemilik dari restdoor (restoran doorong rakyat).
Waktu       : Kamis, 06 Desember 2012
Tempat       : Rumah Makan Restdoor (Restoran Doorong Rakyat) Pesanggrahan.
 
4.    GAMBARAN TOKOH
Narasumbernya adalah Bapak Feri Subiyanto, 29 th.
 
5.    ANALISIS
Restdoor (Restoran Doorong Rakyat) yang dalam bahasa inggris artinya pintu istirahat pada awalnya diberi nama Wardoor (Warung Doorong). Karena jika diartikan dalam bahasa Indonesia Wardoor berarti pintu perang, maka pada tanggal 15 April 2010, Bapak Feri beserta teman satu komunitasnya yang diberi nama "Ayo Mandiri" membangun sebuah tempat makan yang kini berdiri disebelah Universitas Islam Negeri Jakarta. Untuk menghilangkan kesan kumuh dan murahan, warteg ini dibangun dengan konsep seperti restaurant dengan pilihan menu warteg maupun restaurant. Menu andalan dalam Restdoor adalah Nasi Goreng dengan biaya 8000/porsi. Namun menu warteg pun tidak kalah menarik. Berbagai macam menu warteg hadir dalam restaurant ini dengan harga yang terjangkau.
 
6.    DAFTAR PUSTAKA
https://www.google.co.id/pengertianwarteg.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini