Kamis, 06 Desember 2012

kpi 1 D Noni wildasari (tugas penelitian 1)

 
Pentingnya lembaga Pendidikan Usia Dini
Bagi membentuk karakter anak.
 
Oleh : Noni wildasari
NIM : 1112051000110
 
       I.            Latar belakang
 
Dizaman globalisasi seperti sekarang ini, Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting dilaksanakan sebagai dasar bagi pembentukan kepribadian manusia secara utuh, yaitu untuk pembentukan karakter, budi pekerti luhur, cerdas, ceria, terampil dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan usia dini dapat dimulai di rumah atau dalam keluarga, perkembangan anak pada tahun-tahun pertama sangat penting dan akan menentukan kualitasnya di masa depan.
Oleh karena itu, upaya-upaya pengembangan anak usia dini hendaknya dilakukan melalui belajar dan melalui bermain (learning through games). Hal ini karena bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak melalui bermain anak memperoleh kesempatan untuk bereksplorasi (exploration), menemukan (finding), mengekspresikan (expression), perasaannya dan berkreasi (creation).
Lembaga-lembaga PAUD di Indonesia memiliki pijakan yang sangat kuat bernpa landasan yuridis, landasan filosofis, landasan religius, dan landasan keilmuan serta landasan empirik.
1. Landasan yuridis adalah landasan yang berkaitan dengan pentingnya penyelenggaraan lembaga PAUD (KB dan TPA)
2. Landasan filosofis dan religius, yaitu landasan yang didasarkan pada keyakinan agama yang dianut oleh para orang tua anak usia dini.
3. Landasan empirik adalah landasan yang berdasarkan pada fakta yang terdapat di lapangan.
4. Landasan keilmuan adalah teori-teori dan kajian-kajian yang melandasi apa, mengapa, dan bagaimana anak usia dini mendapat pengasuhan, pendidikan dan perlindungan yang tepat.
 
     II.            Pokok Penelitian
 
1.     Bagaimana peranan TK Azhar Medina dalam ikut membangun karakter anak sebagai salahs satu institusi pendidikan?
2.     Apa keunggulan TK Azhar Medina dalam ikut membangun karakter anak didiknya?
 
 
  III.            Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif, karena lebih efisien dan dapat mengetahui pokok permasalahan lebih jelas dengan cara mewawancrai langsung sumbernya.
Lokasi : TK Azhar Medina, Vila Mutiara Bogor Blok E 1 No 14
Waktu : senin 3 Desember 2012.
 
  IV.            Gambaran Subjek/ objek
Yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah TK Azhar Medina, Farmedianita. Yang mempunyai peran yang cukup besar dalam memgembangkan TK Azhar Medina sampai sekarang ini. Ia mengatakan peranan pedidikan anak usia dini sangat penting di era yang serba canggih di era globalisasi saat sekarang ini. Karakter anak yang baik dan islami yang sudah tertanam sejak dini pada dirinya dapat menghantarkan anak untuk dapat menjalani hari esok dengan  lebih baik .
 
    V.            Analisis
 
TK  Azhar Medina berdiri pada tanggal 27 Februari 2011 dengan jumlah peserta didik angkatan I 2011/2012 adalah berjumlah 25 pesertan didik. Dan angkatan ke-2 tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 44 peserta didik. Kurikulum TK ini sudah berstandar Nasional juga ditambah dengan program otonomi sekolah.
KB/TK-IT Azhar Medina didirikan sebagai usaha mengembangkan seluruh segi kepribadian anak didik dalam rangka menjembatani pendidikan dalam keluarga ke pendidikan sekolah yang dilaksanakan dengan cara bermain sambil belajar dengan proses pembiasaan yang baik.
Visi  KB/TK-IT Azhar Medina adalah mempersiapkan dan membentuk generasi berakhlak islami
Dan misi nya adalah mendidik siswa memiliki kecintaan terhadaP Al-Qur'an, mendidik siswa untuk meneladani akhlak Rasulullah, mendidik siswa menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab dan semangat berprestasi.
Adapun program unggulan pada KB/TK-IT Azhar Medina adalah
1.     Belajar Alquran
2.     Computer kids
3.     Story telling
4.     English kids
5.     Out bond
6.     Cooking experience
7.     Wisata pendidikan (fieldtrip)
8.     Berkebun (farming)
 
Dan dengan fasilitas yang mendukung terlaksananya pembelajaran yaitu ruang kelas yang nyaman, indoor playground, perpustakaan dan computer, ruang kepala sekolah dan guru, ruang serba guna,dapur, toilet dan outdoor playground.
 
Respon dari masyarakat sekitar tentang berdirinya sekolah ini didalam lingkungan p-erumahan sangat positif. Warga sekitar yang kebanyakan adalah pekerja yang otomatis mempunyai waktu yang kurang untuk dapat mendidik anak anak nya di rumah, tidak khawatir lagi akan pendidikan anaknya. Karena mereka dapat memberikan pendidikan melalui KB/TK-IT ini.
 
 
Daftar pustaka
 
Nara sumber : Farmedianita.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini