Kamis, 06 Desember 2012

fathimah azzahra_KPI 1D_penelitian 2

Judul Penelitian : Peranan lembaga yayasan amal dalam Mensejahterakan Masyarakat

Peneliti : Fathimah Azzahra (1112051000125), KPI 1D

 

I. Latar Belakang

 

Istilah yayasan, bukan merupakan istilah yang asing. Sudah sejak lama yayasan hadir sebagai salah satu organisasi atau badan yang melakukan kegiatan dalam bidang kemanusian, sosial dan keagamaan.

Perkembangan lembaga Yayasan amal cukup pesat dalam masyarakat Indonesia. Keberadaan yayasan pada dasarnya merupakan pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat yang menginginkan adanya wadah atau lembaga yang bersifat dan bertujuan sosial, keagamaan dan kemanusiaan. Dengan adanya yayasan, maka segala keinginan sosial, keagamaan dan kemanusiaan itu dapat diwujudkan di dalam suatu lembaga yang telah diakui dan diterima keberadaannya. Bahkan ada pendapat mengatakan bahwa yayasan merupakan nirlaba, artinya tujuannya bukan mencari keuntungan, melainkan melaksanakan sesuatu yang bersifat amal.

Dari tujuan yang bersifat amal tersebutlah yayasan berguna untuk mensejahterakan masyarakat yang membutuhkan maupun masyarakat yang tidak mampu dalam hal materi.

 

II. Pertanyaan Pokok Penelitian

 

Upaya apa yang dilakukan yayasan LAZ Sejahtera Umat dalam mensejahterakan masyarakat ?

 

III. Metode Penelitian

 

Dalam penelitian studi kasus ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif karena metode ini dirasa sangat efektif dalam mendapatkan informasi mengenai apa yang ingin diamati dan diobservasi.

 

Lokasi penelitian         : Kediaman Bapak Syamsudin. M.Ak ( JL. Garuda Raya II A.98B, Pondok Aren )

Hari/Tanggal               : Kamis, 6 Desember 2012.

Pukul                           : 08.00-09.30 WIB

 

IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

 

Tokoh yang menjadi narasumber pada penelitian kali ini adalah Bapak Syamsudin, beliau adalah ketua dari yayasan lembaga LAZ Sejahtera Ummat setelah pendiri utama Bapak Ustad Sudarman Lc. Beliau lah kemudian melanjutkan tugas mengembangkan yayasan LAZ Sejahtera Umat hingga sekarang ini. Lembaga Amil Zakat (LAZ) Sejahtera Ummat ini sudah berdiri sejak tahun 2001 dan berkantor di Jl. Gapura Menteng No. 22 B, Bintaro Jaya Tangerang Selatan.

 

V. Analisis

 

Yayasan amal merupakan suatu organisasi atau badan yang melakukan kegiatan dalam bidang kemanusian, sosial dan keagamaan.begitu pun LAZ Sejahtera Ummat yang bertujuan untuk memerdekakan kaum dhu'afa dari belenggu kemiskinan yang menerpa, paling tidak mengurangi beban mereka.

LAZ Sejahtera Ummat yang dikelola oleh Bapak Syamsudin sebagai ketuanya, Bapak Burhan sebagai bendahara dan Bapak Widi sebagai secretariat lembaga tersebut kemudian melaksanakan dari tujuan yayasan tersebut dengan berbagai kegiatan maupun program – program dari LAZ Sejahtera Ummat. Dari berbagai program rutinitas tiap tahun nya LAZ Sejahtera Ummat melaksanakan khitanan massal, pemberian bantuan ujian nasional, solusi anak putus sekolah dan pemberian seragam dan perlengkapan sekolah.

Khitanan massal adalah merupakan kegiatan dimana LAZ Sejahtera Ummat mengkhitan beberapa anak yang belum disunat. Karena biaya khitanan yang cukup terbilang mahal, sehingga yayasan ini mempermudah anak-anak dhu'afa mengkhitan secara gratis dan serempak. Solusi anak putus sekolah adalah program dimana LAZ Sejahtera Ummat membantu anak-anak yang tidak mampu bersekolah karena biaya dengan membiayai mereka sekolah. karena sekolah sangatlah penting dalam memajukan masa depan bangsa kita. Dari berbagai kegiatan tersebut LAZ Sejahtera Ummat berupaya agar masyarakat sejahtera, tidak adanya lagi kemiskinan yang merajalela

 

DAFTAR PUSTAKA

Narasumber : Bapak Syamsudin M.ak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini