Kamis, 06 Desember 2012

Institusisosial_Dewi Mufarrikhah_KPI 1 D_2012

PENTINGNYA MAJELIS TAKLIM BAGI MASYARAKAT
 
Dewi  Mufarrikhah
KPI  1  D
1112051000101
 
1.    LATAR BELAKANG
Majelis taklim adalah salah satu lembaga pendidikan diniyah non formal yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan akhlak mulia bagi jamaahnya, serta mewujudkan rahmat bagi alam semesta. Menurut akar katanya, istilah majelis taklim terssusun dari gabungan dua kata : majlis yang berarti (tempat) dan taklim yang berarti (pengajaran) yang berarti tempat pengajaran atau pengajian bagi orang-orang yang ingin mendalami ajaran-ajaran islam sebagai sarana dakwah dan pengajaran agama.
 
2.    PERTANYAAN POKOK
Apakah keberadaan Majelis Taklim ini berguna bagi masyarakat sekitar?
 
Tentu saja keberadaan majelis taklim ini sangat berguna bagi warga Gang Jati terutama yang beragama Islam. Apalagi bagi anak-anak, keberadaan majelis taklim ini sangat diperlukan apalagi anak zaman sekarang kehidupannya sangat ga karuan. Peran majelis taklim ini betul-betul diperlukan untuk membentuk akhlak menjadi lebih baik.
 
3.    METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang saya gunakan adalah metode kualitatif dengan mewawancarai seorang Ustadz sekaligus pemilik dari Majelis Taklim ini.
Waktu   : Senin, 3 Desember 2012
Tempat : Rumah Bapak Muhammad Nur. Gg.Jati RT 001/09 No. 5B Cirendeu, Ciputat
 
4.    GAMBARAN TOKOH
Narasumbernya adalah Bapak Muhammad Nur
 
5.    ANALISIS
Pada tanggal 10 Agustus 2002, Bapak Muhammad Nur dengan dibantu beberapa warga Gang Jati berhasil meresmikan pembangunan sebuah Majelis Taklim yang sampai hari ini masih aktif. Majelis taklim ini sering mengadakan pengajian rutin pada malam jumat dan menjadi tempat belajar membaca Iqro maupun Al-Qur'an untuk anak dibawah umur. Keberadaan majelis taklim ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, karena dapat membentuk akhlak si anak menjadi lebih baik dengan pembelajaran setiap hari dengan bayaran seikhlasnya.
 
6.    DAFTAR PUSTAKA
http://uchinfamiliar.blogspot.com/2009/02/pengertian-majelis-taklim-dasar-hukum.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini