Kamis, 06 Desember 2012

laporan 2_puji indah lestari_kpi1d

Judul:
Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Menurut PAUD Nursholihat
Peneliti:
Puji Indah Lestari (1112051000098)
I.    Latar belakang
Pendidikan anak diusia dini sangatlah diperlukan guna membangun akhlak yang baik bagi anak-anak. Pendidikan usia dini merupakan pendidikan formal dan informal yang dilakukan saat anak itu lahir sampai usia 6 tahun atau sebelum memasuki sekolah dasar. Pentingnya pendidikan anak usia dini untuk memberikan imajinasi dan wawasan serta rangsangan sensor motorik otak agar tumbuh dan berkembang dengan baik.
Pola pendidikan anak usia dini biasanya berbentuk "belajar sambil bermain" dalam tahap pengenalan lingkungan alam dan dimulainya pengenalan huruf dan angka serta pendidikan agama juga membentuk karakteristik watak anak untuk menjadi anak yang baik dalam masyarakat.
Pendidikan anak usia dini sangat memerlukan dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar. Untuk itu parenting sangat dibutuhkan agar para orang tua bisa lebih memahami bagaimana mengajarkan anak dengan baik dan benar.
Selain itu pendidikan usia dini juga sangat penting untuk pembentukan akhlak, emosional, jiwa sosial dan berbicara yang baik. Karena banyak sekali ditemukan anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan anak usia dini yang berprilaku buruk. Misalnya berbicara dengan menggunakan kata-kata yang tidak sepantasnya di ucapkan oleh anak-anak. 

II.    Pertanyaan pokok penelitian
Apa yang membuat anda berinisiatif untuk mendirikan PAUD Nursholihat ini, dan apa tanggapan serta manfaat dengan didirikannya PAUD Nursholihat ini?

III.    Meotde penelitian
Dalam penelitian ini, saya menggunakan metode kualitatif atau wawancara. Metode ini dinilai lebih efektif dan efisien untuk mengambil informasi sebanyak-banyaknya langsung dari narasumber.

Penelitian dilakukan pada:
Tanggal/Waktu    : 05 Desember 2012 pukul 11.00-12.00
Tempat        : Kediaman Ibu Dian Nursholihat, Kp. Kademangan, Setu, Tangsel.

IV.    Gambaran tokoh
Pada penelitian kali ini yang menjadi narasumber adalah Ibu Dian Nursholihat selaku ketua dan pemilik PAUD Nursholihat. Beliau dikenal sebagai pribadi yang santun, baik dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini.

V.    Analisis
Subyek penelitian saya kali ini adalah Ibu Dian Nursholihat. Beliau merupakan pendiri PAUD Nursholihat yang berdiri pada tanggal 10 November 2008. Beliau lulusan UPI Bandung dan pernah mengikuti PGTK selama 1 tahun. Beliau pernah mengajar beberapa tahun di salah satu TK di daerah BSD. Alasan awal beliau mendirikan PAUD Nursholihat ini karena beliau miris melihat kehidupan anak-anak usia dini di lingkungan tempat tinggalnya yang tidak mengenyam pendidikan atau tidak bersekolah karena alasan biaya yang mahal dan letaknya yang agak jauh. Dari situ lah beliau memiliki niat untuk mendirikan PAUD di lingkungan tempat tinggalnya. Kemudian beliau meminta izin dan dukungan kepada suaminya untuk mendirikan PAUD Nursholihat. Setelah beliau diizinkan, kemudian beliau memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai guru TK, dan mulai membangun PAUD Nursholihat.
Sistem pembelajaran yang digunakan PAUD Nursholihat adalah metode Sentra yang telah di modifikasi dari kurikulum DIKNAS dengan harapan agar anak-anak banyak mempelajari hal-hal baru dan pengalaman belajar yang akan memperkaya pengetahuannya. Sentra yang tersedia di PAUD Nursolihat adalah Sentra Agama, Sentra Sains dan Alam Sekitar, Sentra Persiapan, Sentra Seni dan Kreatifitas, dan Sentra Jasmani.
Selama ini, banyak manfaat yang dirasakan oleh beliau dan oleh orang tua yang menitipkan anak-anaknya di PAUD Nursholihat. Terutama pada perubahan dan perkembangan emosional dan kreatifitas anak-anak. Yang tadinya sering berkata kasar, sekarang menjadi sopan dan santun. Tanggapan masyarakat sekitar dengan adanya PAUD Nursholihat juga sangat baik. Mereka senang dengan adanya PAUD Nursholihat. Mereka menganngap PAUD Nursholihat sangat membantu mereka untuk mendidik anaknya baik diluar maupun didalam lingkungan sekolah. Dan mereka berharap, biaya pendidikan di PAUD Nursholihat tetap murah dan tidak mengalami kenaikan.


    DAFTAR PUSTAKA
    Narasumber : Dian Nursholihat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini