Kamis, 06 Desember 2012

Institusi bisnis_Iryanti rachmaniar_kpi 1 d

Institusi Bisnis

Judul Penelitian :  Dampak keberadaan warnet pi_net bagi masyarakat sekitar.
Peneliti :  Iryanti Rachmaniar
Nim : 1112051000111
 
1.    1. Latar belakang
 
Pada zaman sekarang ini internet sudah menjadi sebuah kebutuhan yang mendasar. Pada sepuluh tahun yang lalu, internet lebih banyak digunakan oleh kalangan perkantoran dan bisnis dan sekarang internet bisa dikatakan menjadi salah satu hal wajib untuk berbagai kalangan, terutama sebagian besar  pada kalangan muda. Semakin kesini untuk mengakses internet jauh lebih mudah, seperti banyak bertebarannya warung internet (warnet) . Contohnya warnet pi_net ini. Lewat internet kita bisa banyak sekali memperoleh informasi terbaru tentang berbagai hal. Internet seolah-olah seperti sebuah pintu, yang ketika kita melewatinya, akan mengetahui berbagai macam hal dari seluruh belahan dunia.
Bukan sebatas mata memandang, internet menawarkan kepada kita untuk bisa berkeliling dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduk di depan layar monitor. Seolah dunia internet tanpa batas ruang dan jarak. Dengan internet memudahkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas. Kemudian keuntungan internet  juga bisa digunakan untuk berbisnis melalui internet sehingga memudahkan usaha tanpa harus berpanas-panasan di luar rumah.
Harapan kedepan untuk internet semakin maju dan semakin luas cakupannya, dan semakin mudah lagi untuk diaksesnya. Lebih bermanfaat lagi ilmu pengetahuannya, lebih aman lagi untuk diakses anak-anak agar tidak terjadi penyalah gunaan internet.
 
2.    2. Pertanyaan pokok penelitian
 
1.    Bagaimana anda terfikir untuk mendirikan sebuah warnet di tengah-tengah pemukiman warga?
2.    Berapa kira-kira omset yang didapat dalam sehari?
3.    Dampak adanya warnet bagi masyarakat sekitar perumahan?
 
 
3.    3. Metode penelitian
 
Metode yang saya gunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan mewawancarai langsung kepada narasumber yang berwenang. Metode ini dirasa sangat efektif dan efisien dalam melakukan sebuah laporan penelitian.
 
Tempat penelitian : Warnet pi_net di komplek Luk desa bakti jaya.
Waktu penelitian : Rabu, 5 Desember 2012
 
4.    4. Gambaran subyek atau obyek penelitian
 
Yang menjadi narasumber dalam penelitian saya kali ini adalah mas Pipin selaku pemilik warnet pi_net sendiri dan kepada pelanggan atau konsumen jasa warnet dan yang terakhir kepada masyarakat sekitar. Objek yang diteliti seputar keberadaan warnet di lingkungan masyarakat sekitar.
 
5.    5. Analisis atau gambaran penelitian
 
Warnet pi_net ini didirikan oleh mas pipin saputra, sudah lima tahun berdiri sampai saat ini. Menurut sang pemilik warnet, saya membangun warnet disini untuk membantu warga masyarakat agar masyarakat lebih mengerti dunia teknologi dan
Tidak ketinggalan zaman.
Pada awal mulanya saya belum terfikirkan ingin membuat usaha apa, tetapi setelah saya mengamati bahwa dunia yang sekarang sedang digandrungi adalah dunia internet, Akhirnya saya memutuskan untuk membuka usaha warnet (warung internet). Dan hasilnya sangat menguntungkan bagi saya, dan juga dapat membiayai kuliah sendiri dari hasil keuntungan pendapatan warnet.
Awal mulanya modal yang dikeluarkan untuk membuat warnet kira-kira 20 juta. Dan omset kira-kira yang saya dapat dalam sehari kurang lebih 200 ribu sampai 300 ribu.
Menurut salah satu pelanggan, menurutnya dengan keberadaan warnet ini sangat menguntungkan dan membantu  sekali saya ya, dalam bekerja dan mencari informasi. Menurut warga sekitar, sangat bagus dengan adanya warnet di lingkungan kami lebih mudah bagi anak-anak kami untuk mengakses informasi dan mereka lebih mengerti teknologi yang sekarang sedang berkembang pesat. Tapi kami sebagai orang tua juga kurang setuju karena anak-anak kami sering sekali meminta uang untuk pergi ke warnet, dan ternyata pergi ke warnet untuk bermain game online.
 
6.    6. Daftar pustaka
Narasumber Mas Pipin saputra, 2 orang pelanggan, 2 orang masyarakat sekitar.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini