Kamis, 06 Desember 2012

laporan 1_tiara desta arum_kpi1d

MASJID AL-ABROR  PENGARUHNYA DENGAN MASYARAKAT SEKITAR_Tiara Desta Arum(1112051000124)_KPI1d
1.Latar Belakang
Sebuah rumah ibadah tentulah sangat dibutuhkan dalam lingkungan masyarakat terutama disebuah lingkungan yang mayoritas warganya adalah orang muslim, karena dengan adanya rumah ibadah tersebut tentu akan sangat membantu masyarakat yang ada untuk mendekatkan diri kepada yang maha kuasa serta mempersatukan antar umat karena tentunya sebuah rumah ibadah akan mempersatukan kita dalam suatu lingkup kemusyawaratan, menjalin silaturahmi dan mempertemukan sesama muslim untuk melaksanakan hal-hal yang diperintahkan oleh-Nya.
Alasan penulis memilih masjid dalam penelitian ini adalah karena dijaman yang semakin modern ini banyak terjadi kemerosotan akhlak pada anak-anak muda jaman sekarang. Maka dari itu penulis mencari tahu apa kiranya yang harus kita perbuat dalam keadaan sekarang ini dan pengaruh besar apa yang akan didapati dari sebuah rumah ibadah.

2. Pertanyaan Pokok
    1. Apa pengaruh sebuah rumah ibadah/ masjid Al-Abror ini terhadap keadaan masyarakat ?
    Jawaban : Pengaruh rumah ibadah /masjid ini terhadap masyarakat tentunya akan membawa dampak positif pada masyarakat itu sendiri, terutama untuk memperbaiki moral akhlak yang semakin merosot, menjaga kita dari perbuatan buruk, mendidik generasi muda, serta menangkal pengaruh negative. Apalagi keadaan sebuah rumah ibadah itu pasti dibutuhkan dalam sebuah kehidupan masyarakat.





3. Metode
Metode Penelitian     :Disini penulis menggunakan metode penelitian Kualitatif, karena metode    ini sangat cocok dengan penulis dalam penelitian ini dan dibutuhkannya interaksi agar mendapatkan data yang deskriptif.
Waktu Penelitian    : 2 & 5 Desember 2012 (15.30-16.30 & 14.30-15.30 WIB)
Lokasi Penelitian    : Masjid Al-Abror Jl.Bulak Barat Rt.001/08 Cipayung, Depok

4. Gambaran Subjek Peneliti
Bapak H. Abdul Syukur adalah ketua DKM dari Masjid Al-Abror ini sekaligus menjadi penerus DKM generasi kedua dari pendiri Masjid Al-Abror ini, ia adalah sosok yang tegas, pintar, dan tajam dalam berpikir. Menurutnya dalam menjaga kelestarian masjid ini adalah sebuah tantangan kehidupan dalam menembus perkembangan jaman agar mengubah orang untuk menuju jalan yang benar. Dari tampak luar sosoknya memang terlihat garang namun apabila mengenalnya lebih dalam ia adalah sosok yang ramah, mau mengajarkan orang lain dengan sabar dan sangat baik sekali karena ia selalu membagi ilmunya kepada orang lain tanpa takut akan kehabisan ilmu yang ia punya.
 
5. Analisis
Masjid Al-Abror, kata al-abror berasar dari bahasa arab yang memiliki arti  kebaikan-kebaikan, seperti tujuan dirikannya masjid ini yaitu untuk mengajak manusia untuk melakukan kebaikan. Masjid ini berdiri pada tahun 1973 di jalan Wijaya  wilayah Jakarta, didirikan oleh keluarga besar H.Madani sekaligus ayah dari Ust. Abdul Syukur . Masjid ini dirikan atas dasar kekeluargaan. Namun Masjid ini pindah pada tahun 1997 ke Jl.Bulak Barat Rt.001/08 Cipayung Depok, karena pada saat itu sedang terjadinya penggusuran oleh sebuah PT. Dengan adanya Masjid ini bertujuan untuk mengajak manusia yang sebelumya tidak mengenal Allah untuk lebih mengenal Allah , mengajak manusia untuk beribadah dan melakukan hal-hal yang baik untuk menjauhi perbuatan maksiat. Syukur Alhamdulillah dengan dirikannya masjid ini memang benar-benar membantu masyarakat karena dari awal berdirinya masjid inipun seakan-akan masjid ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Masjid inipun banyak mendidik generasi muda karena banyak diadakannya kegiatan-kegiatan untuk para remaja untuk  mendalami islam , dan untuk para bapak-bapak atau orang dewasa masjid ini juga mengadakan kegiatan dzikir bersama agar lebih mendekatkan diri serta menenangkan rohaniah kita. Tentunya ini sangat membawa pengaruh yang sangat positif untuk kehidupan kita agar kita selalu mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.
6. Daftar Pustaka
 Usman Husaini,2006, Metodologi Penelitian Sosial,(PT.Bumi Aksara:Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini