Kamis, 06 Desember 2012

Institusi Sosial_Nur Triana Yuliani_KPI 1D

Peran Suatu Majelis dalam Lingkungan Masyarakat
(Peneliti               : Nur Triana Yuliani 1112051000116)
LATAR BELAKANG
Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan adalah salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup. Terbentuknya lembaga sosial bermula dari kebutuhan masyarakat akan keteraturan kehidupan bersama. Sebagaimana diungkapkan oleh Soerjono Soekanto lembaga sosial tumbuh karena manusia dalam hidupnya memerlukan keteraturan. Untuk mendapatkan keteraturan hidup bersama dirumuskan norma-norma dalam masyarakat sebagai paduan bertingkah laku.
Majelis Taklim adalah lembaga pendidikan non-formal Islam yang memiliki kurikulum sendiri, diselenggarakan secara berkala dan teratur, dan diikuti oleh jamaah yang relatif banyak, dan bertujuan untuk membina dan mengembangkan hubungan yang santun dan serasi antara manusia dengan Allah swt, antara manusia dengan sesamanya dan antara manusia dengan lingkungannya, dalam rangka membina masyarakat yang bertakwa kepada Allah swt.

PERTANYAAN POKOK
Bagaimana peran Majlis Taklim Al-Ikhlas dalam lingkungan masyarakat sekitar?

METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang saya pilih untuk penelitian kali ini adalah kualitatif, dengan wawancara secara langsung dengan narasumber

GAMBARAN SUBJEK
Narasumber adalah Bapak Hj. Nursad, seorang ustadz penceramah di Majelis Taklim Al-Ikhlas.

ANALISIS
Majelis Taklim Al-Ikhlas didirikan oleh Bapak Hj. Nursad pada tahun 2000. Majelis Taklim ini mengadakan pengajian rutin seminggu sekali, yaitu pada hari Minggu pukul 07.00-09.00 pagi. Pada awalnya majelis ini hanya memiliki jamaah sekitar 15 orang, seiring berjalannya waktu jamaah di majelis ini terus bertambah hingga sekarang memiliki jamaah sekitar 50 orang. Majelis Taklim ini didirikan tanpa ada unsur pemaksaan. Dengan didirikannya majelis taklim ini diharapkan dapat membawa pengaruh positif terhadap masyarakat sekitar dan berdampak baik bagi masyarakat. Dan dengan adanya Majelis ini, diharapkan pula masyarakat akan merasa terbantu dengan kegiatan sosial yang rutin diadakan oleh Majelis Taklim Al-Ikhlas ini, diantaranya adalah kegiatan bakti sosial dan amal.
DAFTAR PUSTAKA
Bapak Hj. Nursad


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini