Kamis, 06 Desember 2012

Institusi sosial_Agun Akbar Tabrani_KPI1D

Manfaat majelis taklim untuk masyarakat
AGUN AKBAR TABRANI
NIM : 1112051000117

1.       Latar belakang
istilah majelis taklim tersusun dari gabungan dua kata : majelis yang berarti (tempat) dan taklim yang berarti (pengajaran) yang berarti tempat pengajaran atau pengajian bagi orang-orang yang ingin mendalami ajaran-ajaran islam sebagai sarana dakwah dan pengajaran agama.
Majelis taklim adalah salah satu lembaga pendidikan diniyah non formal yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan akhlak mulia bagi jamaahnya, serta mewujudkan rahmat bagi alam semesta.
majelis taklim merupakan tempat pengajaran atau pendidikan agama islam yang paling fleksibel dan tidak terikat oleh waktu. Majelis taklim bersifat terbuka terhadap segala usia, lapisan atau strata social, dan jenis kelamin. Waktu penyelenggaraannya pun tidak terikat, bisa pagi, siang, sore, atau malam . tempat pengajarannya pun bisa dilakukan dirumah, masjid, mushalla, gedung. Aula, halaman, dan sebagainya. Selain tiu majelis taklim memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai lembaga dakwah dan lembaga pendidikan non-formal. Fleksibelitas majelis taklim inilah yang menjadi kekuatan sehingga mampu bertahan dan merupakan lembaga pendidikan islam yang paling dekat dengan umat (masyarakat). Majelis taklim juga merupakan wahana interaksi dan komunikasi yang kuat antara masyarakat awam dengan para mualim, dan antara sesama anggota jamaah majelis taklim tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.
2.       Pertanyaan pokok
·         Bagaimana respon masyarakat dengan adanya majelis taklim yang bapak dirikan?
Respon masyarakat dengan adanya majelis taklim dirumah saya sangat bagus karena banyak masyarakat yang ingin mendapatkan pengetahuan lebih tentang islam.
 
3.       Metode penelitian
 
Metode penelitian ini menggunakan cara kualitatif yaitu mewawancarai Ust. H. Hamdani arsyad pendiri majelis taklim
Waktu                   : Rabu, 05 Desember 2012
Tempat                : Rumah pendiri majelis taklim, lebak bulus raya 01
 
4.       Gambaran tokoh
Narasumber adalah pendiri majelis taklim Ust. H. Hamdani Arsyad
 
5.       Analisis
 
Majelis taklim tersebut didirikan Ust. H. Hamdani arsyad pada tanggal 20 april 1994 di lebak bulus raya 01. Majelis taklim ini mengadakan pengajian asmaul husna pada tanggal 06 disetiap bulannya dari ba'da adzan magrib sampai selesai. Jumlah jamaah majelis taklim ini tidak menentu jumlahnya. Majelis taklim ini sangat membutuhkan panitia disetiap kegiatan seperti maulid nabi untuk membantu jalannya acara maulid nabi tersebut. Masyarakat sekitar daerah majelis taklim sangat senang dengan adanya majelis taklim didaerah tersebut.
 
Daftar pustaka
 
·         Ust. H. Hamdani Arsyad
 
 
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini