Kamis, 06 Desember 2012

fathimah azzahra_KPI 1D_penelitian 1

Judul Penelitian : Keuntungan Bisnis Dagang Sayuran Pada Perumahan

Peneliti : Fathimah Azzahra (1112051000125), KPI 1D

 

I. Latar Belakang

 

Tidak dipungkiri lagi jika sayuran, daging, ikan maupun kebutuhan yang dibutuhkan untuk manusia untuk energi sehari-hari sangat dibutuhkan tiap harinya. Dan sayuran dan berbagai macam sumber energi itulah sangat dicari-cari tiap hari nya dan dikelolah menjadi beberapa masakan.

Wadah dari tempat penjualan berbagai macam sayuran itu yang sangat penting dibutuhkan pada wilayah perumahan. dan yang biasanya orang-orang perumahan itu membeli kebutuhan tersebut di supermarket maupun mall yang kesan nya biaya yang dikerluarkan lebih mahal dan biasanya terhalang oleh jarak dan waktu padahal kebutuhan tersebut sangat dibutuhkan tiap harinya. Untuk itu penulis meneliti tentang bisnis dagang sayuran pada perumahan.

 

II. Pertanyaan Pokok Penelitian

 

Pentingkah tukang dagang sayur pada perumahan ?

Bagi penjuaal, apakah keuntungan bisnis dagang sayuran pada perumahan?

 

III. Metode Penelitian

 

Dalam penelitian studi kasus ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif karena metode ini dirasa sangat efektif dalam mendapatkan informasi mengenai apa yang ingin diamati dan diobservasi.

 

Lokasi penelitian         : Lokasi kios sayuran Bapak Kariyo

Hari/Tanggal               : Rabu, 5 Desember 2012.

Pukul                           : 07.00-12.00 WIB

 

IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

 

Tokoh yang menjadi narasumber pada penelitian kali ini adalah Bapak Kariyo, beliau adalah pemilik dagang sayuran satu-satu nya di wilayah perumahan Komplek Pajak. Berawal dari tukang dagang keliling hingga memiliki tempat atau kios sendiri. Narasumber selanjutnya adalah berbagai ibu rumah tangga dan teman-teman penulis yang diberi pertanyaan tentang seberapa pentingkah tukang dagang sayur pada perumahan

 

V. Analisis

 

Dari berbagai sumber ibu rumah tangga dan teman-teman penulis tanyakan pada mereka, seberapa pentingkah tukang dagang sayur pada rumahan?

Semua menjawab 'Penting' dan dapat disimpulkan alesan jawaban para narasumber yaitu penting karena tukang dagang sayuran sangat memudahkan mereka memperoleh kebutuhan yang mereka butuhkan. Begitu pun dengan keuntungan yang diperoleh dari proses timbal balik penjualan dagang sayur tersebut, menurut bapak kariyo menjual sayuran di daerah perumahan adalah bisnis yang menguntungkan karena pesaing yang jarang sekali ada, pelanggan yang cukup banyak, karena biasanya daerah perumahan lebih memilih yang praktis dan simple ketimbang susah dan repot membeli di supermarket atau mall. Bahkan pak Kariyo menyediakan layanan pesan antar pada pelanggan agar pelanggan tersebut tetap nyaman dan bisa menjadi pelanggan setia agar bisnis ini tetap lancar


DAFTAR PUSTAKA

Narasumber : Bapak Kariyo, 5 ibu rumah tangga dan 5 teman penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini