Senin, 15 April 2013

Teori idealis_Esti Nurhayati_Tugas3

TEORI IDEALIS
Esti Nurhayati (109051000003)
Pendekatan idealistis tercermin dalam pandangan Whitehead yang menyatakan bahwa "ide umum selalu mengancam tatanan yang ada". Ideologi adalah pembenar tatanan tertentu; ideologi muncul dari tatanan itu dan ideologi cenderung melestarikan tatanan yang ada itu dengan menghiasinya dengan legitimasi. Karena itu, ideologi adalah bagian dari suprastruktur yang dibangun atas landasan materiil masyarakat.
Pendekatan filsafat modern dilakukan oleh Whitehead yang mencoba menunjukkan cara ide mendorong manusia mengubah tatanan sosial mereka. Whitehead menyatakan, agama Kristen menyediakan manusia barat seperangkat ide yang telah berperanan hebat dalam perkembangan peradapan barat. Pendiri teoritis idealis memberikan ide satu tempat dominan dalam perubahan social. Kita telah mencatat bahwa" bapak sosiologi", Aguste Comte berpendapat bahwa sejarah manusia harus dipahami menurut "sejarah pemikiran manusia".

Tokoh filsafat idealis paling berpengaruh adalah Hegel, yang membayangkan sejarah sebagai perkembangan semangat zaman. Menurut Hegel, semangat mencerminkan kemutlakan; semangat adalah prinsip utama segala sesuatu yang ada. Selanjutnya Hegel berpendapat, dialektika adalah ciri universia dari realitas. Dalam karyanya the lesser logic, ia menulis bahwa dialektika adalah "prinsip dari semua gerakan dan aktivitas yang kita temukan dalam realitas.
Salah satu pemikiran dalam kubu idealis adalah Weber. Pemikiran Weber dapat berpengaruh pada teori perubahan social adalah dari bentuk rasionalisme yang dimiliki. Menurut Weber, rasionalitas memiliki empat macam model, yaitu : Rasionalitas tradisional, Rasionalitas yang berorientasi nilai, Rasionalitas afektif dan Rasionalitas instrumental.

Menurut Western ide memberikan pengaruh yang sangat besar, tetapi ide tidak berpengaruh jika ide itu tidak diberikan kaki (media) untuk melengkapinya. Ketika ide sudah mendapatkan kaki atau media, maka ide sudah bisa dikatakan sebagai produk dan bisa memberikan harga jual atau value yang tinggi.
Ideologi dapat mempermudah perubahan melalui 5 cara ;
1.                          Ideologi membenarkan arah baru. Caranya baik dengan mengacaukan tatanan lama maupun dengan menerangkan dan mensahkan tatanan yang baru muncul. Dengan kata lain, ideologi memberikan kewenangan kepada tatanan baru.
2.                          Ideologi mensahkan atau mengarahkan prilaku yang tidak mengetahui perubahan.
3.                          Ideologi menyediakan basis solidaritas. Ideologi dapat menjadi mekanisme pemersatu, merendahkan ketengangan konflik yang terdapat di dalam kebanyakan masyarakat.
4.                          Ideologi memotivasi individu.
5.                          Ideologi menghadapkan masyarakat pada suatu kontradiksi. Seperti mengenai ideologi agama, di situ jelas terdapat kontradiksi antara ideologi agama dan realitas yang memaksa orang bertindak untuk menyelesaikannya.
kadar ideologi nasional modern sangat berbeda-beda. Salah satu unsur yang sama adalah gagasan untuk "membangun seluruh segi kehidupan duniawi yang diatur oleh suatu institusi sosial sebelum tercapainya keadilan sosial bagi semua orang". Inilah yang agak abstrak yang memberikan kadar yang sangat berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini