Senin, 15 April 2013

Perspektif Teori Sosiologi Untuk Komunikasi Massa_hermansyah_tugas ke 1

Nama   : Hermansya
Kelas   : kpi f 8
Perspektif Teori Sosiologi Untuk Komunikasi Massa
1.      Pendahuluan
Sosiologi memiliki sudut pandang yang berbeda dengan ilmu sosiologi yang lain, baik dari struktur sosialnya, maupun dari interaksi sosialnya. Misalnya cara pandang struktur fungsional, yang di gagas oleh Emile Durkhim yang berpendapat bahwa adanya mekanisme yang seimbang di masyarakat untuk mendapatkan hidup lebih baik di tengah masyarakat social. Sedangkan sudut pandang idealis yang di gagas max webber, adanya nilai-nilai baik dari lingkungan baik agama, adat-istiadat maupun aturan yang menjadikan hal tadi suatu perubahan kehidupan lebih baik. atau di jadikannya seseorang yang sukses lalu di jadikannya mentor untuk meraih kesuksesan yang sama, jika sudut pandang perspektif kritis/ marxisme, mereka berpendapat bahwa ketidak stabilan social, baik kemiskinan, konflik social dan permasalan social lainnya tidak lain akibat kebijakan ekonomi yang di lakukan kaum borjuis ke kaum proletar. Jika kaum borjuis mengiginkan keuntungan sebesar-besarnya, sedangkan kaum proletar mendapat upah serendah-rendahnya. Teori ini selaras dengan keadaan social di Indonesia terutama di industry rokok. Dari teori-teori yang di gagas oleh ilmuwan di atas tidak lain untuk mengatasi permasalan social terutama di eropa dan amerika pada saat itu yang mengalami permasalan social, baik kemiskinan dan tindakan criminal misal penyerbuan penjara bastille pada tahun 1818 akibat tidak adilnya hukum di perancis saat itu, yang menghukumi orang-orang yang membela kaum-kaum yang lemah pada saat itu.
2.      Metode Studi
Dalam penulisan paper ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Dalam pengerjaannya, penulis mencari dan mendapatkan sumber informasi dari buku-buku yang membahas mengenai teori-teori sosiologi. Yaitu Sosiologi Klasik (Prof. Dr. Wardi Bachtiar, M.A., 2006), dan sosiologi. Sebuah pengantar. Yusron razak, M.A 2008

3.      Analisis

Ilmu sosiologi lahir di karenakan munculnya beragam permasalahan social di tengah masyarakat, tidak kecuali perspektif teori ilmu sosia untuk komunikasi massa di atas. Dengan adanya gagasan teori – teori di atas di harapkan bisa menjawab permasalahn- permasalahn social yang berkembang di masa itu terutama Negara –negara maju seperti eropa dan amerika. ilmu sosiologi, akan terus berevolusi mengignat keadaan social akan berubah dari masa ke massa sesuai dengan zamannya. Tidak kecuali zaman dulu akan berubah dengan zaman sekarang tentunya, tapi setidaknya teori yang di gagas di atas di jadikan acuan oleh kita untuk melahirkkan teori yang baru tentunya.


  1. Daftar pustaka

Razak. Yusron, sosiologi sebuah pengantar, jakarta : laboratorium sosiologi agama, 2008

            ``



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini