Senin, 15 April 2013

Teori Strukturalis_Hermansyah_ tugas ke 1

Nama   : Hermansyah

Kelas   : kpi f 8

Teori Strukturalis (Pendekatan Institusional)

1.      Pendahuluan

Teori strukturalis fungsional, sebuah teori yang digagas oleh bapak sosiologi yaitu aguste comte menekankan akan pentingnya fungsi struktur di dalam suatu organisasi dalam kehidupan di dalam bermasyarakat.antara alat fungsi satu dengan yang lain harus terstruktur, jika tidak akan terjadi ketimpangan dalam organisasi itu sendiri dan dampaknya juga pada kehidupan social. Emile Durkheim sosiologi terkenal pada saat itu menambahkan bahwa masyarakat di ibaratkan seperti tumbuhan atau hewan yang mempunyai system dalam menopang kehidupan organism. Jika tidak akan terjadi kepincangan social, seperti kelaparan, perampolan dll. Teori fungsional juga juga menggunakan istilah khusus dalam mendiskusikan organisasi maupun induvidunya. Yaitu fungsi manifest sebuah fungsi yang sudah di rencanakan dalam lembaga lingkungan social contohnya sekolah. Dalam sekolah kita mengenal menulis membaca dan yang lainnya. Sedangkan laten sesuatu yang tidak terduga yaitu sesuatu yang tidak di ajar secara formal seperti adat istiada, peraturan dan sopan santun.

2.      Metode Studi

Dalam penulisan paper ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Dalam pengerjaannya, penulis mencari dan mendapatkan sumber informasi dari buku-buku yang membahas mengenai teori-teori sosiologi. Yaitu Sosiologi Klasik (Prof. Dr. Wardi Bachtiar, M.A., 2006), dan sosiologi. Sebuah pengantar. Yusron razak, M.A 2008

 

 

3.      Analisis

 

Teori fungsional secara garis besarnya menekankan akan pentingnya terjadinya fungsi di dalam struktur organisasi, baik organisasi kecil maupun besar. Jika tidak akan terjadinya ketimpangan dalam organisasi itu dan dampaknya kepada masyarakat luas jika organisasi itu misalnya pemerintah. Maka dari itu aturan dan hukum yang berlaku di dalam organisasi yang bersangkutan harus di taati setiap elemen organisasi yang bersangkutan.

 

4.      Daftar pustaka

 

Razak. Yusron, sosiologi sebuah pengantar, jakarta : laboratorium sosiologi agama, 2008

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini