Senin, 15 April 2013

Teori Kritis (Pendekatan Konteks Kepentingan)_hermansyah_tugas ke 4

Nama   : Hermansya
Kelas   : kpi f 8
Teori Kritis (Pendekatan Konteks Kepentingan)
1.      Pendahuluan
Jurgen habermas, salah satu tokoh dari teori kritis yang mendirikan mahzab frankfut. Kritis yang menjadi sanggahannya, di karenakan melihat keadaan social yang begitu tidak adil. Tidak adil di sini adanya bentuk penindasan didalam Negara merdeka dengan adanya perbudakan dalam industrilasasi kapitalis. Lahirnya teori kritis ini kelanjutan dari teori karx max yaitu teori konflik. Kekuatan adalah alat yang membuat suatu kelompok mampu mendominasi kelompok lain. Dan mereka melihatnya masyarakat sebagai kumpulan berbagai unsure yang bekerja bersama oleh suatu kumpulan berbagai unsure oleh suatuk kekuatan social suatu kemampuan mengontrol perilaku pihak lain yang menentang keinginan mereka.[1] Dimana adanya kesenjangan social karena kaum borjuis melakukan penindasan dengan meraup keuntungan sebesar-besarnya dan memberi upah serendah-rendahnya kepada kaum plureta. Menurutnya untuk terjadinya perbaikan social harus adanya revolusi , agar antara kaum borjoui dan plureta sederajat.agar tidak adanya kepentingan antara kaum borjuis dengan kaum yang di tindasnya kaum plureta.
2.      Metode Studi
Dalam penulisan paper ini, penulis menggunakan metode studi pustaka. Dalam pengerjaannya, penulis mencari dan mendapatkan sumber informasi dari buku-buku yang membahas mengenai teori-teori sosiologi. Yaitu Sosiologi Klasik (Prof. Dr. Wardi Bachtiar, M.A., 2006), dan sosiologi. Sebuah pengantar. Yusron razak, M.A 2008

3.      Analisis

Pemikiran habermas kelanjutan dari teori konflik yang di gagas oleh kar mark. Isi dari pemikiran ini yaitu adanya kepentingan penguasaan suatu kelompok ( borjuis) kepada pekerja ( plureta). Tujuan dari pemikiran ini kelompoak plureta yang memiliki keistimewaan sedikit lebih secara periodic akan berusaha mengubah status mereka. Sementara kelompok-kelompok yang dominan akan berusaha memapankan posisi kuasa mereka.

4.      Daftar pustaka

Razak. Yusron, sosiologi sebuah pengantar, jakarta : laboratorium sosiologi agama, 2008





[1] Razak. Yusron, sosiologi sebuah pengantar hal, 14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini