Senin, 15 April 2013

Teori idealis_hermansyah_tugas ke 3

Nama   : Hermansyah
Kelas   : kpi f 8
Teori idealis
  1. Pendahuluan
Banyak kita temukan ilmu social dengan teori-teori yang ada dan salah satunya adalah teori idealis, Kata idealis sendiri berasa dari yaitu idealist. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, idealisme adalah aliran dalam falsafah yang menganggap pikiran atau cita-cita sebagai satu-satunya hal yang benar yang dapat dirasakan dan dipahami,
Teori idealis banyak tokoh sosiologi yang merumuskannya. Secara kesimpulan besarnya teori idealis melihat bahwa perubahan social (lingkungan) dapat terjadi karnah faktor non-material, seperti pemikiran, nilai-nilai (agama) yang di pegang lalu dijadikan prinsip hidup untuk menjadi suatu perubahan terhadap lingkungan. lingkungan sekitar dapat dibangun dengan pemikiran-pemikiran baik baerupa Ide yang menjadi nilai-nilai sehingga menjadi sebuah ideology yang dapat memengaruhi pola pikirnya untuk perubahan lingkungan sekitar.
Tokoh idealis yaitu max weber mengatakan, jika sebuah tradisi di gantikan oleh rasionalitas akan terjadinya industralisasi dan berdampak ekonomi kapitalis. Misalnya jika seorang kampung sakit, maka orang yang akan menolong tetangganya. Beda halnya jika masyarakat industry yang sakit, maka agen birokrasi yang akan membantunya. Kekuatandan kehangatan sebuah keluarga besar tidak bisa di gantikan  begitu saja oleh penghitungan dingin. Begitu juga  ikatan tanggung jawab mutualiasmenya tidak bisa di gantikan begitu saja dengan birokrasi pemerintahan[1] . begitu juga pendapatnya yang lain, bahwa agama sebagai penopang kemajuan masyarakat, berbeda dengan banyak tokoh lain yang mengatakan agama sebagai penghambat masyarakat. Maka dari kelanjutan dari pernyataanya, muncullah karya yang berjudul the protestan ethic and spirit of capitalism.
Metode Studi
Pembuatan karya ilmiah ini penulis menggunakan metode riset pustaka dan pemaparan deskriptif. Riset Pustaka adalah metode pengambilan data yang dilakukan dengan mengambil data dari perpustakaan dengan bahan sumber buku maupun laporan penelitian, karangan-karangan ilmiah, tesis dan disertasi, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan, buku tahunan, ensiklopedia, dan sumber-sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik lain.. Pemaparan deskriptif adalah suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan membuat gambaran dan penjelasan tentang suatu keadaan secara objektif.

Analisi
Berdasarkan dari pernyataan dia atas dapat saya analisis, teori idealis merupakan sebuah teori yang percaya bahwa non material dapat membawa sebuah perubahan pada suatu bangsa baik berupa nilai( agama), maupun ideology. Secara pemahaman penulis teori idealis adalah teori yang mengedepankan nilai-nilai yang bisa terjadi perubahan dalam dirinya. Baik nilai tadi dari agama, maupun dari orang lain yang sukses yang ampu merangsangnya untuk menjadi sukses juga.
Banyak kita temukan di dunia ini terjadinya sebuah peristiwa perubahan berdasarkan teori tadi. Baik berupa positif maupun negatifnya. Kita tengok nilai-nilai yang di bawah nabi Muhammad, yang tetap kita rasakan terjadinya perubahan social khususnya di bidang akhlak, lalu nilai atau ideology M. Gandhi yang mampu india terlepas dari penjajahan inggris.
Daftar pustaka
Bachtiar, Wirda. 2006. Sosiologi Klasik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Razak, Yusron. 2008.Sosiologi Sebuah Pengantar.Jakarta: Laboratorium Sosiologi Agama







[1] Razak. Yusron, sosiologi sebuah pengantar hal 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini