Rabu, 17 Juni 2015

tugas uas metlit kualitatif

Nama : KOEN ARIEF PERMANA
Nim : 1111052000024



BIMBINGAN ROHANI PASIEN TERHADAP KESEMBUHAN PASIEN STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT PELNI JAKARTA BARAT.

 

A.    LatarBelakang

Sakitbukanhanyamasalahfisik semataakantetapiluasdaripadaitumenyangkutmasalahpsikologis. Dengandemikiankepedulianterhadapmereka yang sakitseharusnyaperludilihatsecarautuhdanmenyeluruhdarisegibilogis, psikologis, social, spiritual.Selainmemberikan support secaralangsungrumahsakitpelnijugamemberikanbimbinganrohaniterhadappasiendenganharapandenganaanyabimbinganrohaniterhadappasieninidapatmembantupenyembuhanpasiensecarafisikmaupunbatindandapatmembantupasienlebihberserahdirikepada Allah SWT, karena yang memberikesembuhanitusemata-matabukanlahdokter, atauuperawattatapikesembuhandatangnyahanyadari Allah SWT .

BimbinganRohaniPasienadalahsebuahperlengkapanpenyembuhandanpelayananpasien di rumahsakit yang di dalamyaterdapat proses bimbingandanpembinanaanrohanikepadapasien di RumahSakitsebagaiupayakepeduliankepadamereka yang sedangmendapatujian, tujuandarikedamaian, dankesejukanhatikepadapasien, memberikandorongandanmotifasiuntuktetapbersabar, tawakal, optimis, membantu proses penyembuhanpasien.Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarikuntukmenelitibimbinganrohanipasiendanreligiusitasnyadalambentukkaryailmiah (skripsi) yang berjudul"BimbinganRohaniTerhadapKesembuhanPasienStudiKasus RS. Pelni Jakarta Barat".

 

 

 

 

 

B.    BatasanPenelitian

Dalampenelitianini, penulismembatasipembahasanpadaStudiKasusBimbinganRohaniPasien, di RS.PELNI JAKARTA BARAT.Adapun yang akan di telitipadapembatasanmasalahinihanyapadasalahsatuprogram  sajayaitu program BimbinganRohaniPasien. Pembatasanmasalahtersebutdilakukankarnaadanyaketerbatasanwaktu, danadantenaga, penulis.

 

 

 

C.     RumusanMasalah&TujuanPenelitian

Metodeapadigunakanpembimbingrohanipasien?

Bagaimanapengaruhbimbinganrohanipasienterhadapkesembuhanpasien?

 

 

Tujuanpenelitianiniadalah : 1. Untukmengetahuimetode yang digunakanpembimbingrohaniterhadapkesembuhanpasien. 2. Untukmengetahuipengaruhbimbinganrohanipasienterhadapkesembuhanpasien.

 

 

 

 

 

 

 

D.    TehnikPengumpulan Data

Wawancara merupakan teknik pengumpulan data  yang didasarkan pada  percakapan secara intensif dengan suatu tujuan (Marshall dan Rossman, 1989 :82). Dalam hal melakukan wawancara mendalam, pertanyaan yang kaku haruslah dihindari, sebaliknya disarankan membuat pertanyaan yang bersifat umum berdasarkan substansi setting atau berdasarkan keterangan konseptual.

 

 

 

 

E.     Kesimpulan

Agama islamsangatmemperhatikanmasalahkesehatan, baikkesehatanjasmanimaupunrohaniolehkarenaitumanusiatidakterlepasdaripenyakit. Penyakitadalahsalahcobaandari Allah SWT kepadahambanya.Sakitbukanhanyamasalahfisiksajaakantetapiluasdaripadaitumenyangkutmasalahpsikologis. Dengandemikiankepedulianterhadapmereka yang sakitseharusnyaperludilihatsecaramenyeluruhdarisegibiologis, psikologis, social, spiritual.Bimbinganrohanipasiensebuahpelayanpasien di rumahsakit yang di dalamnyaterdapat proses bimbingandanpembinaanrohanikepadapasien di rumahsakitsebagaiupayakepedulianterhadappasien yang mendapatujian. Tujuandaribimbinganrohanikepadapasienmemberikanmotivasiuntuktetapbersabar ,tawakal, optimis, membantu proses kesembuhanpasien.

F.     LampiranKerja

No

TahapPenelitian

WaktuPelaksanaan

1.

Perizinan

5 Mei - 10 Mei 2015

2.

Observasiawal

15 Mei - 20 Mei 2015

3.

Wawancara

7Mei - 25 Mei 2015

4.

Analisis data

27 Mei – 17 Juni 2015

5.

Laporan

14 Juli 2015

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini