Selasa, 17 September 2013

Aanisa Natasya Wulandari KPI 1A_Tugas 2_Emile Durkheim

EMILE DURKHEIM
 
1.     Biografi
Emile Durkheim lahir di Epinal, Perancis, 15 April 1858. Durkheim memiliki darah keturunan Yahudi dari keluarganya. Durkheim dikenal sebagai salah satu pencetus sosiologi modern. Pada tahun 1879 Durkheim memasuki perguruan tinggi Ecole Nourmale Superieure. Durkheim juga pernah member kuliah umum di universitas Perancis.
Durkheim banyak mengeluarkan karyanya yang banyak mendapat inspirasi dari kekacauan karena perubahan sosial yang besar seperti revolusi perancis dan perubahan sosial lainnya di perancis. Sebagian besar karyanya tentang tertib sosial.
Pada tahun 1898 Durkheim menerbitkan jurnal ilmiah yang berjudul L'annee Sociologique. Jurnal ini sangat berpengaruh dalam perkembangan dan penyebaran sosiologi. Pada tahun 1910 Durkheim mendirikan pusat kajian sisologi di Perancis. Durkheim meninggal pada tanggal 15 November 1917 (umur 59 tahun) di Paru, Perancis.
 
2.     Fakta Sosial
Dalam The Rule of Sociological Method (1895/1982) Durkheim menekankan bahwa tugas sosiologi adalah mempelajari apa yang ia sebut fakta sosial. Dalam karya ini pun Durkheim membedakan antara 2 fakta sosial yaitu material (birokrasi, hukum) dan nonmaterial (kultur, institusi sosial). Perhatiannya terhadap fakta sosial nonmaterial ini telah jelas dalam karyanya paling awal, The Division of Labor in Society (1893/1964).
Durkheim menyimpulkan bahwa masyarakat primitif dipersatukan oleh fakta sosial nonmaterial, khususnya oleh kuatnya ikatan moralitas bersama, atau oleh apa yang ia sebut sebagai kesadaran kolektif yang kuat.
Dalam bukunya yang berjudul Suicide (1897/1951) Durkheim berpendapat bahwa ia bisa menghubungkan perilaku individu seperti bunuh diri itu dapat menciptakan alasan meyakinkan tentang pentingnya disiplin sosiologi.
Dalam karya terakhirnya, The Elementary Forms of Religious Life (1912/1965), ia memusatkan perhatian pada agama. Dalam karya ini Durkheim membahas masyarakat primitive untuk menemukan akar agama.
 
 
 
 
 
3.     Contoh fakta sosial dalam kehidupan sehari-hari
-          Bunuh diri yang terjadi di sekitar masyarakat karena putus asa.
 
4.     Karya Emile Durkheim
·         The Division of Labor in Society (1968)
·         Rules of Sociological Method (1965)
·         Suicide (1968)
·         Moral Education (1973)
·         The Elementary Forms of the Religious Life (1966)
·         L'Annee Sociologique (1896)
 
5.     Referensi
·         Ritzer,George. Penerjemah. Alimandan, 2007, Sosiologi Ilmu Pengetahuan berparadigma ganda. Jakarta : PT Raja garfindo Persada.
·         Sunarto, Komanto. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini