Selasa, 17 September 2013

furqon KPI 1B_tugas2_E.durkheim

E.Durkheim
           
FAKTA SOSIAL. Durkheim mengembangkan konsep tersendiri tentang pokok bahasan sosiologi, dan selanjutnya mengujinya dengan studi empiris. Dalam buku The Rules of Sosiologi Method(1895-1982), Durkheim menyatakan bahwa tugas utama sosiologi  adalah mengkaji apa yang disebut sebagai fakta sosial. Dalam buku Suicide(1897-1951) Durkheim beralasan jika saja ia dapat mengaitkan perilaku individu, semisal bunuh diri, dengan sebab-sebab sosial (fakta sosial), itu berarti dia berhasil membuktikan betapa pentingnya disiplin antara beberapa kelompok, kawasan , Negara, dan kategori orang yang berlainan(misalnya, menikah atau lajang).
 
The Rules of Sosiological Method
          Dalam buku The Rules of Sosiological Method, Durkheim membedakan dua jenis fakta sosial yaitu material dan nonmaterial. Meskipun ia membahas keduanya di dalam karya nya, focus utamanya adalah fakta sosial nonmaterial (misalnya, kebudayaan, institusi sosial). Fokusnya dalam buku terdahulu adalah analisis komparatif atas factor pemersatu dalam masyarakat primitive dengan masyarakat modern. Ia menyimpulkan bahwa masyarakat primitive terutama dipersatukan oleh fakta sosial nonmaterial, khususnya moralitas yang di pegang erat bersama-sama, atau apa yang disebutnya sebagai kesadaran kolektif (collective conscience) yang begitu kuat.Meskipun mengaku tidak mungkin kembali lagi ke zaman ketika kesadaran kolektif masih kuat, ia merasa bahwa moralitas bersama dapat di perkuat dalam masyarakat modern dan bahwa orang dapat secara lebih baik mengatasi patologi yang mereka alami.
Salah satu yang diusahakan Durkheim pada buku ini adalah  menjelaskan dan membela ide ini. Dia mengklaim bahwa masyarakat yang sehat bias diketahui karena sosiolog akan menemukan kondisi yang sama dalam masyarakat lain yang sedang berada pada level yang sama. JIka masyarakat tidak berada dalam kondisi yang biasanya mesti dimilikinya, maka bias jadi masyarakat itu sedang mengalami patologi. Akan tetapi, ada sebuah pendapat menarik yang dikemukakan Durkheim dalam argument ini : pendapat bahwa criminal adalah sesuatu yang normal dan bukan patologis, menurut dia, karena ditemukan dalam setiap masyarakat, criminal adalah sesuatu yang normal dan memiliki sebuah fungsi yang bermanfaat.
Agama .Dalam karya terkhinya, fakta sosial nonmaterial bahkan semakin menduduki posis central. Sebenarnya, mungkin ia mulai memfokuskan perhatiannya pada bentuk hakiki fakta sosial nonmaterial-agama- . Durkheim meneliti masyarakat primitive untuk menemukan akar-akar agama. Ia percaya bahwa ia akan lebih mampu menemukan akar-akar tersebut dalam simplisitas komparatif masyarakat primitive dari pada dalam kompleksitas dunia modern.
 
Suicide
          Durkheim  memeulai suicide dengan menguji dan menolak serangkaian pendapat alternative tentang penyebab bunuh diri. Diantaranya adalah psikopatologi individu, alkoholisme, ras, keturunan, dan iklim. Pendekatan sosiologi sosial ini adalah saingan utama bagi focus Durkheim mengenai fakta sosial.Hasilnya, Durkheim berusaha dengan susah payah untuk mengalahkannya.
            Teori bunuh diri Durkheim bias dilihat lebih jelas jika kita mencermati hubungan jenis-jenis bunuh diri dengan dua fakta sosial utamanya.
1.      Bunuh Diri Egoistis : Tingginya angka bunuh diri egoistis dapat ditemukan dalam  masyarakat atau kelompok dimana individu  tidak berinteraksi dengan baik dalam unit sosial yang luas.
2.      Bunuh Diri Altruistis : Tipe bunuh diri kedua yang dibahas Durkheim adalah bunuh diri altruistis. Kalau bunuh diri egoistis terjadi ketika integrasi sosial melemah.
3.      Bunuh Diri Anomik : Bentuk bunuh diri ketiga adalah bunuh diri anomik, yang terjadi ketika kekuatan regulasi masyarakat  terganggu.
4.      Bunuh Diri Fatalistis : persoalan yang tidak terlalu banyak dibahas Durkheim adalah tipe bunuh diri ke empat. Dia hanya membahasnya dalam salah satu catatan kaki dalam suicide.
 
 
(sumber : Teori sosiologi klasik dan modern (George ritzer dan douglas j. goodman))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini