Senin, 20 Oktober 2014

Dani perdana 1112051000025

Hakikat filsafat komunikasi
Filsafat ilmu sebagaimana telah dibahas, diartikan sebagai cabang filsafat yang mencoba mengkaji ilmu pengetahuan dari segi ciri-ciri, cara perolehan dan pemanfaatannya. Apabila ilmu komunikasi dimaknai sebagai ilmu yang mempelajari penyampaian pesan antarmanusia, dapat dinyatakan bahwa filsafat ilmu komunikasi. Dapat dinyatakan bahwa filsafat ilmu komunikasi mencoba mengkaji ilmu komunikasi dari segi ciri-ciri, cara perolehan, dan pemanfaaatannya. Karena itu, filsafat ilmu komunikasi mencoba menjawab tiga pertanyaan pokok sebagai berikut:
·         Ontologi. Apakah ilmu komunikasi? Apakah yang ditelaah oleh ilmu komunkasi? Apakah objek kajiannya? Bagaimanakah hakikat komunikasi yang menjadi objek kajiannya?
·         Epistemologi. Bagaimana proses yang memungkinkan ditimbanya pengetahuan menjadi ilmu komunikasi? Bagaimana prosedurnya, metodologinya? Hal-hal apa yang harus diperhatikan agar bisa mendapat pengeahuan menjadi ilmu komunikasi? Apa yang dimaksud dengan kebenaran? Apakah kriteria kebenaran dan logika kebenaran dalam konteks ilmu komunikasi?
·         Aksiologi. Untuk apa ilmu komunikasi itu digunakan? Bagaimana kaitan antara cara penggunaan pengetahuan dan ilmu tersebut dengan kaidah-kaidah moral? Bagaimanakah kaitan ilmu komunikasi berdasarkan pilihan-pilihan moral? Bagaimana kaitan antara operasionalisasi metode ilmiah dalam upaya melahirkan dan menemukan teori-teori dan aplikasi ilmu komunikasi dengan norma moral dan profesional?
Sumber :
Vardiansyah Dani. 2005. Filsafat Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Indeks.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini