Senin, 20 Oktober 2014

Mutia Soleha KPI 5D
1112051000099
Tugas 4 Etikandan Filsafat Komunikasi

FILSAFAT KOMUNIKASI
 
         Filsafat komunikasi adalah suatu displin yang menelaah pemahaman (verstehen) secara fundamental, metologis, sistematis, analitis, kritis, dan holistis teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensi menurut bidangnya, sifatnya, tatanannya, tujuannya, fungsinya, tekniknya, dan metodenya. Pada dasarnya filsafat komunikasi memberikan pengetahuan tentang kedudukan Ilmu Komunikasi dari perspektif epistemology:
Etika dan Filsafat Komunikasi
        Ada 2 penilaian mengenai etika dan filsafat komunikasi, pertama, filsafat ilmu merupakan cabang filsafat yang mengkaji teori pengetahuan karenanya menjadi bagian epistemology. Etika terkait dengan penggunaan ilmu sehingga disebut "etika dan filsafat ilmu komunikasi". Kedua, penilaian bahwa hakikat filsafat ilmu komunikasi sebagai epistimologi ilmu komunikasi.
Filsafat Ilmu Komunikasi
  1. Ilmu komunikasi adalah suatu ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam menyampaikan isi pernyataannya kepada manujsia lain.
  2. Filsafat adalah suatu ilmu yang mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu yang ada dan mungkin ada.
  3. Filsafat ilmu mencari jawaban dan hakikat ilmu
  4. Filsafat ilmu komunikasi mencari jawaban mengenai hakikat dari ilmu komunikasi
  5. Filsafat hidup adalah kesatuan nilai-nilai yang menurut manusia pemiliknya mempunyai derajat yang paling agung dan kalau diwujudkan ia yakin akan memperoleh kebahagiaan.
Filsafat ilmu komunikasi mempertanyakan bagaimana aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi komunikasi. Secara ontologi, komunikasi pada awalnya dianggap sebagai suatu proses linear antara komunikator dan komunikan yang saling bertukar pesan melalui media yang mereka gunakan dan terus berkembang seiring dengan perubahan yang faktor manusia yang mulai diperhitungkan. Komunikasi yang awalnya hanya dipandang satu arah berkembang sedemikian rupa hingga menghasilkan berbagai macam bentuk komunikasi yang diantaranya yaitu komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, komunikasi massa dan komunikasi publik.
Dalam aspek epistemologi, ilmu komunikasi dikaji lebih mendalam. Para ilmuwan menanyakan bagaimana proses membangun pengetahuan atau teori-teori. Hal tersebut diwujudkan dengan pertanyaan-pertanyaan seperti apa, siapa, dimana, kapan, dan bagaimana ilmu komunikasi itu sendiri. Sedangkan dalam aspek aksiologi, ilmu komunikasi dipandang dari sisi nilai kajian dan etika tentang apa dan bagaimana pengaruh ilmu tersebut dalam masyarakat yang tujuannya bisa sebagai kritik sosial, transformasi, emansipasi, dan social empowerment.
 
Daftar Pustaka
Kriyantono, Rachmat. (2012). Etika dan Filsafat Komunikasi. Malang: UB Press.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini